Konsumsi Makanan Ini untuk Kesehatan Hati Anda

img source: rawpixel via pexels.com

Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh dan bekerja paling keras untuk tubuh. Hati berperan dalam membersihkan tubuh dari segala racun dan satu-satunya organ yang dapat meregenerasi sendiri. Jika tubuh Anda memiliki banyak racun, maka hati perlu bekerja lebih keras untuk membersihkan racun-racun tersebut.

Tanda-tanda tubuh Anda memiliki banyak racun di antaranya adalah sering mengalami sakit kepala dan sulit tidur. Racun-racun ini bisa berasal dari pola makan yang buruk, gaya hidup yang kurang sehat atau polusi. Anda dapat membantu kerja hati Anda dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Jika hati Anda sehat, Anda pun akan merasakan benefit yang luar biasa seperti sistem imun yang baik dan energi yang meningkat.

Lalu, apa saja makanan yang dapat membantu kerja hati Anda? Berikut kami rangkum beberapa jenis makanan yang akan membuat Anda terhindar dari sakit hati.

1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan katekin yang berguna dalam pencegahan oksidasi di dalam tubuh. Proses oksidasi sendiri adalah suatu proses kimia yang menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh dan menyebabkan peradangan. Jika jumlah radikal bebas dalam tubuh semakin banyak, maka akan menyebabkan gangguan pada keseimbangan tubuh terutama hati. Jadi tubuh memerlukan antioksidan yang dapat menekan bahkan menghentikan radikal bebas dalam peredaran darah.

Kandungan antioksidan katekin pada teh hijau dapat membantu fungsi hati dan menjaganya dari kerusakan racun seperti alkohol. Sebuah studi menemukan, minum teh hijau setiap hari juga akan menghambat penyerapan lemak di hati. Maka dari itu, teh hijau bisa menjadi alternatif bagi Anda agar terhindar dari segala penyakit hati.

2. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous dikenal sebagai sayuran anti kanker yang masuk dalam genus Brassica. Sayuran yang termasuk jenis cruciferous antara lain brokoli, kembang kol, kol, kubis, bok choy dan daikon. Jenis sayuran ini baik untuk hati karena mengandung phytonutrients seperti flavonoid, carotenoid, sulforaphane dan indoles yang merupakan zat kimia alami yang dapat membantu hati menetralkan zat kimia, obat-obatan dan karsinogen dalam tubuh. Bahkan brokoli dipercaya dapat mencegah penumpukan lemak di hati sehingga Anda terhindar dari penyakit hati berlemak.

Sayur-sayuran ini juga kayak akan serat serta vitamin C, E dan K. Tidak hanya itu, sayuran cruciferous merupakan sumber glukosinolat yang baik dan dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Itulah sebabnya sayuran ini disebut sebagai sayuran anti kanker.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan sulfur yang mampu mendetoksifikasi hati. Salah satu sayuran hijau yang baik untuk hati Anda adalah dandelion. Dandelion dipercaya sebagai sayuran yang paling efektif dan baik untuk hati karena dandelion dapat menstimulasi produksi empedu hati dan kantung empedu untuk meningkatkan penyerapan lemak. Jadi, mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari tidak hanya bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tetapi juga berperan dalam mencegah penumpukan lemak di hati sehingga Anda bisa terhindar dari risiko penyakit hati berlemak.

Selain kayak akan sulfur, sayuran hijau juga mengandung aktioksidan kuat yang disebut glutathione. Glutathione berfungsi menjaga hati agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu sayuran hijau yang mengandung glutathione adalah bayam, bisa Anda tumis dengan bawang putih dan minyak zaitun agar sehat untuk dikonsumsi.

4. Kopi

Mungkin selama ini Anda mendengar bahwa kopi memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh. Namun ternyata, kopi ternyata punya khasiat sebagai minuman yang berperan untuk kesehatan hati. Kopi masuk ke dalam daftar minuman yang baik untuk organ hati karena dipercaya dapat melindungi hati dari gangguan hati berlemak. Hal ini disebabkan kopi mampu mengurangi penumpukan lemak di hati.

Sebuah studi menemukan bahwa minum kopi secara rutin dalam batas wajar dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati kronis, bahkan melindungi hati dari kerusakan seperti penyakit kanker hati karena kopi ternyata mampu meningkatkan aktioksidan pada hati. Kopi juga mengandung senyawa yang membantu enzim hati membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker. Namun perlu diperhatikan, jangan mengkonsumsi kopi secara berlebihan karena justru akan memberi dampak buruk untuk kesehatan Anda.

5. Alpukat

Sama seperti sayuran hijau, alpukat juga dapat membantu tubuh dalam pembentukan antioksidan glutathione yang diperlukan organ hati ketika menyaring racun atau bahan-bahan berbahaya. Alpukat dipercaya mampu membuang racun di dalam hati. Alpukat juga bermanfaat dalam memperbaiki fungsi organ hati yang rusak. Tidak hanya kaya akan vitamin C dan E, alpukat juga mengandung lemak sehat yang memberikan energi untuk tubuh, sehingga alpukat cocok sebagai menu diet Anda.

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang tidak hanya penting untuk pencernaan tetapi juga menjaga kesehatan hati. Oatmeal kaya akan senyawa beta-glukan yang bisa membantu hati dalam memproduksi empedu khusus, dimana empedu khusus ini berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol jahat atau disebut juga dengan kolesterol LDL. Sebuah studi pada 2017, International Journal of Molecular Sciences menemukan bahwa beta-glukan memiliki sifat yang sangat aktif secara biologis dalam tubuh. Beta-glukan dapat membantu tubuh dalam memodulasi sistem kekebalan tubuh dan melawan inflamasi atau peradangan, bahkan juga membantu melawan penyakit diabetes dan mencegah obesitas. Jadi Anda bisa mengganti sarapan Anda dengan gandum utuh untuk tubuh yang lebih sehat.

7. Bawang Putih

Bawang kaya akan kandungan senyawa sulfur yang dapat mengaktifkan enzim hati agar mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh. Bawang putih juga mengandung alisin, selenium dan arginin yang juga bermanfaat dalam mengaktifkan enzim-enzim hati dalam membuang racun dan melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh racun.

Alisin merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak organ hati. Sebuah studi Journal of Agricultural and Food Chemistry mengemukakan alisin pada bawang putih dapat membunuh sel kanker pada organ hati. Sementara itu, selenium pada bawang putih ternyata meningkatkan aktivitas antioksidan yang dapat mencegah kerusakan organ hati. Dampaknya adalah tubuh mencapai keseimbangan lemak dan dapat menangkal racun yang berasal dari luar tubuh. Kemudian arginin pada bawang putih dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga tekanan darah pada hati menjadi terjaga.

Khasiat bawang putih seolah tidak ada habisnya. Selain senyawa-senyawa tadi, vitamin B6 dan C pada bawang putih juga memberi dampak baik pada organ hati. Vitamin B6 diketahui dapat melawan peradangan pada hati, sedangkan vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel pada hati. Maka dari itu, menambahkan bawang putih pada menu masakan Anda akan sangat bermanfaat bagi kesehatan hati Anda.

Ternyata untuk menjaga kesehatan hati, Anda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman tadi untuk sehari-hari. Makanan dan minuman tersebut sangat mudah ditemui, Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket. Makanan seperti oat meal dan sayuran hijau bahkan bisa Anda konsumsi sehari-hari dan sangat baik untuk organ hati Anda.

Artikel Terkait


Inilah 11 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Inilah 5 Buah yang Aman dan Boleh Dikonsumsi Untuk Pengidap Diabetes

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.