Inilah 8 Bisnis Offline yang Bisa Dijalankan dari Rumah

Kini tinggal di wilayah pedesaan bukanlah hal mengkhawatirkan, karena pembangunan telah sampai ke desa-desa dan akses jalan yang semakin baik, memungkinkan masyarakat desa untuk membuka bisnisnya. Banyak sekali masyarakat desa yang memiliki hijrah atau pindah ke kota besar demi mendapatkan pekerjaan yang layak dan mencoba buka usaha di kota. Tak perlu ke kota, kini masyarakat desa bisa menjalankan bisnis di daerah pedesaan.

Kini dengan perkembangan internet yang semakin pesat, membuat peluang meraih penghasilan menjadi lebih besar dan kemajuan internet membantu masyarakat desa untuk berkembang. Banyak sekali jenis bisnis yang bisa dijalankan di daerah desa dan setiap bisnis bisa dijalankan disekitar rumah. Berikut ini adalah bisnis offline yang bisa dijalankan dari rumah:

1. Potong Rambut

Potong rambut adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan banyak orang dan potong rambut biasanya dilakukan 1-3 bulan sekali. Potong rambut adalah salah satu bisnis yang bisa dijalankan di wilayah pedesaan dan bisa dijalankan di rumah. Kini memotong rambut tidak hanya menggunakan gunting biasa, namun ada gunting yang menggunakan mesin dan potong rambut menjadi salah satu cara untuk memperbaiki penampilan, agar tampil percaya diri.

Anak-anak yang sudah bersekolah, pasti diharuskan memotong rambut supaya rapih dan kerapihan rambut menjadi salah satu penerapan disiplin di sekolah. Bagi anak perempuan, rambut menjadi salah satu hal yang harus dijaga dengan baik dan rambut menjadi mahkota semua perempuan. Membuka jasa potong rambut di rumah, tentu sangat menguntungkan dan bisa menghasilkan pendapatan yang konsisten.

2. Ternak Ayam

Salah satu bisnis yang bisa dijalankan di daerah pedesaan adalah ternak ayam dan ternak ayam menawarkan keuntungan yang sangat besar. Ayam tidak hanya dagingnya saja yang bermanfaat, namun bisa juga diambil telurnya dan penikmat daging ayam sangatlah banyak. Popularitas ayam di Indonesia sangatlah tinggi dan ayam seringkali dijadikan makanan utama masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, kotoran ayam juga sangat bermanfaat untuk penyuburan tanaman dan pupuk kandang sangat banyak yang menggunakannya. Harga pupuk kandang memang tidak mahal, namun manfaat pupuk kandang bisa membuat kesuburan tanaman dan beternak ayam bisa dilakukan di area rumah. Harga ayam yang cenderung naik, akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan.

3. Jamur Tiram

Jamur Tiram adalah salah satu makanan yang disukai banyak orang dan jamur tiram menjadi salah satu bisnis yang bisa dijalankan di daerah pedesaan. Bisnis jamur tiram bisa dijalankan dengan modal yang kecil dan tidak memerlukan area yang terlalu luas. Media yang digunakan sangatlah sederhana seperti serbuk yang terbuat dari kayu, kapur dan dedak yang biasanya digunakan untuk pakan ternak.

Perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk membuka bisnis jamur tiram adalah drum bekas dan plastik. Berbagai perlengkapannya yang mudah didapat, tentu sangat memudahkan untuk berbisnis jamur tiram dan keuntungan jamur tiram bisa sangat besar, apabila dikelola dengan baik. Untuk mempelajari proses pembuatan jamur tiram, bisa mengakses youtube dan mencari tutorial pembuatannya.

4. Ternak Lele

Ternak Lele adalah bisnis yang cocok digunakan di kawasan pedesaan, karena kawasan pedesaan sangat identik dengan pesawahan dan kondisi air di pedesaan biasanya sangatlah bersih. Lele adalah salah satu hewan air yang tahan terhadap berbagai macam cuaca dan harga lele sangatlah stabil dipasaran.

Ternak lele menjadi salah salah satu sektor usaha yang sangat menguntungkan dan banyak peternak lele yang sukses, karena ikan ini banyak dicari. salah satu makanan olahan lele yang paling terkenal adalah pecel lele dan penjual pecel lele tersebar diseluruh Indonesia. Harga lele sangatlah terjangkau dan disukai berbagai lapisan masyarakat.

5. Jasa Laundry

Mencuci pakaian adalah kegiatan yang tidak disukai sebagian orang dan mencuci dianggap pekerjaan yang melelahkan. Untuk meringankan pekerjaan, kini banyak jasa laundry yang menjamur di Indonesia dan semua jasa laundry memiliki kelebihannya masing-masing. Jasa laundry sangat dicari pekerja yang memiliki kesibukkan.

Membuka jasa laundry menjadi salah satu cara untuk mengembangkan usaha dan jasa laundry kini banyak dibutuhkan di desa-desa, karena pemerataan sudah sangat berdampak pada ekonomi masyarakat. Peluang usaha jasa laundry menawarkan keuntungan yang sangat besar, apabila dikerjakan dengan baik dan harga jasa laundry sangatlah terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

6. Membuka jasa jahit

Menjahit adalah kegiatan untuk membuat pakaian atau berbagai perlengkapan busana dan menjahit menjadi bisnis yang tidak ada matinya. Kini dunia fashion Indonesia sangatlah berkembang dengan pesat dan banyak masyarakat yang mementingkan fashion. Fashion dibuat dari mulai celana sampai dengan kerudung.

Membuka jasa menjahit tidak memerlukan modal yang terlalu besar, karena cukup dengan modal 4 jutaan saja sudah bisa menjalankan bisnis dan bisnis ini bisa dijalankan di daerah pedesaan. Jasa menjahit memang sangat dicari, karena gaya busana jaman sekarang sangatlah penting dan digunakan banyak orang.

7. Cetak foto

Cetak foto adalah salah satu bidang pekerjaan yang mengandalkan kecanggihan printer dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah printer, komputer atau laptop dan kamera yang layak untuk berfoto. Kini keperluan untuk membuat ijasah atau membuat dokumen lainnya, pasti membutuhkan foto formal yang ukurannya beragam dan dengan membuka jasa cetak foto tentu sangat menguntungkan.

Cetak foto bisa dijalankan di rumah dan cetak foto menggunakan modal yang tidak terlalu besar. Keahlian yang diperlukan adalah edit gambar di photoshop atau corel draw dan print foto selalu dicari banyak orang untuk perlengkapan dokumen. Edit gambar dengan sederhana dan lakukan print dengan baik, menjadi pekerjaan jasa cetak foto.

8. Warung kelontong

Warung kelontongan adalah salah satu bisnis yang banyak dijalankan di pedesaan dan pekerjaan ini memerlukan modal yang tidak terlalu besar, karena bisa membuka warung kelontong secara bertahap. Warung kelontong adalah warung yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan sehari-hari dan menjadi salah satu bidang usaha yang banyak dilakukan masyarakat. Keberadaan warung kelontong sangat dicari oleh masyarakat di desa.

Menyediakan stok barang adalah salah satu tugas yang harus dijalankan dengan baik dan carilah grosir perlengkapan yang memiliki harga rendah, agar produk dijual tidak terlalu mahal. Jika dijalankan dengan baik, warung kelontong dapat menghasilkan laba yang sangat besar dan banyak orang yang berhasil sukses melalui warung kelontong.

Demikian ulasan lengkap mengenai bisnis offline yang bisa dijalankan dari rumah dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Artikel Terkait


Ini Dia 8 Tips Membuka Usaha Makanan Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Ingin Sukses? Inilah 16 Tips Sukses Bisnis ala Orang China

10 Hal yang Dicari Investor Agar Mau Berinvestasi Kepada Anda

Ini Dia 7 Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Anak Muda

Manfaat dan Cara Menjalani Bisnis Dropship

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Berikut Tips Investasi Forex Indonesia Bagi Para Pemula

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Bisnis Online? Ini Dia 8 Keuntungan Bisnis Online


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.