Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

Di dalam dunia bangunan, ada banyak jenis lantai yang sering digunakan dalam hunian dan masing masing jenis lantai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk juga untuk lantai teraso yang pernah diminati pada beberapa waktu lalu dan kembali menjadi trend pelengkap desain rumah sekarang ini.

Lantai teraso adalah lantai yang terbuat dari campuran semen dan pasir serta pada bagian atasnya dilapisi dengan bahan keras seperti pecahan marmer. Jika anda tertarik untuk menggunakan lantai teraso pada hunian, sebaiknya simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan lantai teraso berikut ini lengkap dengan sejarah dan karakteristiknya.

Sejarah Lantai Teraso

Sejarah Lantai TerasoKata teraso sendiri diambil dari bahasa Italia yakni terazza yang berarti penutup lantai di depan rumah atau teras. Lantai teraso ini terbuat dari limbah marmer yang diolah kembali sehingga bisa dijadikan alternatif lantai sebuah bangunan yang sangat cantik. Di negara asalnya, teraso ini mulai diproduksi tahun 1920 dan masuk ke Indonesia karena pengaruh bangsa Belanda.

Sesudah itu, lantai teraso mulai diproduksi pada tahun 1957 dan selanjutnya mulai diminati antara tahun 1970 hingga 1980. Motif lantai teraso juga terus berkembang dari mulai serpihan batu alam, serpihan kaca sampai kepingan kerang laut.

Dulu, teraso dianggap mempunyai prestige yang tinggi sebab masih banyak orang yang memakai ubin semen sehingga peminatnya biasanya berasal dari kalangan menengah ke atas. Namun, kepopuleran lantai teraso mengalami penurunan sejak lantai keramik hadir dalam banyak motif dan juga harga yang lebih miring di Indonesia pada tahun 1980-an.

Karakteristik Lantai Teraso

Karakteristik Lantai TerasoKarakteristik paling utama dari lantai teraso adalah dari motifnya yang menyerupai pecahan batu. Selain itu, ukuran, bentuk dan warna lantai teraso juga tidak seragam sehingga membuat jenis lantai ini terlihat unik. Penggunaan material dari bahan sisa juga membuat lantai ini lebih ramah lingkungan.

Lantai teraso juga bisa menyesuaikan dengan suhu ruangan. Contohnya jika cuaca sedang panas, maka lantai teraso akan memberikan sensasi dingin begitu juga sebaliknya. Ini bisa terjadi karena faktor porositas dan sifat menyerap cahaya pada lantai teraso tersebut.

Daya tahan lantai teraso juga bisa dikatakan sangat baik dan material yang terdiri dari pecahan batu marmer, semen dan juga pasir membuat kekuatan lantai ini tidak perlu diragukan lagi sehingga banyak pabrik, hotel dan juga kantor yang memilih memakai lantai teraso untuk bangunan mereka.

Jenis Jenis Lantai Teraso

Jenis Jenis Lantai TerasoBerdasarkan cara pemasangannya, lantai teraso bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni poured in place terazzo dan juga pre cast terazzo. Seperti namanya, poured inplace terazzo dipasang langsung pada tempat, sedangkan untuk pre cast terazzo merupakan teraso yang dibuat dalam bentuk tile persegi dengan ukuran yang beragam dari 10 x 10 cm hingga 40 x 40 cm dan dipakai secara luas sebagai material lantai rumah, bangunan komersial sampai bangunan institusional di negara Mediterania, Asia, Timur Tengah dan beberapa tempat di Amerika Serikat.

Dalam pemasangan poured in place terazzo, pekerja nantinya akan memakai pemisah berbahan metal untuk mengerjakan teraso dalam beberapa bagian kecil, membatasi bagian yang mempunyai warna atau desain teraso yang berbeda dan juga memberikan ruang apabila teraso memuai untuk mencegah keretakan. Teknik tersebut ditemukan oleh L. Del Turco and Bros Onc. Tahun 1924.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Teraso

Kelebihan dan Kekurangan Lantai TerasoSeperti jenis lantai lainnya, lantai teraso yang terlihat cantik ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang sebaikny dijadikan bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jenis lantai ini.

  1. Lantai Teraso Kasar Cocok untuk Lantai Eksterior

Mungkin anda belum mengetahui jika lantai terasa terdiri dari dua jenis yakni yang memiliki permukaan polos mengkilap dan juga yang kasar. Untuk jenis lantai teraso yang polos dan mengkilap cenderung licin, sedangkan untuk material teraso kasar lebih tepat digunakan sebagai lantai eksterior rumah.

Lantai teraso kasar ini tidak hanya bisa mengurangi risiko tergelincir, namun saat sedang basah atau terkena hujan juga lebih aman meski sudah tergenang air. Selain itu ketika terkena matahari, lantai teraso kasar juga permukaannya akan lebih menonjol sehingga terlihat sangat cantik.

  1. Permukaannya yang Anti Gores

Baik lantai teraso yang memiliki permukaan licin atau kasar, keduanya sama sama bersifat anti gores sehingga anda tidak perlu khawatir ketika memindahkan atau menggeser berbagai furniture dengan bobot yang berat atau sudut tajam yang terdapat pada kaki furniture.

  1. Lebih Awet Dibandingkan Lantai Keramik

Jika dibandingkan dengan lantai keramik, kekuatan lantai teraso jauh lebih bagus yang tidak hanya bisa menopang beban cukup berat dalam waktu lama, namun juga terlihat cantik untuk rumah rumah lama yang sudah berusia puluhan tahun.

Kekuatan dari material lantai teraso inilah yang membuat banyak pabrik alat berat beralih menggunakan lantai teraso untuk pabrik mereka.

  1. Memiliki Banyak Corak Menarik

Sama seperti mozaik, lantai teraso juga hadir dengan beragam corak yang sangat cantik karena tambahan pecahan marmer yang digunakan dalam jenis lantai ini sehingga akan membuat sebuah hunian terlihat sangat mewah. Teraso sendiri juga menjadi salah satu material favorit untuk lantai rumah mewah di Indonesia asal Belanda pada masa lalu.

  1. Perawatannya Terbilang Mudah

Jika anda memilih menggunakan lantai marmer, maka anda juga harus menyiapkan dana khusus untuk membeli cairan pembersih khusus dan memoles permukaan lantai secara teratur. Namun, ini tidak akan terjadi ketika anda menggunakan lantai teraso.

Untuk merawat lantai teraso, anda hanya memerlukan kain pel dan sabun yang sudah dicampur dengan air hangat. Pel lantai kemudian keringkan dengan kain lap dan pastikan juga untuk menyapu lantai setiap hari supaya tidak ada debu yang bersarang di sudut sudut ruangan.

  1. Harga Lantai Teraso Cukup Mahal

Meski memang lantai teraso dianggap alternatif lebih murah dari lantai marmer, namun tetap saja harganya terbilang masih mahal jika dibandingkan dengan jenis lantai lain seperti ubin keramik. Inilah yang menyebabkan beberapa orang urung menggunakan lantai teraso dan lebih memilih lantai keramik untuk mengurangi biaya pembangunan rumah.

  1. Proses Pemasangan Cukup Rumit

Proses pemasangan lantai teraso sendiri juga terbilang cukup rumit tidak seperti pemasangan ubin keramik yang hanya cukup direkatkan dan diatur dalam posisi yang tepat. Agar bisa memperoleh permukaan yang mengkilap pada lantai teraso, maka anda harus mencari tenaga profesional untuk memakai alat khusus pemoles teraso.

Dibalik kelebihan dan kekurangan lantai teraso, namun bisa dikatakan jika ini adalah jenis lantai yang tepat digunakan jika anda lebih mengutamakan kekuatan, kualitas dan juga kilap yang dihasilkan lantai. Proses pemasangan lantai yang sulit dan harga yang tinggi sebenarnya hanya akan terjadi pada tahap awal saja dan selanjutnya anda bisa merasakan kualitas serta kilap dari lantai tanpa harus melakukan perawatan ekstra seperti lantai marmer dan jenis lantai lain yang butuh perawatan khusus.

Artikel Terkait


Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.