Inilah Dia 8 Tips Jual Beli Mobil Bekas

Mobil adalah salah satu kendaraan yang banyak disukai masyarakat dan mobil menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Perkembangan desain mobil terus berubah tiap waktunya dan banyak orang yang mengoleksi berbagai jenis mobil. Kini mobil disediakan dengan kegunaan yang berbeda dan harga mobil sangatlah bervariasi, karena disesuaikan dengan harga pasarannya.

Bisnis mobil bekas menjadi salah satu bisnis yang menjamur di Indonesia dan sudah banyak pengusaha yang sukses dari jual belai mobil bekas. Jika dipelajari dengan baik, bisnis jual beli mobil bekas bisa menguntungkan dan ada berbagai hal yang harus diperhatikan ketika terjun ke bisnis jual beli mobil bekas. Berikut ini adalah tips jual beli mobil bekas:

1. Periksa kelengkapan kendaraan

Saat terjun ke dunia jual beli mobil bekas, tentu ada berbagai hal yang harus diperhatikan dengan teliti dan salah satu langkah penting adalah memeriksa kelengkapan kendaraan yang akan dibeli, jangan membeli kendaraan bekas yang tidak miliki surat resmi. Mobil yang dilengkapi dengan surat-suratnya akan mudah untuk dijual kembali dan konsumen akan percaya dengan keaslian pemilik kendaraan.

Kelengkapan kendaraan yang paling penting adalah buku pemilik kendaraan bermotor atau bpkb dan surat tanda nomor kendaraan atau stnk. Konsumen akan takut untuk membeli mobil tanpa surat, karena akan menyangka bahwa mobil adalah hasil curian dan harga mobil tanpa surat akan sangat murah. Carilah kendaraan yang pajaknya sudah dilunasi, jangan yang nunggak dan jangan beli mobil dari orang yang tidak memiliki data kelengkapan.

2. Perbaiki mobil

Setelah berhasil mendapatkan mobil yang diinginkan, tugas berikutnya adalah memperbaiki mobil yang akan dijual dan sebaiknya perbaiki mobil sendiri, jangan mengandalkan tenaga bengkel. Dengan perbaiki mobil sendiri, tentu akan memperkecil modal yang akan dikeluarkan dan ganti onderdil mobil yang kondisinya sudah jelek dengan onderdil baru, agar mobil menjadi bagus.

Dengan perbaikan yang baik, maka mobil bisa dijual dengan harga yang murah dan jangan lupa gunakan pelicin body mobil, supaya tampilan mobil lebih indah. Para pecinta otomotif tentu sangat mendambakan mobil bekas dengan kualitas bagus dan mobil bekas seringkali disebut dengan mobil antik. Ada banyak jenis mobil yang disukai masyarakat Indonesia dan harga mobil bekas akan cenderung menurun dari tahun ke tahun.

3. Tingkatkan harga

Bisnis jual beli mobil bekas adalah bisnis yang dihasilkan dari selisih penjualan mobil dan semakin mahal penjualan, maka keuntungan akan semakin besar. Mobil dengan kualitas baik, biasanya memiliki rate harga yang tinggi dan mobil yang memiliki keunikkan tersendiri bisa dijual dengan harga yang sangat mahal. Kini mobil bekas yang sudah tua bisa dijadikan mobil antik dan harga jualnya sangat mahal, karena sudah langka.

Pecinta otomotif di Indonesia memang sangatlah banyak, mulai dari pekerja sampai dengan para pengusaha dan pecinta otomotif tidaklah melulu laki-laki, karena kini banyak wanita yang mencintai dunia otomotif. Masyarakat dengan ekonomi yang menengah keatas, biasanya lebih suka membeli mobil baru dan lebih suka mobil-mobil yang dikeluarkan merk mobil ternama yang ada di seluruh dunia.

4. Jangan beli mobil dari makelar

Ketika mencari mobil bekas yang akan diperbaiki, sebaiknya jangan membeli mobil dari makelar dan jangan terlalu percaya pada makelar mobil. Makelar pasti menjual mobil bekas kepunyaannya dengan harga yang tinggi dan jangan mempercayakan pembelian mobil bekas kepada makelar atau orang lain. Sebaiknya jalankan bisnis dengan terjun langsung mencari mobil bekas dan amati sendiri kondisi mobil yang di incar.

Jasa makelar memang mempermudah dalam proses pembelian mobil bekas, namun resiko menggunakan jasa makelar sangatlah tinggi dan pembiayaan akan semakin besar, apabila menggunakan jasa makelar. Memperoleh mobil bekas memang gampang-gampang susah dan perlu ketelitian untuk mendapatkan mobil dengan kualitas baik, minat terhadap otomotif perlu dimiliki seorang pebisnis jual beli mobil bekas.

5. Cari tau mobil yang banyak dicari

Penelitian adalah proses yang penting dalam menjalankan bisnis jual beli mobil bekas dan teliti saat membeli mobil, menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan. Survey keinginan pasar, akan memudahkan para pebisnis dalam menentukan mobil pilihannya dan ada beberapa mobil yang disukai masyarakat Indonesia seperti Avanza, Xenia, Datsun dan berbagai merk mobil lainnya.

Datsun menjadi salah satu jenis mobil yang banyak disukai wanita, karena bentuknya yang lumayan mini dan memiliki desain yang minimalis. Banyak sekali pecinta mobil yang memburu mobil datsun bekas dan harga pasaran mobil datsun bekas sangatlah bervariasi, tergantung dari kondisi mobilnya. Sedangkan avanza banyak disukai para karyawan, karena memiliki daya tampung yang maksimum dan avanza menjadi salah satu mobil yang irit bensin.

6. Lokasi Showroom harus strategis

Untuk membuka showroom mobil yang banyak dikunjunggi pecinta otomotif, sebaiknya pilihlah lokasi showroom yang strategis dan lokasinya harus dipinggir jalan, tidak boleh masuk gang. Semakin strategis lokasi showroom, maka akan semakin cepat pula perkembangan bisnis dan pilihlah showroom yang memiliki area parkir luas, karena konsumen yang datang kemungkinan banyak menggunakan mobil.

Untuk bisa memiliki showroom di pinggir jalan, tentu membutuhkan biaya yang sangat besar dan salah satu caranya dengan melakukan penyewaan lokasi showroom. Kini banyak pebisnis yang menggunakan sistem sewa dalam pengembangan usahanya dan pilihlan lokasi showroom yang mudah dijangkau para konsumen. Semakin strategis lokasi showroomnya, maka akan semakin besar pula peluang memperoleh keuntungan.

7. Ikuti lelang

Lelang adalah acara yang digunakan untuk menjual berbagai jenis barang dan lelang sangatlah menguntungkan bagi penjual serta konsumen. Saat lelang diadakan, tentu banyak mobil bekas yang sengaja dijual dan harga mobil bekas secara lelang biasanya lebih murah. Tentu memperbaiki mobil dan membeli mobil baru menjadi sebuah hal yang menyenangkan.

Lelang biasanya dilakukan dari pemilik yang mengalami kredit macet dan mobil yang dilelang berasal dari pihak leasing. Mpbol yang sebelumnya digunakan untuk kepentingan pribadi atau mobil perorangan, biasanya memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan mobil bekas travel dan lelang juga seringkali menyediakan berbagai jenis mobil dengan surat kendaraan yang lengkap.

8. Selisih harga

Selisih harga yang terjadi di pasar penjualan mobil bekas, sangat berpengaruh terhadap penjualan mobil dan konsumen akan sensitif tentang perbedaan harga. Konsumen akan memilih showroom yang menawarkan harga lebih murah, dibandingkan dengan showroom yang kuat dengan harga penawaran dan ada banyak jenis mobil yang memiliki harga rendah di Indonesia.

Kisaran mobil yang biasanya dijual di showroom mobil adalah Rp.50.000.000 sampai dengan Rp.150.000.000 dan harga mobil yang harganya mahal, biasanya memiliki tahun terbaru. Biasakan menawarkan harga yang bervariatif terhadap konsumen dan jangan biarkan keuntungan hanya sedikit, karena akan merugikan.

Itulah ulasan lengkap mengenai tips jual beli mobil bekas dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Artikel Terkait


Modal Terpenting yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Es Krim

Inilah 8 Bisnis yang Menguntungkan di Bidang Pertanian

Ini Dia 8 Tips Membuka Usaha Makanan Bagi Pemula

Ini Dia 7 Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Anak Muda

Motivasi dan Tips Bagi Anda Para Pebisnis

Ini Dia Alasan Perlunya Usaha Sampingan dan Faktor Gagalnya Bisnis Sampingan

Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Ingin Sukses? Inilah 16 Tips Sukses Bisnis ala Orang China

Bisnis Online? Ini Dia 8 Keuntungan Bisnis Online

5 Tips Mendapatkan Keuntungan dari Investasi Forex


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.