Inilah Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Di zaman modern seperti sekarang ini sudah diketahui bahwa hampir semua umat manusia kini bergantung pada teknologi. Tentu hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang.

Teknologi tidak memandang usia baik anak muda hingga orang tua, orang awam hingga orang ahli sekalipun tentu membutuhkan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Kini sudah diketahui bahwa teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat.

Dahulu teknologi sangat berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia. Tidak hanya itu, bahkan teknologi juga ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas, baik dibidang kesehatan, bidang ekonomi hingga khususnya bidang pendidikan.

Dalam bidang pendidikan ini sendiri, teknologi kini mengambil perannya sendiri dalam proses belajar mengajar. Teknologi memang sudah sejak lama dimanfaatkan dalam aspek pendidikan. seperti penemuan kertas, mesin cetak, film, TV, radio, komputer dan lain sebagainya tentu dimanfaatkan bagi pendidikan.

Hakikatnya, alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan akan tetapi alat tersebut hanya dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. dimana tentu dalam pendidikan akan mempelajari hal-hal mengenai teknologi.

Di era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat dan tidak bisa dihindari lagi, khususnya dalam dunia pendidikan. tuntutan global mengharuskan dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada. Itu artinya dunia pendidikan juga harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada pada masanya.

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam menyesuaikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan yang khususnya digunakan dalam proses metode pengajaran.

Menurut Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo dalam bukunya yang berjudul Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran disebutkan bahwa kecenderungan pendidikan di Indonesia pada masa mendatang adalah sebagai berikut:

  • Teknologi membuat pendidikan berkembang terbuka dengan modus belajar jarak jauh yang kemudian untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka jarak jauh tersebut tentu perlu dimasukkan strategi utama.
  • Sharing Resource bersama antar setiap lembaga pendidikan dalam sebuah jaringan perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya seperti guru dan laboratorium dapat berubah fungsi menjadi informasi daripada sekedar terpaku dalam rak buku.
  • Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan secara interaktif seperti adanya CDROM multimedia dalam pendidikan secara bertahapnya dapat menggantikan televisi dan radio. Adanya perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan maka saat seperti itu sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet. Internet ini dimaksudnya untuk menghubungkan antar mahasiswa dengan dosennya. Selain itu, mahasiswa juga dapat melihat nilainya secara online, mengecek jadwal kuliah, mengirim berkas atau tugas dan mengecek keuangan.

Perkembangan teknologi seperti hal diatas tentu menjadi tuntunan dimana dunia pendidikan memerlukan inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajarannya karena banyak orang yang mengusulkan dalam dunia pendidikan, khususnya metode pembelajaran.

Akan tetapi, sedikit orang yang bicara mengenai solusi dari pemecahan masalah tentang metode proses belajar mengajar yang sesuai dengan tuntutan global sejak abad ke 21 saat ini.

Tidak hanya untuk guru saja, bahkan untuk siswa siswi dan mahasiswa juga memiliki peran dalam bidang teknologi di dunia pendidikan seperti berikut:

  • Teknologi sebagai media pembelajaran secara online
  • Teknologi sebagai media belajar online dengan cangkupan luas sebagai pengganti buku
  • Teknologi sebagai media belajar kelompok. Dimana teknologi dilengkapi aplikasi chatting yang membuat siswa dapat dengan mudah melakukan diskusi tanpa harus bertemu langsung
  • Teknologi memudahkan siswa memahami metode pembelajaran. Dimana siswa akan mendapat wawasan dan pengetahuan luas dengan penelusur google misalnya. Dimana situs ini dapat diakses kapan saja untuk memperoleh informasi apapun.
  • Teknologi sebagai media untuk mendapatkan atau menerima informasi atau pengumuman dari gurunya atau ketua kelas jika ada pekerjaan rumah (PR) atau pengumuman lainnya tanpa harus bertemu terlebih dahulu.
  • Teknologi memudahkan dan meringkas pembelajaran karena materi yang tertera pada mesin teknologi ini menunjukkan apa yang sedang anda cari sekaligus memudahkan anda dalam menemukan suatu jawaban, dan pemecahan masalah dalam waktu singkat.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan tentu sudah memberikan banyak pengaruh dalam proses pembelajaran. Dengan berkembangnya penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi maka ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran seperti berikut:

  1. Pergeseran dari pelatihan ke penampilan
  2. Pergeseran dari ruang kelas dan fleksibel dimana saja
  3. Pergeseran dari kertas ke layar secara online
  4. Pergeseran dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
  5. Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata

Dalam dunia pendidikan, komunikasi dilakukan dengan menggunakan media komunikasi seperti komputer, email, internet dan sebagainya. Hubungan guru-siswa/I atau dosen-mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka melainkan dapat melalui media online.

Dengan adanya teknologi maka seorang pengajar bisa memberikan layanannya tanpa harus bertemu langsung. Dan siswa atau mahasiswa dapat menerima pengajaran dan informasi dalam cangkupan luas melalui berbagai sumber dari situs internet.

Teknologi dalam dunia pendidikan bisa dipahami sebagai proses yang kompleks dan terpadu. Teknologi juga dapat mencari pemecahan masalah, informasi dan semua aspek dalam bidang pendidikan.

Terdapat tiga prinsip dasar teknologi dalam pendidikan seperti pendekatan sistem, berorientasi pada siswa/mahasiswa dan pemanfaatan sumber belajar.

Peran e-learning dalam dunia pendidikan dapat dikelompokan menjadi dua yakni komplementer dan substitusi. Komplementer dimaksudkan bahwa cara pembelajaran meski online namun tatap muka masih berjalan. Sementara untuk subsitusi sebagian proses pembelajaran dibantu dengan teknologi informasi.

Dampak pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan dibedakan menjadi dua yakni dampak positif dan dampak negatif.

  • Dampak positif

Dampak positifnya adalah informasi yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan semakin mudah dan cepat diakses. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan. penerapan sistem teknologi informasi dan komunikasi juga semakin mudah dan lancar.

  • Dampak negatif

Dampak negatifnya adalah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga akan mempermudah terjadinya pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual. Karena semakin mudahnya mengakses data yang menyebabkan orang-orang plagiatis akan melakukan kecurangan.

Terkait dengan dampak negatif dari teknologi di proses pembelajaran juga memiliki kekurangan seperti misalnya pada e-learning dimana hal ini dapat menyebabkan pengalihfungsian guru atau dosen sehingga tenaga pendidik menjadi tersingkirkan.

Selain itu, pada dasarnya manusia merupakan mahkluk sosial dan sistem e-learning ini justru akan membuat seseorang menjadi introvert dan tidak bersosialisasi karena sistem ini hanya bersifat individual. Penerapan ini membuat siswa atau mahasiswa menjadi sulit diawasi baik dari segi etika, disiplin dan lain sebagainya.

Itulah peranan teknologi dalam dunia pendidikan yang tidak banyak diketahui orang. Perlu diingat bahwa tidak semua perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memberikan dampak negatif. Hanya saja, sistem e-learning perlu dilakukan sesekali dan selebihnya diperlukan adanya tatap muka agar sistem pembelajaran tetap berjalan dengan baik. sehingga siswa atau mahasiswa juga dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Artikel Terkait


Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Cara Setting Private DNS di Android 9 Pie Solusi VPN Premium Gratis Selamanya

Tips Belajar Programming Untuk Pemula

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet

Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.