Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan


Tubuh Ideal adalah impian semua orang, karena kepercayaan diri akan muncul saat kondisi fisik sempurna dan mendapatkan tubuh ideal bukanlah sebuah hal yang mudah, karena perlu ada berbagai hal yang dilakukan. Miliki tubuh yang terlalu besar akan menghambat berbagai kegiatan sehari-hari dan memiliki tubuh terlalu kecil, akan membuat kondisi tubuh tak seimbang.

Kelebihan berat badan biasanya akibat dari pola makan yang kurang teratur dan faktor keturunan, namun semua masalah berat badan bisa diminimalisir dengan pola hidup yang sehat. Melakukan kegiatan yang berlebihan, bisa menghasilkan sesuatu yang buruk dan saat makan berlebihan, tentu sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Salah satu cara membuat tubuh ideal adalah dengan rutin olahraga dan ada banyak kenis olahraga yang bisa dimainkan di rumah atau di lingkungan sekitar rumah. Saat memiliki kesibukan yang tinggi, tentu sulit menyiapkan waktu untuk olahraga dan ada beberapa olahraga yang bisa dijalankan saat waktu libur. Berikut ini Olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Jogging

Jogging adalah olahraga yang banyak disukai masayarakat Indonesia, karena olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan dan olahraga ini bisa dilakukan di berbagai tempat seperti jalan raya ataupun di lapangan. Jogging menjadi olahraga yang sangat menyehatkan, karena dengan jogging keringat akan keluar dari dalam tubuh dan mengeluarkan berbagai penyakit yang ada di tubuh. Orang yang mudah berkeringat menandakan bahwa orang tersebut sangat sehat dan kondisi kesehatannya berjalan dengan baik.

Jogging baik dilakukan pagi hari dan jogging bisa membuat berbagai otot tubuh bergerak. Untuk olahraga jogging tidak perlu mengeluarkan biaya dan jogging juga bisa dilakukan pada sore hari, saat matahari sudah mau tenggelam. Minimal seminggu 3 kali untuk melakukan kegiatan Jogging, maka berat badan akan stabil dan kondisi kesehatan dapat terjaga dengan baik.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang bisa dijalankan di rumah ataupun di tempat yang sudah disiapkan dan yoga tidak memerlukan banyak tempat. Yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa membuat tubuh ideal dan yoga bisa membuat tubuh menjadi sehat. Yoga akan menghasilkan bentuk tubuh yang ideal, apabila dilakukan dengan cara yang benar dan sebaiknya belajarlah yoga dari instruktur yoga yang ahli.

Pada dasarnya semua olahraga bermanfaat bagi kesehatan, namun tidak semua olahraga bisa menurunkan berat badan dan yoga menjadi olahraga yang populer di Indonesia, banyak orang yang rela membayar mahal instruktur yoga untuk berlatih. Yoga menjadi olahraga rumahan yang banyak dilakukan oleh wanita sibuk atau wanita karir dan olahraga yoga bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Yoga terbukti ampuh untuk membakar kalori di tubuh dan bisa menghilangkan berbagai lemak di perut.

3. Bersepeda

Sepeda adalah salah satu alat transportasi tanpa mesin yang sudah ada sejak jaman dulu dan menjadi alat transportasi tradisional yang sangat baik. Penggunaan sepeda sangat mengandalkan kekuatan kaki dan keseimbangan badan menjadi sebuah hal yang penting. Menggunakan sepeda harus dengan konsentrasi yang tinggi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan sepeda juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mengayuh sepeda bisa menurunkan berat badan, karena saat kaki mengayuh banyak kalori yang terbakar dan menggunakan sepeda secara rutin akan menghasilkan tubuh yang ideal. Sepeda tidak akan menimbulkan polusi udara dan menggunakan sepeda sangat minim resiko, jika dibandingkan dengan penggunaan motor atau mobil. Harga sepeda sangatlah bervariasi, karena disesuaikan dengan ukuran dan banyak pula sepeda yang dirancang khusus untuk anak-anak, hal ini akan membuat anak-anak menjadi sehat.

4. Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga sederhana yang sangat tradisional, karena sudah sejak dulu dimainkan oleh anak-anak di Indonesia dan jaman dulu talinya terbuat dari karet gelang yang disusun, sedangkan sekarang dibuat khusus yang disebut dengan skipping. Lompat tali bisa dimainkan diberbagai tempat, karena tidak memerlukan lokasi yang luas dan olahraga ini bisa dimainkan secara individu ataupun berkelompok.

Gerakannya yang melompat-lompat, akan membuat banyak kalori terbakar dan bisa menurunkan berat badan seseorang. Melakukan lompat tali secara rutin, bisa membuat tubuh menjadi ideal dan lompat tali olahraga yang tidak perlu memiliki keahlian khusus, hanya perlu kemauan yang tinggi untuk olahraga. Olahraga lompat tali bisa dimainkan oleh pria atau wanita dan bisa dimainkan oleh anak-anak juga, karena jaman dulu lompat tali identik dengan permainan anak-anak.

5. Berenang

Berenang adalah olahraga air yang sangat menyenangkan dan sangat menyehatkan. Olahraga ini hanya bisa dimainkan di kolam renang dan ada berbagai teknik renang yang penting untuk dipelajari. Saat berenang, ada banyak kalori yang terbakar dan renang bisa menghasilkan tubuh yang ideal. Renang harus dilakukan secara rutin dan dijalankan dengan teknik yang benar.

Banyak orang yang hobi berenang dan banyak orang yang sengaja membuat kolam renang di rumahnya. Saat berenang, seluruh otot tubuh akan bergerak dan banyak kalori yang terbakar dengan baik. Renang juga dipercaya mampu menaikkan tinggi badan dan banyak atlet renang yang miliki tubuh ideal serta tinggi. Untuk menghasilkan tubuh ideal dengan berenang, perlu berlatih renang dengan ahlinya dan mempelajari teknik renang dengan baik serta benar.

6. Senam

Senam adalah olahraga yang sangat populer sejak lama dan senam poco-poco menjadi teknik yang paling digemari, karena gerakan-gerakannya sangat mudah untuk ditiru. Senam biasanya dipadukan dengan irama musik dan gerakan-gerakan senam biasanya memerlukan energi yang lebih. Saat melakukan senam, biasanya banyak keringat yang keluar dan senam bisa dilakukan oleh banyak orang atau beregu, hal inilah yang membuat senam masih digemari di Indonesia.

Senam dipercaya mampu membakar kalori dalam tubuh dan bisa membentuk tubuh menjadi ideal. Senam harus dilakukan secara rutin dan harus dilakukan dengan teknik yang benar, agar senam bisa menghasilkan atau membantuk tubuh sesuai keinginan. Sejak sekolah senam memang terus diajarkan dan selalu dijalankan di semua tingkatan sekolah. Ada banyak model atau artis cantik yang selalu rutin melakukan senam dan kesehatannya terjaga setiap hari.

7. Kick Boxing

Kick Boxing adalah olahraga yang ideal dimainkan oleh laki-laki, namun sebenarnya wanita juga layak bermain kick boxing dan olahraga kick boxing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kick Boxing menjadi olahraga yang memadukan teknik muay thai dengan teknik tinju dan saat melakukan olahraga kick boxing, seluruh tubuh akan bergerak serta banyak kalori dalam tubuh yang terbakar.

Manfaat olahraga kick boxing yang paling menonjol adalah bisa menurunkan berat badan dan bisa menghasilkan bentuk tubuh yang ideal. Gerakan kick boxing tentu memerlukan berbagai teknik khusus dan olahraga ini sangat mengandalkan kekuatan fisik.

Demikian ulasan lengkap mengenai Olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat buat para pembacanya.

 

Artikel Terkait


10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Ini Dia 7 Tips Untuk Mencegah dan Mengusir Nyamuk

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala

Inilah 11 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.