Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

Lombok adalah salah satu pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya dan lombok memberikan pemandangan alam yang alami. Pantai di lombok sangatlah bersih, karena dirawat dengan baik dan pasir pantai di lombok sangatlah putih, sehingga nyaman digunakan untuk bermain. Tak heran, setiap harinya banyak wisatawan yang datang wisata ke lombok dan lombok juga memiliki fasilitas wisata yang sangat layak.

Liburan ke lombok menjadi sebuah hal yang menyenangkan dan banyak masyarakat Indonesia yang ingin datang ke lombok. Lombok juga menjadi tujuan wisata warga asing, karena lombok sangat menawarkan kenyamanan dan sajian kuliner di lombok sangatlah lengkap. Ada banyak kuliner khas lombok yang memiliki rasa lezat dan wajib dicoba saat berkunjung ke lombok. Berikut ini adalah tempat kuliner lezat khas lombok:

1. Nasi Kotaraja

Nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia dan nasi bisa dinikmati dengan tambahan daging atau sayur. Salah satu makanan yang populer di lombok adalah Nasi Kotaraja dan harga Nasi Kotaraja per porsi sangatlah terjangkau. Nasi Kotaraja menjadi salah satu kuliner sederhana yang ada di lombok dan salah satu wilayah yang menjual banyak nasi Kotaraja adalah Desa Kotaraja yang masuk dalam lombok timur.

2. Kelaq Kelor

Kelor adalah sejenis daun yang sering dijadikan istilah di masyarakat dan daun kelor seringkali diolah menjadi suatu makanan yang lezat. Kelaq Kelor adalah salah satu makanan khas lombok yang banyak disukai masyarakat dan makanan ini bisa ditemui di sekitaran pulau lombok. Olahan sayur ini sangat nikmat dijadikan makanan pelengkap nasi dan makanan ini bisa disandingkan dengan sambal terasi yang miliki cita rasa yang khas.

3. Sate Rembige

Sate memang tak asing ditelinga masyarakat Indonesia dan ada banyak jenis sate yang tersebar di Indonesia. Sate bisa terbuat dari daging ayam, daging sapi ataupun daging kambing. Sate menjadi makanan yang disandingkan dengan nasi dan sate sangat nikmat di santap saat masih panas. Sate Rembige adalah sate khas pulau lombok yang terbuat dari olahan daging dan makanan ini menjadi makanan yang banyak disukai wisatawan, saat berkunjung ke lombok.

4. Ayam Taliwang

Ayam adalah salah satu hewan yang banyak ditemukan di lingkungan, karena banyak orang yang memelihara hewan ternak ini dan ayam terdiri dari berbagai jenis. Selain bisa dimanfaatkan dagingnya, ayam juga bisa dimanfaatkan telurnya dan harga makanan yang diolah dari ayam sangatlah terjangkau. Ayam Taliwang adalah masakan khas lombok yang banyak ditemukan diberbagai daerah lain dan makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat wisata yang ada di pulau lombok.

5. Pelencing Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang digemari banyak masyarakat Indonesia dan salah satu daya tarik kangkung adalah rasanya yang sangat nikmat. Banyak mitos yang menyatakan, bahwa mengkonsumsi kangkung bisa menimbulkan rasa kantuk dan salah satu makanan olahan kangkung yang terkenal adalah pelencing kangkung. Saat masih hangat, makanan ini sangatlah enak dan makanan ini enak dikonsumsi bareng rekan ataupun anggota keluarga.

6. Nasi Sukaraja

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia dan nasi memiliki peranan penting untuk kesehatan masyarakat. Ada berbagai jenis nasi yang ada di Indonesia dan semua jenis nasi memiliki keunikkannya masing-masing. Nasi Sukaraja adalah salah satu nasi yang ditambahkan dengan berbagai jenis lauk dan penjual nasi sukaraja, biasanya membebaskan para konsumen memilih lauk yang akan dimakan. Harga nasi sukaraja sangatlah terjangkau dan rasanya sangatlah nikmat.

7. Ikan Bakar Pantai Nipah

Ikan adalah salah satu hewan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia dan ikan bisa diolah dengan berbagai cara. Mengkonsumsi ikan secara rutin, sangatlah baik untuk kesehatan dan ada beberapa ikan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan pengemarnya adalah semua kalangan masyarakat. Ikan Bakar Pantai Nipah adalah salah satu sajian kuliner yang sangat populer di lombok.

8. Beberuq Terong

Terong adalah salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan terong memiliki keunikkannya tersendiri, karena rasanya disukai masayarakat Indonesia. Beberuq Terong adalah salah satu makanan olahan yang berbahan dasar terong dan ada 2 jenis terong ynag populer di Indonesia seperti terong panjang dengan terong bulat. Beberuq Terong bisa dinikmati di lombok dan bisa menjadi makanan pelengkap nasi putih.

9. Kelaq Lebui

Kelaq Lebui adalah salah satu kuliner lezat khas lombok dan menjadi kuliner paling dicari wisatawan di lombok. Kelaq Lebui sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dan makanan ini memiliki rasa yang asam manis. Kelaq Lebui terbuat dari biji kedelai hitam dan makanan ini bisa menjadi makanan yang dibawa pulang. Berwisata ke lombok, tak lengkap rasanya jika tak mencoba nikmatnya Kelaq Lebui.

10. Kelaq Sebie

Masyarakat yang memiliki selera tinggi terhadap makanan pedas, tentu bisa mencoba Kelaq Sebie di lombok dan makanan ini menjadi makanan tradisional paling pedas khas lombok. Bahan utama pembuatan Kelaq Sebie adalah cabe rawit dan cabe yang diolah biasanya mencapai 1 kg. Ada beberapa bumbu lain yang biasanya ditambahkan seperti terasi, bawang dengan santan. Harga Kelaq Sebie sangatlah terjangkau dan sangat baik dikonsumsi dengan pasangan.

11. Ares

Ares adalah salah satu makanan yang sangat unik, karena makanan ini berbahan utama pohon pisang dan makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat, apalagi jika dimakan bersama keluarga. Makanan ini banyak ditemukan di lombok dan pisang kapok adalah jenis pohon pisang yang digunakan untuk membuat ares. Hal lain yang membuat masakan ini enak adalah sajian bumbu tradisionalnya yang sangat lengkap.

12. Kelaq Batih

Kelaq Batih adalah masakan sederhana yang berasal dari lombok dan makanan ini memiliki rasa yang cukup enak. Makanan ini banyak ditemukan di lombok, karena menjadi makanan yang disukai masyarakat lombok dan saat berwisata ke lombok, menikmati Kelaq Batih dengan pasangan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Makanan ini banyak diburu wisatawan asing yang sedang liburan ke Lombok. Warga lombok seringkali mengkonsumsi makanan ini pada malam hari.

13. Sate Tanjung

Jumlah pengemar sate di Indonesia memang sangatlah banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Sate menjadi makanan yang sangat nikmat disajikan dengan nasi putih dan bumbu kacang menjadi salah satu pelengkap sate pada umumnya. Sate Tanjung adalah salah satu jenis sate yang berasal dari lombok dan sate ini bisa dinikmati saat berkunjung ke lombok. Harga Sate Tanjung sangatlah terjangkau dan sate ini memiliki cita rasa yang khas, karena terbuat dari bumbu yang tradisional.

Demikian ulasan lengkap mengenai tempat kuliner lezat khas lombok dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

 

Artikel Terkait


Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Serba Serbi Seputar Tip Makan di Restoran Seluruh Dunia dan Cara Terbaik Memberikannya

Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang

Berburu Nikmatnya 11 Kuliner Pasar Glodok yang Legendaris

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.