Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

India adalah negara yang terkenal dengan drama-dramanya yang keren dan ada banyak artis India yang menjadi idola di dunia. India memiliki tradisi yang sangat unik dan kehidupan masyarakatnya sangatlah kritis. Bukan hanya soal dramanya, India juga memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk dikunjunggi dan tempat wisata yang ada di India sangatlah bervariasi. Salah satu hal yang banyak diburu wisatawan saat ke India adalah sajian kulinernya.

Ada banyak kuliner khas India yang memiliki rasa yang enak dan semua makanan India, pasti mengandalkan rempah alami. Perkembangan India semakin cepat di era teknologi dan banyak masyarakat India yang sudah mendapatkan kesejahteraan. Berwisata ke India menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan, karena berbagai fasilitas wisatanya sudah lengkap dan ada berbagai makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke India. Berikut ini adalah makanan khas India yang cocok untuk dinikmati:

1. Biryani

Biryani adalah salah satu makanan khas India dan penyajian makanan ini sangatlah spesial. Makanan ini berbahan dasar nasi yang dicampurkan dengan rempah pilihan dan ada beberapa tambahan yang bisa dilakukan seperti menambahkan sayuran segar ataupun daging. Menemukan Biryani di India sangatlah mudah dan cara mendapatkan makanan ini bisa dilakukan dengan cepat.

Biryani selalu disajikan dengan proses memasak yang unik dan langkah awal yang dilakukan adalah mencuci beras, kemudian direbus dalam panci. Ada beberapa makanan pelangkap yang bisa ditambahkan seperti aneka daging dengan sayuran dan Biryani sangat cocok dinikmati pagi hari, karena bisa membuat tubuh menjadi bertenaga.

2. Naan

Naan adalah salah satu contoh makanan India yang berbahan dasar tepung ragi dan makanan ini bentuknya menyerupai roti. Naan menjadi makanan tradisional yang disukai masyarakat India dan makanan ini dijual di berbagai tempat di India. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat, menjadikan roti ini laku di India. Roti ini sering dijadikan buah tangan para wisatawan yang datang ke India.

Naan adalah makanan yang kaya akan gizi dan sangat baik dikonsumsi anak-anak. Naan adalah makanan yang tahan lama, jadi bisa dijadikan oleh-oleh saat datang ke India dan naan bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Naan banyak dicari masyarakat Indonesia, karena banyak menyukai makanan ini dan cara mendapatkan makanan ini di indonesia sangatlah mudah, karena banyak pihak yang menjual naan.

3. Samosa

Camilan adalah makanan penting yang bisa menggantikan makanan pokok dan camilan sangat nikmat dikonsumsi saat sedang bersantai. India dalah negara yang memiliki banyak sekali camilah khas dan salah satu camilan khas India yang sangat populer adalah Samosa. Rasanya yang sangat manis dan sangat gurih dirasakan mulut menjadi kelebihan samosa.

Tak hanya bisa ditemukan di India saja, Samosa bisa didapatka di Indonesia dan makanan ini banyak dijual di Jakarta. Makanan ini memang memiliki keunikkan tersendiri dan kini samosa memiliki varian rasa yang variatif, karena demodifikasi menjadi berbagai macam rasa. Rasa samosa yang banyak dicari adalah rasa cokelat dan rasa susu.

4. Gulab Jamun

Gulab Jamun adalah salah satu makanan khas India yang sudah populer di beberapa negara lain dan makanan ini sangat cocok dijadikan makanan penutup. Gulab jamun memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang sangat renyah. Makanan ini sangat cocok dinikmati dengan keluarga dan bisa dikonsumsi dengan berbagai tambahan minuman segar khas India.

Gulab Jamun memiliki bentuk yang bulat kecil dan pembuatan makanan ini terdiri dari susu cair, susu bubuk, mentega leleh serta bisquick. Adonan makanan ini dibentuk dengan tangan menjadi bulat dan makanan ini gigoreng sampai matang. Kemudian rendamlah dengan air mawar dan diamkanlah sampai beberapa waktu. Gulab Jamun sangat nikmat dikonsumsi malam hari, setelah selesai makan malam.

5. Kulfi

Kulfi adalah makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia, walaupun makanan ini berasal dari India dan makanan ini banyak dijual di negara Indonesia. Kulfi adalah makanan yang sering dijadikan pencuci mulut setelah makan dan makanan ini memiliki rasa yang sangat lezat. Bahan dasar pembuatan kulfi adalah susu segar dengan gula yang direbus dengan api yang kecil.

Kulfi biasanya dijual dengan gerobak di kaki lima dan harga kulfi sangatlah terjangkau. Makanan ini dijual di India dengan menggunakan wadah yang terbuat dari tanah liat dan kulfi biasanya disajikan dengan rasa manggan, mawar dengan vanili. Makanan ini menjadi camilan yang banyak dicari di india dan banyak juga wisatawan asing yang memburu makanan ini di india.

6. Dosa

Makanan yang bisa dikonsumsi manusia memang sangatlah bervariasi dan setiap makanan, pasti memiliki kelebihannya masing-masing. salah satu negara yang memiliki banyak sajian kuliner enak adalah India dan makanan India biasanya disajikan dengan berbagai cara yang unik. Berwisata ke India menjadi hal yang tepat dilakukan, karena India kaya akan tempat kuliner dan beragam sajian kulinernya.

DOsa menjadi salah satu makanan khas India yang sangat disukai masyarakat India dan makanan ini memiliki rasa yang sangat enak. Makanan kering ini memiliki tekstur yang sangat renyah dan menjadi makanan buruan para wisatawan. Makanan ini rendah akan kandungan lemak dan mengandung karbohidrat yang sangat tinggi.

7. Chapati

Drama bollywood adalah salah satu tontonan yang banyak disukai masyarakat dunia dan salah satu negara yang memiliki penggemar bolywood banyak adalah Indonesia. Salah satu makanan yang selalu hadir dalam drama bollywood adalah Chapati yang merupakan makanan khas India dan makanan ini banyak digunakan sebagai makanan yang dikonsumsi para artis bollywood.

Chapati adalah makanan sejenis roti yang menggunakan rasa yang sangat khas dan makanan ini ditambahkan dengan perisa untuk menambah cita rasanya. Makanan ini sangat nikmat disajikan dengan menggunakan lauk berbumbu dan makanan ini bisa disajikan untuk panganan keluarga, karena aman dikonsumsi semua kalangan.

8. Jalebi

Jalebi adalah makanan khas India yang banyak ditemukan di berbagai kawasan dan makanan ini sangat cocok dijadikan buah tangan saat berkunjung ke India. Berwisata ke India menjadi hal yang sangat menyenangkan, karena India memiliki fasilitas wisata yang sangat lengkap dan sajian kuliner Indiapun sangat beragam, sehingga bisa memanjakan para pengunjung.

Jalebi adalah sejenis permen yang memiliki rasa manis dan makanan ini sangat aman dikonsumsi semua kalangan. Harga makanan ini sangatlah murah dan makanan ini memiliki tekstur yang sangat kenyal. Jalebi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena memiliki jumlah kalori yang sangat banyak dan makanan ini bisa dikonsumsi dengan tambahan minuman khas India yang miliki rasa manis.

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan khas India yang cocok untuk dinikmati dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Artikel Terkait


Berburu Nikmatnya 11 Kuliner Pasar Glodok yang Legendaris

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.