Jangan Dibuang! Inilah Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Pernahkah anda mengkonsumsi buah mangga? Ya, semua orang pasti pernah mencicipi rasa buah mangga. Buah mangga merupakan buah yang manis saat matang. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi rujak hanya dengan menambahkan sambal kacang sebagai pelengkap. Rujak ini menjadi salah satu makanan favorit orang-orang Indonesia yang dikonsumsi saat udara panas dan rujak ini merupakan makanan yang segar untuk dikonsumsi di siang hari.

Mangga merupakan jenis tanaman yang dapat hidup dengan mudah. Namun, saat mengkonsumsi buah mangga, pasti anda selalu membuang bagian kulitnya dan daunnya karena anda mengkonsumsi bagian buahnya. Tentu hampir semua orang melakukan hal yang sama. Dari segi fisiknya memang daun buah mangga ini terlihat seperti daun biasa yang tidak memiliki manfaat.

Namun, perlu anda ketahui bahwa hal yang sering kita buang dan kita sepelekan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh anda. hasil riset menunjukkan bahwa tidak hanya buah mangga saja yang memiliki kandungan vitamin dan zat penting untuk kesehatan melainkan daun mangga ini pun memiliki khasiat tidak terduga dan tidak kalah dari buahnya.

Daun mangga memiliki banyak vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C dan vitamin B. dengan adanya kandungan vitamin dan zat tertentu inilah yang membuat daun mangga yang tidak pernah digunakan atau selalu terabaikan ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Daun mangga muda awalnya berwarna kemerahan dan hijau muda. Kemudian setelah beberapa lama daun mangga ini biasa berubah warna menjadi hijau tua yang dinamakan daun mangga tua. Siapa sangka daun mangga ternyata memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Banyak manfaat dan khasiat yang diperoleh dari daun mangga. Banyak juga cara olah daun mangga untuk kesehatan tubuh anda seperti berikut.

  • Mengobati penyakit diabetes

Ternyata daun mangga yang sering dibuang ini mengandung tannin dan anthocyanin yang membantu mengobati penyakit diabetes. Caranya anda hanya perlu meminum air rebusan daun mangga. Air rebusan daun mangga ini sangat ampuh mengobati diabetes awal. Daun mangga mengandung senyawa tertentu yang mampu mengobati penyakit diabetes dan masalah pembuluh darah yang berhubungan dengan diabetes. Selain itu, air rebusan daun mangga ini mampu memperlambat perkembangan diabetes.

  • Mengatasi gangguan pernapasan

Daun mangga tidak hanya berkhasiat mengatasi diabetes melainkan juga mampu mengatasi gangguan pernapasan. Jenis penyakit yang dapat diatasi seperti demam, bronkitis dan asma. Caranya anda hanya perlu konsumsi rebusan daun mangga dan ditambah dengan sedikit madu. Selain itu, daun mangga ini juga mampu mengatasi batuk dan hilangnya suara.

  • Menurunkan hipertensi

Ahli kesehatan mengungkapkan bahwa meminum teh daun mangga dapat membantu mengatasi dan menurunkan risiko hipertensi. Daun mangga ini bekerja dengan memperkuat pembuluh darah yang rapuh dan dapat menyebabkan hipertensi. Disarankan anda meminum satu cangkir teh mangga setiap harinya untuk mengobati hipertensi. Perlu anda ketahui bahwa daun mangga ini membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat hipotensi. Mengkonsumsi teh daun mangga ini juga mampu memperkuat pembuluh darah dan mengatasi varises pada kaki.

  • Mengatasi rasa gelisah

Pernahkah anda merasa gelisah berkepanjangan? Jika Ya, itu artinya anda perlu menggunakan2 atau 3 gelas teh daun mangga dalam bak mandi untuk membantu meredakan rasa gelisah anda. mandi dengan campuran teh daun mangga dipercaya mampu mengobati masalah gelisah, kecemasan dan merileks kan ikiran menjadi segar.

  • Kaya antioksidan

Tidak hanya buahnya saja yang kaya antioksidan. Ternyata daun mangga juga kaya antioksidan tinggi. Menurut hasil penelitian, teh hijau dari daun mangga dapat melindungi dari kerusakan oksidatif. Daun mangga yang mengandung vitamin C ini menjadi sumber antioksidan alami yang memberikan perlindungan terhadap radikal bebas dan racun yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dalam tubuh.

  • Sumber vitamin tinggi

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun mangga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, viamin B dan vitamin C. bagi anda yang sedang program diet maka mengkonsumsi teh daun mangga bisa dicoba untuk dikonsumsi. the daun mangga ini mampu menambahkan nutrisi dan vitamin dalam tubuh.

  • Mengatasi nyeri pada telinga

Tahukah anda bahwa daun mangga mampu mengatasi nyeri pada telinga? Tentu nyeri telinga merupakan satu kondisi yang menjengkelkan dan mengganggu pendengaran anda. tentu hal ini juga membuat anda merasa tidak nyaman. Anda bisa gunakan satu sendok teh sari daun mangga sebagai obat tetes telinga yang dipanaskan sedikit.

  • Mengatasi sakit tenggorokan

Tidak semua orang tahu bahwa sakit tenggorokan bisa diatasi dengan daun mangga. Daun mangga ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan secara alami dan patut anda coba. Caranya anda hanya perlu memetik daun mangga yang masih baru, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu bakar hingga berasap. Asap inilah yang perlu anda hirup untuk mengatasi sakit tenggorokan. Cara ini dipercaya mampu mengatasi sakit tenggorokan.

  • Mengatasi sakit perut

Daun mangga yang diletakkan dalam air hangan dan menutup wadahnya diamkan semalaman lalu dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong mampu menjadi tonik yang baik untuk perut anda dan cara ini dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit di perut.

  • Mengatasi ginjal

Percaya atau tidak, daun mangga yang biasa dibuang mampu mengobati penyakit ginjal dan batu empedu. Caranya anda hanya perlu mengambil bubuk daun mangga yang sudah digiling dan dikeringkan dalam tempat teduh. Kemudian ambil beberapa sendok dan seduh dengan air hangat. Diamkan semalaman dan konsumsi di pagi hari maka mampu memecahkan batu ginjal.

  • Mengatasi disentri

Disentri merupakan penyakit radang usus yang disebabkan diare yang berkepanjangan dengan disertai darah atau lendir berdasarkan penyebabnya. Dan daun mangga ini ternyata mampu mengatasi disentri hanya dengan cara menyeduh bubuk daun mangga dan minum dengan rutin.

  • Mengobati luka bakar

Untuk mengobati luka bakar pada kulit maka anda bisa gunakan daun mangga dengan cara bakar daun mangga hingga menjadi abu. Kemudian tempelkan abu ini pada daerah yang terkena luka bakar. pengobatan alami ini dipercaya memberikan pertolongan pertama dalam luka bakar.

Itulah khasiat daun mangga yang baik untuk kesehatan tubuh anda. yakin anda masih mau membuang daunnya? Setelah membaca artikel ini mungkin sebagian orang akan mencoba menerapkan obat-obatan herbal diatas dari daun mangga.

Perlu anda ketahui jika mencari obat alami sebenarnya banyak kita temukan disekitar kita seperti salah satunya adalah daun mangga ini. Akan tetapi untuk mengkonsumsi obat herbal atau alami ini tidaklah mudah karena anda harus mengolah dengan benar dan menerapkannya dengan benar juga.

Hal ini dikarenakan obat alami berbeda dengan obat instan. Obat alami biasa penyembuhannya secara perlahan namun pasti dan tidak ada efek sampingnya seperti obat kimia pada umumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait


Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah

Konsumsi Makanan Ini untuk Kesehatan Hati Anda

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

Ini Dia 7 Tips Untuk Mencegah dan Mengusir Nyamuk

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Jantung yang Lebih Sehat


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.