9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

img source: handluggageonly.co.uk

Tidak dipungkiri pengaruh hallyu wave atau budaya pop Korea Selatan telah mewabah di Indonesia. K-Pop dan K-Drama kini digandrungi remaja putri bahkan ibu-ibu. Tidak hanya sebatas itu, apa pun yang berkaitan dengan Korea Selatan mulai dicari oleh penggemar, mulai dari fashion, kosmetik hingga makanan khas Korea Selatan. Restoran atau rumah makan yang menjual menu khas Korea Selatan pun bermunculan dan selalu ramai dikunjungi. Tidak mengherankan, cita rasa kuliner Korea Selatan yang tajam dapat diterima di lidah orang Indonesia. Nah, apa saja kuliner khas Korea Selatan yang saat ini digemari oleh orang Indonesia? Berikut kami rangkum untuk Anda.

1. Kimchi

img source: koreanbapsang.com

Kimchi boleh jadi menjadi kuliner khas Korea yang paling awal dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama pencinta drama Korea. Kimchi merupakan menu pelengkap yang selalu disajikan di restoran atau rumah makan di Korea Selatan sebelum menu pesanan diantarkan ke meja. Cita rasa asam dan pedas yang khas membuat kimchi disukai. Kimchi tak lain adalah acar sayuran khas Korea yang difermentasi dengan berbagai macam bumbu dan memiliki aroma yang tajam. Sayuran yang biasa dipakai untuk membuat kimchi antara lain sawi, lobak atau mentimun. Kimchi juga dapat digunakan sebagai bahan makanan lain seperti sup kimchi, kimchi stew atau pancake kimchi. Kuliner ini ibarat makanan nasional Korea Selatan dan selalu lekat pada kebiasaan makan orang Korea.

2. Tteokbokki

img source: blog.nuhun.online

Tteokbokki menjadi salah satu jajanan khas Korea paling populer dan kerap muncul dalam drama Korea. Jajanan kaki lima ini ibarat makanan rakyat dan sangat mudah ditemui di setiap sudut kota di Korea Selatan. Tteokbokki pun menjadi favorit wisatawan untuk sekadar mengganjal perut.

Tteokbokki terbuat dari tepung beras atau tteok yang dimasak bersama bumbu gochujang yang memiliki rasa pedas dan manis. Gochujang merupakan pasta cabai Korea yang juga hampir selalu dipakai pada setiap makanan khas Korea. Sedangkan tteok yang dimasak berbentuk silinder kecil-kecil yang pas disantap dalam sekali lahap.

3. Ramyeon

img source: en.wikipedia.org

Ramyeon menyerupai mie ramen Jepang, merupakan mie instan ala Korea. Makanan ini juga sering muncul dalam adegan makan di drama-drama Korea. Uniknya, orang Korea biasanya makan ramyeon langsung dari panci. Ramyeon banyak dijual di minimarket-minimarket di Korea Selatan, jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin mencicipi mie instan ini ketika sedang berada di Korea Selatan.

4. Yangnyeom Chicken (Korean Fried Chicken)

img source: asianinspirations.com.au

Yangnyeom chicken atau yangnyeom tongdak merupakan ayam goreng ala Korea. Disebut juga seasoned chicken dan memiliki cita rasa yang manis dan sedikit pedas. Sama seperti tteokbokki, yangnyeom chicken juga menggunakan gochujang atau saus cabai dan pasta cabai merah khas Korea yang memadukan rasa pedas manis. Yangnyeom chicken banyak disajikan di rumah makan fast food di Korea. Rasa pedas manis pada bumbu gochujang-nya juga cocok di lidah orang Indonesia sehingga banyak digemari.

5. Kimbap

img source: maangchi.com

Kimbap atau gimbap sekilas mirip dengan sushi. Kimbap merupakan kuliner khas Korea yang terbuat dari nasi atau bap yang dilumuri dengan garam dan minyak wijen, dengan isian berupa potongan daging atau ikan, udang, mentimun, wortel, lobak dan sayuran lainnya, kemudian digulung dengan rumput laut kering (gim) dan dipotong kecil-kecil. Jika Anda menggemari sushi, kemungkinan besar Anda juga akan menyukai cita rasa kimbap ini. Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran yang menjual kimbap dengan variasi isian beragam dan terkadang diberi mayonaise untuk menambah rasa.

6. Bibimbap

img source: simplycook.com

Sekilas nama bibimbap mirip dengan kimbap. Seperti kimbap, bibimbap juga kuliner berupa nasi putih yang disajikan di dalam mangkuk yang terbuat dari batu yang sudah dipanaskan. Nasi putih tersebut diberi lauk dan dituangkan telur mentah yang akan matang karena panas dari mangkuk. Nasi putih pada bibimbap sedikit berminyak karena di bagian dasar mangkuk terlebih dahulu dituangkan minyek wijen yang bertujuan untuk membentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing. Sedangkan lauk dan sayurannya sendiri ditata sedemikian rupa di atas nasi agar terlihat menarik dan baru diaduk-aduk saat disantap. Bibimbap ini ibarat nasi campur di Indonesia. Konon, makanan khas Korea ini digunakan untuk sesaji yang dipersembahkan kepada arwah leluhur. Namun kini bibimbap umum dikonsumsi siapa saja.

7. Jajangmyeon

img source: grid.id

Selain ramyeon, Korea Selatan juga memiliki menu mie lainnya, yakni jajangmyeon atau mie kedelai hitam. Sekilas, jajangmyeon mirip dengan mie ayam di Indonesia. Jajangmyeon disajikan dengan mie berukuran besar dan terbuat dari tepung gandum. Mie khas Korea ini biasanya disantap dengan sayuran, daging sapi atau ayam dan kadang makanan laut seperti cumi, teripang dan lain-lain, kemudian diberi saus pasta kedelai hitam yang kental. Saus kedelai hitam tersebut dimasak bersama potongan bawang bombay, daging cincang atau potongan daging seafood. Sebagai pelengkap, orang Korea juga menyajikan mie ini dengan acar lobak dan kadang potongan mentimun, kemudian dimakan dengan cara diaduk terlebih dahulu.  

8. Bulgogi

img source: seongkyounglongest.com

Bagi Anda pencinta daging, bulgogi bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin mencicipi makanan khas Korea. Kuliner yang satu ini menggunakan olahan daging sirloin atau daging sapi pilihan sebagai bahan baku utama. Daging ini dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu campuran gula, kecap asin, minyak wijen, lada dan bawang putih yang dikombinasi dengan rempah-rempah Korea. Bulgogi biasanya disajikan dengan kimchi dan saus sambal dan disantap dengan cara membungkusnya dengan nasi dan lauk lainnya dalam daun selada. Bulgogi memiliki kemiripan dengan yakiniku di Jepang. Hanya saja, bulgogi memiliki cita rasa yang lebih manis dan dimasak di panci datar, bukan di teppan.

9. Samgyetang

img source: maangchi.com

Samgyetang merupakan sup ayam ginseng khas Korea. Kuliner ini termasuk salah satu menu yang paling dicari wisatawan Indonesia yang sedang berlibur ke Korea karena cita rasanya yang cocok di lidah orang Indonesia, terutama rasa rempah yang khas pada kuahnya. Samgyetang dimasak dengan daging ayam muda utuh sebagai bahan utama dan direbus dalam panci kecil selama 2-3 jam untuk menghasilkan daging yang empuk. Umumnya, satu panci kecil samgyetang disajikan untuk satu orang. Anda bisa menjumpai samgyetang dengan mudah di rumah makan di Korea. Makanan tradisional yang kaya akan gizi ini cocok disantap saat jalan-jalan di Korea agar badan tidak lemas. Kuliner ini pun sudah dijual di restoran Korea di Indonesia.

Kuliner khas Korea Selatan diminati oleh orang Indonesia karena memiliki rasa rempah yang khas seperti makanan Indonesia. Orang Korea juga menyukai rasa pedas manis yang juga cocok di lidah orang Indonesia. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan untuk mencicipi kuliner tersebut karena restoran yang menjual menu masakan Korea sudah banyak bermunculan. Dengan varian menu yang beragam, Anda tidak perlu bingung akan mencoba jenis kuliner yang mana, apakah nasi, mie, daging atau sekadar menikmati jajanan ringan khas Korea. Nah, kira-kira Anda ingin mencicipi kuliner yang mana?

Artikel Terkait


Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Liburan ke Banten? Ini Dia 8 Makanan Khas Banten

Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.