Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

img source: traveltriangle.com

Vietnam memang dikenal sebagai salah satu negara ASEAN yang menjadi destinasi wisata yang cukup populer. Ha Long Bay dan Ho Chi Minh City merupakan dua di antara banyak destinasi wisata populer di Vietnam. Namun, siapa sangka ternyata Vietnam memiliki kuliner khas yang menggugah selera. Tidak hanya enak, kuliner khas Vietnam ternyata termasuk menu yang sehat sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalani gaya hidup sehat. Berikut kami rangkum kuliner khas Vietnam yang enak dan menyehatkan.

1. Pho

imgr source: cookinglight.com

Pho adalah kuliner khas Vietnam yang paling populer. Anda dapat menjumpai makanan ini dengan mudah di seluruh penjuru Vietnam sehingga membuat Pho menjadi hidangan yang umum. Pho merupakan sajian dengan bahan dasar mie beras yang dilengkapi dengan topping daging ayam atau sapi dan diberi kuah kaldu dengan tauge, daun jeruk dan irisan jeruk nipis. Penggunaan daging sapi berkaitan dengan budaya Prancis pada abad ke 20 dimana orang Prancis lebih menggemari daging sapi. Kadang penjual Pho menambahkan topping daging babi, jadi Anda sebaiknya bertanya lebih dahulu jika menginginkan makanan halal. Pho adalah kuliner pertama yang direkomendasikan untuk Anda coba ketika berlibur ke Vietnam.

2. Goi Cuon

img source: sotaydaubep.net

Goi Cuon mirip dengan lumpia di Indonesia. Namun, lumpia khas Vietnam ini memiliki kulit yang transparan yang terbuat dari tepung beras yang dikukus. Goi Cuon juga menyerupai salad gulung dengan isian udang atau daging, sayuran dan daun ketumbar. Berbeda dengan lumpia di Indonesia yang digoreng, hidangan khas Vietnam tidak digoreng dan hal itu tidak mengurangi cita rasa yang lezat. Goi Cuon yang sehat ini sering dijadikan sebagai menu pembuka di restoran atau rumah makan. Kuliner ini biasa disantap dengan mencelupnya ke bumbu kacang atau saus kecap ikan. Anda bisa menjadikan menu ini sebagai camilan sehat dan bisa menjumpainya di restoran maupun pedagang kaki lima.

3. Banh Cuon

img source: saigonbistrocrawfish.com

Banh Cuon merupakan penganan khas Vietnam yang disantap berbagai kalangan sosial di negara tersebut. Kuliner khas Vietnam ini terbuat dari tepung beras dan dimasak dengan cara dikukus. Banh Cuon memiliki bentuk yang tipis dan halus. Umumnya kuliner khas Vietnam ini dikukus dengan isian daging dan sayuran dan kemudian disajikan dengan bawang goreng yang gurih, daun selada, potongan mentimun dan irisan daging yang lezat. Banh Cuon sangat enak dikonsumsi saat masih hangat. Restoran-restoran di Vietnam biasanya menghidangkan Banh Cuon dengan tempura udang, gorengan kacang hijau dan jenis gorengan yang lain, serta tidak lengkap rasanya tanpa saus ikan yang menambah kelezatan Banh Cuon.

4. Banh Mi

img source: seriouseats.com

Banh Mi mungkin tidak memiliki visual tradisional seperti kuliner khas Vietnam yang lain. Hal ini dikarenakan Banh Mi merupakan salah satu kuliner yang dulu dipengaruhi oleh kebudayaan Prancis. Jadi Banh Mi menggunakan roti baguettes yang terdiri dari sembilan lapisan isian, yakni jalapenos, daun ketumbar, wortel dan lobak, irisan daging ham atau daging babi khas Vietnam, mentimun dan mayonaise. Banh Mi juga bisa disajikan dengan irisan bawang bombay, saus tomat dan potongan cabai atau saus sambal. Anda bisa memesan Banh Mi tanpa potongan cabai atau saus sambal jika tidak suka dengan rasa pedas. Banh Mi juga sering disebut sebagai sandwich khas Vietnam dengan ukuran yang lebih besar dari sandwich pada umumnya. Jika Anda menyukai kuliner unik yang tercipta dari pencampuran dua budaya, Anda wajib mencoba kuliner khas bernama Banh Mi ini.

5. Banh Xeo

img source: schoolofwok.co.uk

Kuliner khas Vietnam yang satu ini juga menjadi favorit wisatawan. Banh Xeo merupakan pancake khas Vietnam yang berbentuk seperti crepes yang memiliki tekstur renyah dan cita rasa yang gurih. Penganan ini disebut 'xeo' yang berarti mendesis karena ketika dimasak di atas wajan menghasilkan suara yang mendesis nyaring. Sekilas Banh Xeo terlihat seperti omlet karena warnanya yang kuning. Namun Banh Xeo tidak dimasak dengan menggunakan bahan telur. Pancake ini terbuat dari tepung beras, santan dan kunyit yang menghasilkan warna kuning tersebut, lalu ditumis dengan daging babi atau udang, kacang hijau, daun bawang dan tauge. Banh Xeo biasanya disajikan dengan daun selada dan daun herbal, dan sangat lezat disantap ketika masih hangat. Hidangan ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan camilan sehat.

6. Com Tam

img source: vietnam-travel.org

Com Tam disebut juga dengan The Broken Rice. Sebutan yang cukup unik karena kuliner tradisional khas Vietnam ini dimasak dengan beras yang patah atau tidak utuh. Walau begitu, Com Tam memiliki tekstur yang padat dan pulen. Com Tam biasanya disajikan dengan menu khas Vietnam lainnya, yakni potongan daging seperti babi panggang, iga sapi atau abon, bihun, sayuran seperti wortel, tomat dan mentimun, dan telur mata sapi. Restoran di Vietnam umumnya menyajikan Com Tam dengan semangkuk sup hangat dan saus sambal. Hidangan tersebut biasa dikonsumsi oleh warga Vietnam untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Hal itu dikarenakan Com Tam merupakan hidangan yang sangat umum dan menggunakan nasi sebagai bahan pokok sehingga cocok disantap di segala situasi. Selain di restoran, Anda pun bisa menjumpai Com Tam di pedagang kaki lima. Kuliner khas ini sangat populer di Ho Chi Minh City. Jadi jangan lewatkan hidangan sehat nan lezat ini ketika Anda sedang berada di kota tersebut.

7. Chao

img source: chaovietstreetfood.com

Chao merupakan bubur khas Vietnam yang memiliki tekstur lembut. Chao sangat lezat disantap ketika hangat dan cocok untuk sarapan yang tidak terlalu berat. Chao umumnya disajikan dengan irisan daging ayam, kadang dengan jeroan dan dilengkapi dengan potongan roti goreng yang gurih. Chao juga biasanya diberi taburan daun bawang, bubuk lada hitam, irisan daun jeruk nipis, tauge dan saus ikan yang menambah kelezatan bubur khas Vietnam ini. Rasa bubur yang gurih tak lepas dari pengaruh cara memasaknya yang direbus bersama tulang ayam atau kaldu ayam. Selain daging ayam, Chao juga disajikan dengan varian lain seperti daging bebek, ikan bahkan belut. Walaupun dikenal sebagai makanan rakyat atau poor food, Chao juga disajikan di restoran-restoran dengan visual yang menarik.  

Nah, itulah kuliner khas Vietnam yang bisa Anda coba ketika berlibur di Vietnam. Orang Vietnam menyukai hidangan dengan daging panggang, entah itu daging ayam, sapi atau babi. Jadi bagi Anda yang hanya menyantap menu halal, jangan ragu untuk bertanya kepada penjual.

Hidangan khas Vietnam juga sangat beragam, mulai dari camilan atau makanan ringan hingga makanan berat. Selain memiliki cita rasa yang khas, menu tersebut juga menyehatkan sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet atau menjalani pola hidup sehat. Jadi jangan lupa masukkan kuliner-kuliner khas tadi ke dalam daftar liburan Anda ya.

Artikel Terkait


Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Jajanan Pasar Khas Bali yang Enak dan Murah

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

Liburan ke Turki? Inilah 15 Makanan Halal Khas Turki

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.