Kuliner Palembang? Inilah 15 Makanan Khas Palembang yang Wajib di Ketahui

Palembang adalah salah satu wilayah yang menjadi ibu kota provinsi Sumatera Selatan dan Palembang sangat terkenal dengan berbagai panorama keindahannya. Wisata alam yang ada di Palembang sangatlah banyak dan salah satu wisata alam yang terkenal di Palembang adalah sungai musi. Pengunjung yang datang Palembang bisa berasal dari berbagai daerah dan banyak juga pengunjung yang datang dari mancanegara.

Palembang menjadi kota yang memiliki sejarah panjang di Indonesia dan banyak kuliner tradisional yang ada di Palembang. Masakan khas palembang pasti memiliki ciri khasnya tersendiri dan banyak makanan khas Palembang yang sudah dipasarkan di mancanegara. Palembang punya makanan nikmat yang disukai banyak masyarakat Indonesia. berikut ini adalah makanan khas Palembang yang wajib di ketahui:

1. Pempek

pempek palembang adalah makanan yang tidak asing lagi di Indonesia dan menjadi salah satu kuliner paling populer yang berasal dari Palembang. Pempek palembang biasanya disajikan dengan kecap manis yang ditambahkan timun dan harga pempek Palembang sangatlah terjangkau. Pempek bisa dikonsumsi oleh semua kalangan dan penjual pempek Palembang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pempek palembang menyajikan rasa yang sangat nikmat dan cocok dijadikan hidangan bersama keluarga besar.

2. Model

Mendengar kata model, tentu akan terpikir sebagai pekerjaan yang dilakukan wanita cantik dan pria ganteng. Namun model kali ini adalah makanan khas Palembang dan model menjadi makanan yang banyak diminati wisatawan. Ada beberapa bahan dasar pembuatan model seperti ikan tenggiri, telur, tahun cina dan tepung sagu. Model memiliki cita rasa yang nikmat dan seringkali disajikan dengan kuah udang.

3. Mie Celor

Mie Celor adalah makanan khas Palembang yang berisikan mie yang berisi kuah santan kaldu ebi dan makanan ini selalu menjadi buruan para pengunjung yang datang ke Palembang. Mie Celor memiliki rasa yang lezat dan memiliki rasa yang bervariatif dari setiap pembuatnya. Ada berbagai bahan tambahan yang sering digunakan seperti telur, kucai, daging udang dan berbagai bumbu yang menambah kenikmatan moe celor.

4. Otak-otak Kuah Cuko

Otak-otak menjadi makanan yang populer di Indonesia dan otak-otak seringkali dijual di berbagai kawasan. Palembang juga memiliki orak-otak yang memiliki cita rasa unik dan kandungan gizinya lumayan menyehatkan. Otak-otak kuah coko adalah otak-otak yang diberikan tambahan kuah cuka saat proses penyajiannya, hal ini membuat rasa masakannya menjadi sangat nikmat.

5. Lempok

Lempok adalah makanan khas palembang yang bentuk dan teksturnya sama dengan dodol. Teksturnya yang kenyal dan warnanya yang kecoklatan sangat membedakan lempok dengan yang lain. Pembuatan lempok dari buah durian asli dan ada beberapa bahan tambahan seperti gula dengan garam. Harga makanan ini sangatlah terjangkau dan makanan ini bisa digunakan untuk buah tangan saat berkunjung ke Palembang.

6. Brengkes Tempoyak

Brengkes Tempoyak adalah makanan tradisional Palembang yang sudah ada sejak jaman dulu dan bahan dasar pembuatan Brengkes Tempoyak adalah ikan patin. Untuk membuat Brengkes Tempoyak, harus ditambahkan bumbu yang merupakan hasil fermentasi buah durian dan makanan ini sangat mudah didapatkan di Palembang. Harga Brengkes Tempoyak sangatlah terjangkau dan banyak diminati konsumen dari berbagai daerah.

7. Lenggang

Lenggang adalah makanan yang banyak disukai warga Palembang dan makanan ini memiliki rasa yang sangat lezat, tah heran makanan ini selalu menjadi buruan banyak orang. Bahan pembuatan lenggang adalah tepung terigu dengan daging ikan dan makanan ini biasanya dikemas dengan daun pisang. Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan banyak disukai oleh wisatawan yang datang ke Palembang.

8. Tekwan

Tekwan menjadi makanan khas Palembang yang bahan dasarnya terbuat dari ikan dan adonan tepung tapioka. Makanan ini seringkali disajikan dengan kuah udang yang memiliki rasa nikmat dan makanan ini biasa dijadikan makanan cuci mulut oleh masyarakat Palembang. Saat berkunjung ke Palembang, para pengunjung akan mudah menemukan makanan nikmat ini dan membeli makanan ini dengan harga yang terjangkau.

9. Laksan

Laksan menjadi makanan fenomenal yang berasal dari Palembang dan makanan ini memiliki cita rasa yang lezat, makanan ini sering menjadi buruan banyak orang. Rasanya yang membuat lidah ketagihan, menjadi salah satu daya tarik utama dan makanan ini selalu disajikan dengan kuah bersantan. Makanan yang berbahan dasar tepung sagu dan ikan ini, banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

10. Celimpungan

Celimpungan adalah makanan khas Palembang yang menjadi salah satu pesaing dari pempek dan makanan ini berbahan dasar sagu dengan ikan. Celimpungan seringkali menjadi buruan para wisatawan yang datang ke Palembang dan makanan ini aman dikonsumsi siapa saja. Harganya yang sangat terjangkau, memudahkan para wisatawan yang ingin membawa pulang Celimpungan dan makanan ini bisa menjadi buah tangan yang mengesankan.

11. Burgo

Burgo adalah makanan yang berbahan dasar tepung sagu dan tepung beras. Makanan ini seringkali nikmat saat disajikan dengan kuah santan dan harga makanan ini sangatlah terjangkau. Makanan ini seringkali disebut sebagai makanan mewah dan penambahan topping membuat kesan keren pada masakan. Wisatawan yang datang ke Palembang, banyak yang tidak melewatkan momen mencoba Burgo di Palembang dan merasakan uniknya makanan khas Palembang Burgo.

12. Lakso

Lakso adalah makanan yang sangat populer di Palembang dan penggemar makanan ini terdiri dari anak-anak sampai dewasa. Harga lakso sangatlah bervariasi, terganrung dari penjualnya dan makanan ini berbahan dasar tepung sagu dengan tepung beras. Untuk memperoleh lakso di Palembang sangatlah mudah, karena banyak penjual yang memasarkan lakso di pinggir jalan dan merasakan sensasi lakso.

13. Pindang Patin

Sesuai namanya, Pindang patin adalah makanan yang berbahan dasar ikan patin dan makanan ini menjadi ciri khas dari kuliner Palembang. Pindang patin memiliki rasa yang sangat enak dan teksturnya yang lebut, seringkali menambah nafsu makan para penikmatnya. Racikan bumbu yang digunakan sangatlah bervariasi, tergantung dari siapa yang menjualnya dan harga pindang patin sangatlah terjangkau.

14. Malbi

Malbi adalah makanan khas Palembang yang berbahan dasar daging sapi dan makanan ini kaya akan rempah asli Indonesia. Kepopuleran makanan ini di Palembang sangatlah tinggi, hal ini dilihat dari banyaknya orang yang menyukainya dan hara makanan ini sangatlah terjangkau. Makanan ini juga banyak disukai wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

15. Kemplang

Kemplang adalah makanan yang berbahan dasar ikan tenggiri atau ikan gabus dan makanan ini sangat populer di Palembang. Makanan ini memiliki jenis yang bervariasi dan setiap kemplang memiliki keunikkannya masing-masing. Harga makanan ini sangatlah terjangkau dan banyak yang menyukai makanan ini, karena kelezatannya.

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan khas Palembang yang wajib di ketahui dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Artikel Terkait


Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

Ini Dia 9 Kuliner Ekstrim di Vietnam, Berani Coba?

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.