Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger

Siapa yang tidak kenal dengan hamburger. Ya, makanan ini hampir pernah dinikmati oleh setiap orang di restoran cepat saji. Hamburger merupakan makanan dengan roti berbentuk bundar yang diiris menjadi dua bagian kemudian ditengahnya biasa diisi dengan daging, sayuran, tomat, bawang Bombay dan keju.

Hamburger atau dikenal dengan nama burger ini diberi berbagai jenis varian seperti saus tomat, saus sambal dan mayonnaise. Banyak tambahan lain yang bisa digunakan untuk melengkapi burger yakni keju, sosis, asinan dan berbagai tambahan lainnya.

Tahukah anda darimana makanan ini berasal? Sampai saat ini mungkin masih banyak orang salah mengira bahwa nama hamburger ini berasal dari kata ‘ham’ namun sebenarnya nama hamburger ini berasal dari nama ‘hamburg’ yakni nama tempat makanan ini berasal.

Hamburger berasal dari kota kedua terbesar di Jerman yang penduduknya mayoritas berimigrasi ke Amerika dan menyebarkan pembuatan hamburger disana. Dengan kata lain, kata ‘ham’ini sendiri hanyalah sebuah kebetulan yang dalam bahasa inggris yakni daging asap yang hampir mirip dengan kata hamburger. Namun faktanya, hamburger tidak mengandung ham meski ada restoran yang menambahkan irisan ham untuk menambah cita rasa makanan ini.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa arti kata hamburger ini merupakan makanan yang berasal dari ‘Hamburg’ dan bukanlah makanan yang mengandung ham.

Dilihat dari segi fisiknya, hamburger ini sering diartikan sebagai sandwich atau roti isi jenis lainnya yang berbentuk bulat. Dalam masyarakat terkadang kata hamburger ini lebih dikenal dengan kata burger dibandingkan dengan kata ‘hamburg’ yakni asal dari makanan itu berasal.

Ada beberapa versi dari sejarah pencipta makanan cepat saji ini. Katanya, hamburger ini adalah makanan khas bangsa tartar yang berupa daging cincang yang disantap mentah-mentah dan ditambah dengan perasan jeruk.

Perlu anda ketahui bahwa bangsa tartar adalah bangsa nomaden yang sering melakukan perjalanan jauh dengan menunggangi kuda. Sehingga daging yang mereka bawa sering menjadi makanan yang tidak layak dikonsumsi karena keras. Dengan demikian, mereka akhirnya mengakalinya dengan meletakkan daging tersebut dbawah sadel kuda mereka.

Jadi, ketika mereka melakukan perjalanan jauh daging tersebut masih hangat dan tidak menjadi dingin. Dan daging tersebut bisa langsung disantap tanpa dimasak dan hanya diberi dengan perasan jeruk nipis.

Hamburger merupakan hidangan cepat saji yang terkenal akan kelezatannya ini dibawa oleh para pelaut Eropa ke negaranya yang bertepat di kota Hamburg. Karena masyarakat disana pada umumnya menganggap bahwa mereka adalah bangsa yang beradab, akhirnya mereka menolak memakan daging yang tidak dimasak.

Pada akhirnya daging tersebut dimasak terlebih dahulu sebelum disantap. Daging tersebut dimasak dengan cara dibakar ataupun digoreng. Ternyata masakan ini sangat disukai banyak orang. Akan tetapi, sampai saat ini masih ada sebagian orang yang menyukai menyantap daging tersebut dengan mentah.

Sementara itu, hamburger yang kita kenal berbentuk bulat dengan daging yang disantap dengan roti. Makanan jenis ini berasal dari amerika. Pada imigran dari Hamburg ini memperkenalkan daging burger mereka kepada orang Amerika. Dan disanalah daging ini diberi nama hamburg steak dan daging ini disantap seperti layaknya menyantap steak.

Menurut penduduk dari Hamburg, New York (sebuah kota yang diberi nama seperti kota di jerman), makanan hamburger ini ternyata ditemukan oleh dua bersaudara dari Ohio yakni Frank dan Charles Mencher.

Kedua bersaudara tersebut adalah penjaja makanan di pinggir jalan yang menjual sandwich. Pada suatu hari mereka kehabisan sosis dan mereka menggunakan daging sapi cincang sebagai pengganti sosis untuk isi dari sandwich mereka. Dan penggunaan daging sapi ini memberikan tanggapan baik dari para konsumennya.

Menurut komunitas sejaraj Seymour di wincosin, disebutkan bahwa nama Charlie Nagreen merupakan orang yang menciptakan hamburger. Nama Charlie Nagreen ini dikenal dengan sebutan”Hamburger Charlie”.

Charlie Nagreen merupan seorang pedagang sandwich yang diisi dengan bakso saat usianya masih 15 tahun di Seymour pada tahun 1885. Charlie merasa dagangannya kurang membuahkan hasil, kemudian ia menemukan sebabnya. Hal ini dikarenakan pelanggan tidak dapat berjalan berkeliling sambil menikmati makanan. Sehingga Charlie memipihkan bakso yang dijualnya dan meletakkannya diantara irisan roti.

Kemudian hal ini menarik perhatian konsumen dan sukses menjadi makanan favorit konsumen. Hingga makanan ini sangat popular pada masanya. Kemduian Charlie memberi nama makanan tersebut Hamburger karena pada saat itu hidangan hamburg steak sangat popular. Sejak usia tersebut tiap tahun ke Seymour Fair Charlie selalu berjualan Hamburger hingga ajalnya di tahun 1951.

Menurut informasi dari perpustakaan kongres Amerika dan Pemerintahan Connecticut, Hamburger ini pertama kali dijual pada tahun 1985 oleh Louis Lassen dirumah makannya di New Haven. Awalnya makanan ini tidak memiliki nama hingga saat ada beberapa pelaut dari hamburg singgah ke restoran tersebut dan dirinya menemukan nama menu tersebut hamburger.

Selain itu, seorang sejarawan texas yakni Frank C. Tolbert menyatakan bahwa penemuan hamburger ini dilakukan oleh Fletcher Davis dari Athens, Texas. Dirinya percaya bahwa Davis mulai menjual makanan siap saji tersebut di kiosnya yang terletak di Athens sejak akhir tahun 1880-an dan Davis memperkenalkan hamburger ke St.Louis Fair pada tahun 1904.

Begitu banyak sejaraj hamburger dari berbagai Negara sehingga banyak orang yang memberikan variasi di hamburgernya sesuai dengan citarasa mereka sendiri. ada hamburger yang menggunakan daging sapi, ada hamburger yang menggunakan daging babi, ada hamburger yang menggunakan daging ayam, ikan, lobster, cumi dan lain sebagainya.

Kemdian di Jepang, Taiwan dan China hamburger diberikan varian Rice Burger yakni menggunakan nasi sebagai pengganti roti pada burger mereka. Kemudian ada beberapa orang yang memberikan variasi burger dengan menggantikan daging dengan sayuran, tofu atau fluten. Makanan ini biasa diperuntukkan bagi orang yang vegetarian.

Selain menjadi makanan siap saji, hamburger juga banyak dijual dalam bentuk makanan setengah jadi yakni berupa daging burger yang dikemas dalam kemasan plastik vakum. Daging ini biasa ditemukan di supermarket.

Kemudian Indonesia pun tidak kalah. para pengusaha di Indonesia memvariasikan burger lokal khas Indonesia yang akrab di lidah orang-orang Indonesia yakni blenger burger dengan menu andalan yakni Cheese Burger mereka. Kemdian ada juga Klenger burger dan edan burger yang kini sudah sukses menembus pasar timur tengah.

Selain itu, Indonesia juga memvariasikan burger dengan tempe sebagai pengganti daging pada burger. Kemudian juga ada burger batok dan burger yang dimasak dengan cara dikukus dalam batok kelapa. Cara ini dinilai memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

Itulah berbagai sejarah makanan hamburger yang tidak banyak orang ketahui. Jadi, dengan adanya artikel ini anda tidak hanya memakan hamburger saja tanpa mengetahui asal usulnya. Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa menambah informasi, wawasan dan pengetahuan tentang sejarak hamburger. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

Ini Dia 9 Kuliner Ekstrim di Vietnam, Berani Coba?

10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.