Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia dan sering disebut dengan kota metropolitan. Jakarta menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Indonesia, karena Jakarta menjadi pusat bisnis dan pusat perekonomian di Indonesia. Ragam budaya berkumpul untuk melakukan berbagai kegiatan perekonomian dan jumlah penduduk Jakarta sangatlah berlimpah, karena banyak pendatang yang mengadu nasib.

Berlimpahnya masyarakat Jakarta, membuat persaingan perekonomian sangatlah ketat dan banyak masyarakat Jakarta yang membutuhkan liburan. Kini banyak sekali tempat wisata seru yang bisa dijadikan tempat liburan dan ada berbagai jenis tempat wisata seperti wisata religi, wisata edukasi, wisata malam, wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah. Berikut ini adalah tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk liburan:

1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu taman bermain yang berlokasi di alan Lodan Timur No. 7, RW 10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara dan TMII sudah populer sejak lama di Indonesia. Ada berbagai wahana menarik yang tersedia di TMII seperti Dunia Fantasi atau Dupan, Sea World, Samudera Dolphin Park Ancol, Ocean Ecopark dan Atlantis Water Adventure.

Dupan menjadi bagian TMII yang memiliki berbagai fasilitas unik seperti Kora-kora, Gajah Bledug dan Hysteria. Sedangkan Sea World sangat disukai oleh anak-anak, karena mengusung konsep bermain yang digabungkan dengan konsep edukasi dan atraksi lumba-luba bisa disaksikan di Samudera Dolphin Park Ancol. Saat berkunjung ke Ocean Ecopark, para pengunjung bisa merasakan berbagai kegiatan seru dan pengunjung juga bisa merasakan wahana air yang sangat seru di Atlantis Water Adventure.

2. Kidzania Jakarta

Kidzania Jakarta adalah tempat wisata edukasi yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan dan tempat ini sangat cocok dijadikan area liburan bagi anak-anak. Bermain dengan suasana yang sangat seru, akan membuat anak-anak betah berlama-lama dan merasakan keseruan yang tidak ada duanya.

Kidzania Jakarta menyediakan berbagai objek wisata berbentuk kecil atau miniatur seperti miniatur rumah sakit dan miniatur kawasan industri. Anak-anak dapat memperlajari berbagai profesi yang ada di Indonesia dan anak-anak bisa memerankan semua profesi dengan sangat sederhana. Proses interaksi antara anak-anak akan menjadikan cara belajar yang positif dan anak-anak akan saling menghargai dengan berbagai perbedaan.

3. Makam Mbah Priok

Makam Mbah Priok adalah salah satu tempat wisata religi yang populer di Jakarta dan Makam Mbah Priok berlokasi di Jalan Pasar Koja RW.1, Koja, Jakarta Utara. Makam ini selalu dipadati banyak pengunjung yang berasal dari berbagai daerah dan kedatangan pengunjung rata-rata untuk berziarah kubur. Area parkir disekitar makam sangatlah luas dan memudahkan pengunjung yang berkunjung.

Kini makam mbah priuk menjad cagar budaya yang sangat bersejarah di Jakarta dan ada berbagai fasilitas penunjang makam yang dibangun dengan sangat baik. Disekitar area makam, ada sebuah aliran air bersih yang sering digunakan pengunjung untuk berwudhu dan setiap malam jumat banyak pengunjung yang datang untuk berdoa.

4. Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Betawi H. Ma’ruf adalah salah satu tempat makan soto betawi yang berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat dan soto betawi memiliki cita rasa yang sangat khas. Lokasinya yang berdekatan dengan Komplek Taman Ismail Marzuki membuat Soto Betawi H. Ma’ruf selalu dipenuhi banyak pengunjung dan harga soto yang ditawarkan sangatlah terjangkau.

Tempah ini tak hanya menyediakan sajian soto, namun ada beberapa menu lain seperti laksa dan sate Betawi. Tak hanya warga betawi yang menyukai sotonya, namun banyak pula pengunjung yang datang dari berbagai wilayah dan cita rasa sotonya yang khas bisa membuat para pengunjung ketagihan. Sotonya aman dikonsumsi semua orang dan banyak pula anak-anak yang memesan makanan khas Jakarta ini.

5. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas adalah tempat wisata yang bisa dikunjunggi pada siang atau malam hari dan Monas berlokasi di Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Monas bisa dijadikan tempat wisata malam yang sangat menarik dan sangat cocok dikunjunggi dengan pasangan, karena memiliki suasana malam yang sangat romantis.

Monas juga salah satu tempat wisata yang sangat bersejarah dan menjadi simbol perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan pada jaman dulu. Pengunjung yang datang ke Monas berasal dari berbagai wilayah di Jakarta dan Monas menjadi tujuan wisata edukasi bagi para pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Berkunjung ke Monas menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan memberikan banyak ilmu sejarah tentang bangsa Indonesia.

6. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di Jl. Harsono No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan dan menjadi salah satu kebun binatang terbesar yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali satwa yang disediakan di tempat ini dan setiap hewan memiliki keunikkannya masing-masing. Tak hanya hewan, banyak juga tumbuhan yang disediakan dari berbagai jenis dan berbagai fasilitas wisaa disediakan pihak pengelola dengan sangat baik.

Ada berbagai kawasan unggulan yang disediakan di Kebun Binatang Ragunan seperti Taman Refleksi, Taman Satwa Anak dan Pusat Primata Schmutzer. Pengunjung yang datang ke kebun binatang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan Kebun Binatang Ragunan sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata edukasi bagi anak-anak.

7. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium adalah tempat wisata unik yang berlokasi di Jalan Letjen. S. Parman No. 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat dan tempat ini menyuguhkan berbagai keberagaman satwa yang ada di Indonesia. Pengunjung yang datang ke Jakarta Aquarium berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan tempat ini memiliki daya tarik wisata yang sangat tinggi.

Jakarta Aquarium memiliki fasilitas andalan bagi para pengunjung yaitu menyelam bersama hiu dan kegiatan ini dilakukan dengan instruktur yang sudah berpengalaman. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi seperti Otter Tunnel dan Touch pool. Tempat wisata ini sangat cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga dan memberikan edukasi bagi anak-anak.

8. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta adalah salah satu masjid bersejarah yang berlokasi di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat dan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini memiliki bangunan yang sangat megah dan sangat cocok dijadikan tempat untuk berwisata religi di Jakarta.

Masjid Istiqlal Jakarta lokasinya berhadapan dengan Gereja Katedral dan menjadi simbol toleransi antar umar beragama. Masjid Istiqlal Jakarta sangat nyaman dijadikan tempat ibadah dan banyak pengunjung yang sengaja datang berkunjung untuk berwisata religi. Setiap harinya banyak pengunjung yang merasakan ibadah di masjid yang sangat megah.

Demikian ulasan lengkap mengenai tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk liburan dan semoga artikel ini memberikan banyak manfaat bagi para pengunjungnya.

Artikel Terkait


Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Tidak Perlu Jauh-jauh Ke Eropa, Little Venice Bogor Tempatnya

Wisata Sambil Mengenal Berbagai Hewan Purba Di Museum Zoologi Bogor

Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling

5 Kuil di Kyoto Jepang dengan Pemandangan Mengagumkan

Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

Inilah 13 Tempat Wisata Curug di Majalengka yang Pas Untuk Liburan

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

5 Wisata Hits di Nusa Penida Bali

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda

Wisata Belanja di Seoul Korea Selatan yang Harus Anda Kunjungi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.