Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

Makanan adalah salah satu hal wajib yang harus dikonsumsi manusia, karena dengan makanan yang bergizi dan mengandung protein, manusia bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Ada banyak makanan khas daerah yang telah populer di Indonesia dan setiap masakan daerah pasti memiliki kelebihannya masing-masing.

Banyak sekali jumlah kuliner populer di Indonesia dan ada beberapa kuliner yang sudah ke mancanegara. Kuliner khas daerah biasanya memiliki racikan nenek moyang dan dijual dengan harga yang terjangkau. Olahan makanan memang sangat bervariasi dan olahan makanan disesuaikan dengan selera konsumennya. Berikut ini adalah makanan khas daerah yang populer di Indonesia:

1. Papeda Papua

Papeda adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia dan papeda menjadi makanan yang berasal dari Papua. Papeda menjadi makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu dan proses pembuatan papeda tidaklah terlalu sulit dan makanan ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.Ada beberapa makanan pelengkap yang biasa disajikan seperti ikan kuah yang pedas dan sayur-sayuran segar.

2. Mie Aceh

Mie aceh adalah salah satu mie yang terkenal di Indonesia dan makanan khas aceh ini banyak disukai masyarakat Indonesia. Mie aceh terkenal dengan teksturnya yang sangat tebal dan adanya irisan daging yang ditambahkan bumbu rempah menambah nikmat rasa mie aceh. Mie aceh bisa disajikan dengan cara direbus, digoreng ataupun ditumis dan ada beberapa makanan yang bisa ditambahkan seperti kepiting, cumi dengan udang.

3. Tahu Sumedang

Tahu sumedang adalah salah satu makanan khas kabupaten Sumedang dan makanan ini sudah menyebar ke berbagai wilayah Indonesia. Tahu sumedang terkenal dengan rasanya yang nikmat dan teksturnya yang gurih. Tahu sumedang sangat nikmat di santap dengan keluarga dan sangat enak dikonsumsi saat masih hangat. Tahu sumedang biasanya disajikan dengan lontong yang dibungkus dengan daun pisang dan harga tahu sumedang sangatlah terjangkau.

4. Otak-otak

Otak-otak adalah salah satu jajanan yang sangat populer di Indonesia, terutama oleh anak-anak sekolah dan otak-otak sangat mudah didapatkan, karena banyak orang yang menjualnya. Otak-otak adalah makanan tradisional yang berasal dari Kepulauan Riau dan makanan ini berasal dari ikan laut yang diolah menjadi makanan nikmat.

5. Pempek Palembang

Pempek palembang adalah salah satu makanan khas Palembang yang terletak di provinsi Sumatera Selatan dan menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Pempek palembang biasanya lebih nikmat jika ditambahkan dengan cuka dan harga pempek palembang sangatlah terjangkau. Pempek menjadi makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia dan tambahan timun menambah nikmat rasa pempek palembang.

6. Peuyeum Bandung

Peuyeum adalah salah satu makanan legendaris yang berasal dari Bandung dan makanan ini terbuat dari singkong. Peuyeum bisa dikonsumsi dengan kopi hangat dan Peuyeum memiliki cita rasa yang asam. Harga peuyeum bandung sangatlah terjangkau dan banyak masyarakat Indonesia yang menyukai. Kini penjualan peuyeum tidak hanya ada di Bandung saja, namun banyak dijual di daerah lain dan makanan ini menjadi nikmat dikonsumsi secara bersam-sama.

7. Kerak telor

Kerak telor adalah salah satu makanan khas Jakarta dan kerak telor menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Kerak telor seringkali dijadikan makanan yang menggoda selera dan harga kerak telor sangatlah terjangkau. Banyak penjual kerak telor yang menjual dagangannya di wilayah sekolah dan banyak anak-anak yang menyukai makanan tradisional ini. Sambal menjadi pelengkap kelezatan kerak telor dan sangat nikmat dipadukan dengan teh hangat.

8. Ubi Cilembu

Ubi cilembu adalah makanan khas daerah Cilembu yang ada di Kabupaten Sumedang Jawa Barat dan makanan ini berasal dari Ubi. Harga ubi cilembu sangatlah terjangkau dan makanan cocok dijadikan makanan pencuci mulut setelah makan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut sangat disukai banyak orang. Ubi Cilembu menjadi salah satu makanan tradisional yang sudah ada sejak jaman dulu dan disukai oleh berbagai kalangan.

9. Gudeg Jogja

Gudeg Jogja adalah makanan yang sangat populer di Indonesia dan gudeg menjadi makanan khas Jogjakarta. Gudeg adalah sayur yang dibuat dari pasakan nangka dengan santan dan proses pembuatan gudeg memerlukan waktu yang lama. Ada beberapa makanan pelengkapnya seperti nasi, kuah santal yang sangat kental sambal krecek dan telur.

10. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah makanan yang sangat identik dengan Jawa Timur dan makanan ini sangat populer di Indonesia. Rujak ini dibuat dengan mencampurkan olahan sayur dengan buah yang ditambahkan bumbu petis dan harga rujak cingur sangatlah terjangkau. Ada banyak masyarakat Indonesia yang menyukai rujak cingur dan rasanya yang sangat khas, banyak disukai semua kalangan di Indonesia.

11. Kepiting Soka

Kepiting adalah salah satu hewan yang banyak dijumpai di Indonesia dan menjadi hewan yang terdiri dari berbagai jenis. Kepiting soka menjadi salah satu makanan khas yang berasal dari Kalimantan Utara dan kepiting ini sangatlah unik, karena bisa dikonsumsi sampai ke cangkangnya. Kebanyakan kepiting soka memiliki kulit yang lunak dan memudahkan untuk dikonsumsi.

12. Martabak Bangka

Martabak Bangka adalah makanan yang sangat terkenal di Indonesia dan menjadi makanan yang sangat cocok dikonsumsi pada malam hari. Martabak bangka memiliki rasa yang manis dan teksturnya sangatlah menggoda lidah. Harga martabak bangka sangatlah terjangkau dan peminat martabak bangka sangatlah banyak, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

13. Sate Madura

Sate Madura adalah salah satu makanan tradisional yang berasal di Madura Jawa Timur dan menjadi makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Penjual sate Madura tersebar di berbagai tempat dan rasa sate madura sangatlah nikmat. Sate madura biasanya dijual dengan 2 jenis yaitu sate ayam dan sate kambing. Harga sate madura sangatlah terjangkau dan sate madura nikmat dengan tambahan sambal bumbu kacang.

14. Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat dan menjadi makanan yang berbahan dasar ayam. Ada berbagai tambahan bumbu bisa menambah kenikmatan ayam taliwang seperti cabe merah kering, garam, gula merah, tomat, terasi goreng dan berbagai bahan lainnya. Ayam taliwang banyak diminati masyarakat Indonesia dan harga ayam taliwang sangatlah terjangkau.

15. Rendang

Rendang adalah makanan populer yang berasal dari SUmatera Barat dan banyak konsumen yang menyukai rendang. Rendang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan sangat cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Kepopuleran rendang di Indonesia sangatlah tinggi, jumlah masyarakat yang menyukainya sangatlah banyak dan rendang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat.

16. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah salah satu jenis makanan khas Bali dan menjadi makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Ayam betutu biasanya memiliki bumbu yang sangat khas dan ayam betutu sangat cocok dikonsumsi bersama anggota keluarga.

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan khas daerah yang populer di Indonesia dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

 

 

Artikel Terkait


Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Wisata ke Thailand? Inilah 15 Makanan Nikmat Khas Thailand

Kuliner Palembang? Inilah 15 Makanan Khas Palembang yang Wajib di Ketahui

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.