Jajanan Pasar Khas Bali yang Enak dan Murah

img source: optimisstore.com

Bali tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata alam dan budaya, tetapi juga dikenal memiliki keragaman kuliner dan cita rasa makanan yang khas. Kuliner Bali pun tidak melulu soal nasi ayam atau nasi babi guling yang sudah populer. Selain makanan berat, ternyata Bali juga memiliki makanan ringan seperti jajanan pasar yang khas dan lezat dengan harga yang ramah di kantong.

Mungkin jajanan pasar khas Bali ini masih jarang dicari oleh wisatawan yang selama ini lebih tertarik dengan kuliner Bali populer seperti nasi ayam betutu atau ikan bakar khas Bali. Padahal, jajanan pasar khas Bali juga tidak kalah enak dengan cita rasa yang autentik. Jajanan pasar ini pun cukup mudah ditemukan, tidak hanya di pasar-pasar tradisional, tetapi juga warung-warung makan yang menjual jajanan Bali sebagai hidangan penutup.

Penasaran dengan jajanan pasar khas Bali? Berikut kami rangkum jajanan pasar khas Bali yang enak dan murah, dan pastinya wajib Anda coba ketika berlibur ke Bali.

1. Jaje Laklak

img source: picdeer.org

Jaje dalam bahasa Bali berarti kue. Jaje laklak atau kue laklak memiliki kemiripan bentuk dengan kue serabi, tetapi dengan cita rasa yang berbeda. Jaje laklak dimasak dari tepung beras dan tepung terigu, air kapur sirih dan ditambah daun suji sebagai pewarna hijau alami atau santan sebagai pewarna putih alami. Adonan kue dimasak dengan cetakan serabi tanah liat berbentuk lingkaran. Setelah matang, permukaan kue akan berlubang kecil-kecil. Kue tradisional ini umumnya berwarna hijau atau putih dan biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa dan gula merah cair. Jajanan ini sangat cocok dijadikan teman minum kopi atau teh di sore hari. Harga seporsi jaje laklak juga cukup murah, dengan Rp5000 Anda bisa mendapatkan 5 potong kue laklak.

2. Jaje Injin

img source: optimisstore.com

Jaje injin adalah jajanan atau kue tradisional Bali lainnya dengan penampilan sederhana tetapi memiliki rasa yang lezat. Cara membuat jaje injin tergolong mudah. Jajanan pasar ini dibuat dari ketan hitam yang dicampur tepung ketan dan dimasak dengan cara ditanak seperti menanak nasi. Sama seperti jaje laklak, setelah matang jaje injin juga disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Dengan cara memasak yang mudah dan penampilan sederhana, jaje injin ternyata memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Kue tradisional ini sangat cocok dijadikan menu sarapan atau disantap bersama kopi bali.

3. Pisang Rai

img source: kooliner.com

Pisang rai menjadi jajanan pasar khas Bali berikutnya yang menjadi favorit. Penganan ini sangat mudah dijumpai, di pasar tradisional maupun di warung-warung. Umumnya pisang rai dikonsumsi di pagi hari saat sarapan bersama secangkir kopi atau teh hangat, atau sebagai camilan sore. Seperti namanya, pisang rai menggunakan pisang sebagai bahan utama. Pisang yang digunakan bisa pisang raja, pisang tanduk, pisang kepok atau pisang ambon yang sudah cukup tua. Namun, pisang ini tidak boleh terlalu matang agar tidak terlalu lembek agar tekstur pisang rai tetap legit dan memiliki rasa manis yang pas. Pisang tersebut kemudian dipotong-potong dan dibalut dengan adonan tepung beras, tepung tapioka dan santan. Setelah matang, pisang rai disajikan dengan taburan kelapa parut. Dijamin, rasanya nikmat dan gurih serta cocok menjadi teman ngopi Anda di sore hari.

4. Bubuh Sumsum

img source: kintamani.id

Bubuh sumsum dalam bahasa Bali berarti bubur sumsum. Jenis jajanan pasar ini disukai anak-anak karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih. Bubuh sumsum dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan daun pandan dan daun suji untuk menghasilkan warna hijau yang alami. Bubuh sumsum yang telah matang kemudian disajikan dengan gula merah cair dan taburan kelapa parut. Di Bali sendiri, bubuh sumsum dimakan bersama penganan lain seperti jaje injin, kolak ubi khas Bali dan sejenis cendol dengan ukuran yang lebih kecil. Rasanya sungguh nikmat. Nah, hal menarik lainnya, bubuh sumsum tidak hanya menjadi jajanan sehari-hari, tetapi juga menjadi makanan untuk persembahan kepada Sang Hyang Widhi dalam manifestasinya sebagai Dewa Sangkara sang penguasa tumbuhan pada saat hari Tumpek Uduh atau Tumpek Bubuh. Pada saat hari keagamaan ini umumnya masyarakat Bali akan membuat bubuh sumsum, selain untuk persembahan juga untuk dikonsumsi bersama keluarga.

5. Jaje Lukis

img source: optimisstore.com

Jaje lukis memiliki kemiripan dengan lupis ketan jika dilihat dari bahan yang digunakan dan cara pembuatannya. Namun yang membedakan adalah ukuran jaje lukis lebih kecil dibanding lupis ketan. Jaje lukis dibuat dengan campuran ketan dan injin untuk menghasilkan warna yang lebih cantik dibandingkan dengan menggunakan beras ketan saja. Adonan jaje lukis dibentuk segitiga, berwarna agak kehijauan dan disajikan dengan gula merah cair dan parutan kelapa. Penganan ini tidak memiliki rasa manis yang tajam, tetapi cita rasa yang gurih dipadukan dengan sedikit rasa manis dari gula merah cair. Jajanan khas ini sering digunakan saat upacara yadnya di Bali dan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional atau warung-warung pinggir jalan.

6. Kaliadrem

img source: kulkulbali.co

Kaliadrem merupakan salah satu kue tradisional Bali yang tidak lekang dimakan zaman. Jajanan ini tidak hanya dikonsumsi sehari-hari, tetapi juga sering dipakai untuk pelengkap sajian atau persembahan saat hari raya keagamaan. Kaliadrem pun sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional dan pedagang-pedagang kue di pinggir jalan. Untuk membuat kaliadrem, Anda hanya memerlukan bahan-bahan sederhana seperti tepung beras, kelapa, gula merah, garam dan air. Cara memasaknya terbilang tradisional karena beras langsung ditumbuk menjadi tepung, kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain dan diuleni hingga tekstur adonan menjadi halus dan lembut. Penganan ini memiliki bentuk yang khas, yakni segitiga dengan tiga lubang. Kaliadrem disukai sebagai camilan karena rasa yang manis dan gurih.

7. Bendu

img source: cookpad.com

Jaje bendu merupakan jajanan atau kue tradisional khas Jembrana, Bali. Jajanan ini memiliki bentuk lonjong seperti pepes dan dibungkus dengan daun pisang. Jaje bendu memiliki lapisan kulit putih yang di dalamnya terdapat isian gula unti dan memiliki tekstur yang garing dan kenyal. Kulit jaje bendu dibuat dari tepung ketan, sedangkan isian gula unti tersebut dibuat dari gula merah yang dicampur garan dan parutan kelapa. Jaje bendu sering dijadikan pilihan sajian saat upacara adat dan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Rasanya yang gurih menjadi favorit masyarakat Bali.

8. Cerorot

img source: lensa.id

Tidak seperti jajanan pasar khas Bali yang lain, jaje cerorot termasuk salah satu penganan yang sudah mulai jarang dijumpai. Jajanan ini memiliki bentuk yang unik, berbentuk kerucut atau menyerupai corong seperti es krim cone. Cerorot memiliki rasa yang manis, tekstur yang legit dan dibungkus dengan daun kelapa yang digulung. Menyantap jaje cerorot seperti menyantap es krim cone. Dalam proses pembuatannya, jaje cerorot tidak menggunakan pewarna buatan melainkan bahan-bahan alami dengan cara tradisional. Jadi kue ini harus segera dimakan karena hanya bertahan kurang dari 12 jam.

Bagaimana? Jajanan pasar khas Bali ternyata menggugah selera bukan? Cita rasa yang gurih dengan harga yang terjangkau membuat jajanan pasar ini menjadi camilan favorit masyarakat Bali. Jika Anda sedang berada di Bali dan tiba-tiba ingin menyantap makanan ringan, Anda bisa datang ke pasar-pasar tradisional dan akan menjumpai penganan unik khas Bali ini dengan mudah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait


Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Modal Terpenting yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Es Krim


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.