Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

Filosofi Zen di Jepang tidak hanya terbatas untuk individu saja, namun juga sudah merambah ke dunia interior rumah minimalis Jepang. Prinsip desain yang lebih menekankan pada kesan simpel dan tenang ini memiliki tujuan untuk meningkatkan fokus dan rasa damai dalam bentuk interior yang modern.

Inilah sebabnya konsep rumah minimalis Jepang kini sudah begitu sukses menyebarkan pengaruh ke segala dunia dan beberapa inspirasi rumah minimalis Jepang berikut bisa anda tiru agar anda juga bisa menikmati ketenangan Zen dalam hunian anda.

  1. Nuansa Tropis Rumah Minimalis Jepang

Nuansa Tropis Rumah Minimalis JepangAplikasi rumah minimalis Jepang nuansa tropis yang ada di salah satu negara tropis Brazil, Sao Paulo ini bisa anda jadikan sebagai inspirasi dalam membuat hunian mengingat Indonesia yang juga menjadi negara tropis. Konsep Zen dalam rumah ini hadir dalam bentuk susunan kayu HPL [High Pressure Laminate] yang dipasang secara vertikal dan juga horizontal sedemikian rupa. Hasilnya, ada estetika dinamis yang akan mengingatkan anda pada gerbang Tori di Kyoto tepat di Kuil Fushini Inari.

  1. Makna Wabi sabi Rumah Minimalis Jepang

Makna Wabi sabi Rumah Minimalis JepangArti dari filosofi wabi sabi ala Jepang yang sudah umum diketahui adalah sempurna dan juga bahagia meski terdapat ketidaksempurnaan. Contoh desain rumah minimalis Jepang ini bisa anda tiru yang dibangun dengan lantai kayu bergaya floating dan ruang tambahan tradisional atau engawa dalam bahasa Jepang. Rumah minimalis jepang ini bisa mengembalikan konsep kesederhanaan dalam kehidupan sehari hari yang sangat nyaman sehingga cocok diaplikasikan untuk anda yang tinggal di perkotaan.

  1. Inspirasi Rumah Minimalis Jepang Zaman Dulu

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang Zaman DuluJika anda ingin menghadirkan suasana rumah Jepang tempo dulu, maka gambar di atas bisa anda jadikan inspirasi untuk hunian. Ini bukanlah sebuah properti baru namun menjadi salah satu rumah minimalis Jepang yang sudah ada sejak sekitar tahun 1950-an.

Dari gambar di atas bisa dilihat gaya retro atau gaya zaman dulu yang masih sangat kental namun tetap masih mempertahankan unsur unsur minimalis ala Jepang.

Ini terlihat dari kerangka kayu yang ditata dengan rapi pada plafon, barisan jendela geser sampai dekorasi lampu pada beberapa titik yang strategis yang bisa anda aplikasikan pada hunian anda. Rumah minimalis ini terletak di Ohio, Amerika yang menjamin akan membuat istirahat anda semakin maksimal sehingga cocok diaplikasikan untuk hunian di Indonesia yang terbilang cukup sibuk.

  1. Inspirasi origami Rumah Minimalis Jepang

Inspirasi origami Rumah Minimalis JepangDengan menggunakan material plywood, rumah minimalis Jepang seperti gambar di atas menghadirkan solusi ruang penyimpanan yang sangat efektif yang menyesuaikan dengan properti di Hongkong yang terkenal memiliki lahan sempit.

Prinsip origami yang diterapkan dalam hunian bisa menghadirkan nuansa desain rumah minimalis Jepang yang tinggi sekaligus nyaman dan hasilnya, ruangan akan terasa lebih luas tanpa harus mengorbankan fungsi keseharian sehingga bisa anda aplikasikan untuk hunian di Indonesia.

  1. Tampilan Mewah dan Elegan Rumah Minimalis Jepang

Tampilan Mewah dan Elegan Rumah Minimalis JepangRumah minimalis Jepang tidak selamanya selalu mengedepankan kesan simpel dan mengambil unsur unsur hunian Jepang zaman dulu, namun ternyata juga bisa ditata dengan mewah dan elegan seperti tampilan mewah dan elegan rumah minimalis Jepang pada gambar di atas.

Rumah tersebut adalah buatan fashion designer terkemuka di New York bersama dengan suaminya Josie yang memang sejak dulu sudah menyenangi arsitektur rumah tradisional Jepang.

Aplikasi kayu berkualitas dan juga lanskap kebun oriental pada properti eksklusif tersebut bisa menghadirkan nuansa rumah minimalis Jepang namun tetap mengedepankan kesan yang mewah dan modern dalam waktu bersamaan.

  1. Tangga Tansu untuk Hunian Kecil

Tangga Tansu untuk Hunian KecilAgar bisa memaksimalkan hunian yang kecil, konsep rumah minimalis Jepang juga hadir dalam bentuk tangga tansu atau prinsip kabinet yang mudah dipindah pindahkan seperti pada gambar di atas. Modul storage merangkap pijakan anak tangga tersebut mengarah ke kamar tidur futon yang sangat nyaman serta mengadopsi palet warna minimalis untuk menambah keindahan sebuah kamar tidur.

Meski gambar di atas adalah gambar sebuah apartemen, namun dalam  inspirasi tersebut bisa dilihat jika rumah minimalis Jepang ternyata juga bisa hadir dalam segala bentuk hunian baik itu hunian modern seperti apartemen atau rumah konvensional.

  1. Hunian Kecil dan Nyaman Dalam Minimalisme

Hunian Kecil dan Nyaman Dalam MinimalismeGaya rumah minimalis Jepang memang sangat ideal untuk diterapkan ke dalam rumah baik itu skala besar atau kecil. Inspirasi desain rumah minimalis modern ala Jepang bisa anda lakukan dengan cara meminimalisir dinding atau metode yang dinamakan dengan engawa.

Istilah tersebut mengacu pada ruang kosong antara area dalam ruangan atau indoor dengan luar ruangan atau outdoor agar bisa lebih memaksimalkan pencahayaan alami ke dalam ruangan. Nantinya, rumah anda akan terasa lebih luas, terang dan juga menambah kenyamanan dalam sebuah hunian.

  1. Kamar Mandi Berdesain Minimalis Ala Jepang

Kamar Mandi Berdesain Minimalis Ala JepangSetiap ruangan bisa mengusung konsep ala rumah minimalis Jepang seperti salah satunya adalah kamar mandi. Kamar mandi yang minimalis dan bersih tentunya bisa menenteramkan hati dan pikiran sama halnya seperti tanaman yang merupakan elemen alam dan kebersihan yang memiliki peran penting dalam desain interior rumah minimalis ala Jepang.

Ofuro adalah nama lain dari kamar mandi dalam bahasa Jepang dan ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang bisa anda pertimbangkan untuk diaplikasikan pada kamar mandi pribadi anda. Kamar mandi ala Jepang biasanya memakai bak mandi di bagian dalam kamar mandi dan juga terkesan seperti kamar mandi fasilitas hotel bintang lima.

  1. Ruang Meditasi Ala Jepang

Ruang Meditasi Ala JepangTampilan interior rumah ala Jepang tidak lengkap rasanya tanpa ruangan meditasi di ruang tengah. Ruangan ini nantinya bisa digunakan untuk banyak hal dari mulai minum teh, meditasi atau hanya sekedar melakukan olahraga ringan seperti yoga.

Untuk membuat ruang meditasi ala Jepang ini cukup sederhana yakni dengan mengecat seluruh dinding ruangan dengan warna menenangkan seperti coklat atau hijau kemudian tambahkan juga dengan beberapa tanaman berwarna hijau.

  1. Pencahayaan Maksimal Khas Jepang

Pencahayaan Maksimal Khas JepangRumah Jepang seperti yang ditunjukkan pada gambar terletak di daerah Tokushima adalah inspirasi rumah jepang yang sangat inovatif. Dari bagian depan, rumah ini akan terlihat seperti berbentuk kotak dengan warna putih dan juga atap yang miring.

Ini mungkin akan terlihat biasa saja sampai anda memasuki bagian dalamnya dimana terdapat area foyer yang tinggi untuk memberikan pencahayaan maksimal sehingga rumah akan terang.

Rumah Jepang biasanya juga akan dihiasi dengan beton berwarna putih dan juga lantai kayu dengan tone ringan bersinar sehingga menambah daya tarik rumah.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kali ini tentang beberapa inspirasi rumah Jepang yang menenangkan dan bisa anda contoh untuk rumah minimalis berukuran kecil yang anda miliki. Menciptakan nuansa Jepang yang menenangkan di rumah anda tidak hanya bisa dilakukan untuk rumah berukuran besar, namun juga rumah berukuran kecil yang bahkan bisa membuat rumah tersebut terlihat lebih luas dari yang sebenarnya. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?

11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.