Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

Bekerja seharian penuh di depan layar komputer atau handphone seringkali membuat mata merasa lelah. Saat mata sudah mulai lelah, pandangan akan menjadi buram, dan sulit untuk fokus kembali. Dampak yang lebih buruk lagi, radiasi yang disebabkan oleh layar tersebut juga bisa mengganggu kesehatan mata Anda. Untuk itu, selalu sempatkan untuk beristirahat dan beralih sejenak dari monitor ketika mata Anda sudah mulai lelah.

Sebagai salah satu indera manusia yang paling penting, kesehatan mata harus selalu dijaga termasuk makanan yang kita konsumsi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi seperti vitamin A yang sudah jelas bernutrisi bagi mata, vitamin C, protein, dan asam lemak omega-3 yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi. Sering berada di depan komputer atau handphone terlalu lama hati-hati itu bisa menurunkan daya penglihatan Anda karena sinar dari layar computer dan juga hp. Sering terkena radiasi cahaya, terutama dari elektronik membuat mata menjadi kering dan mengakibatkan mata menjadi perih, untuk memaksimalkan fungsi mata, ada 13 makanan berikut ini yang bisa Anda coba agar mata anda tetap sehat dan baik untuk kesehatan retina mata. Tentunya mengkonsumsi makan berikut ini akan membantu mata Anda lebih fresh lagi. Langsung saja Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Retina Mata.

  1. Paprika merah

Paprika adalah makanan yang baik untuk kesehatan retina mata karena mengandung vitamin C per kalori terbanyak. Itu bagus untuk retina mata Anda, dan menurut ilmu sains juga menunjukkan bahwa hal itu bisa menurunkan risiko terkena katarak. Ini ditemukan di banyak jenis makanan lainnya dan sayuran juga buah-buahan, termasuk bok choy, kembang kol, pepaya, dan stroberi. Namun untuk paprika merah jangan dimasak telalu panas, akan memecah vitamin C, jadi menikmatinya selagi mentah lebih baik, misalnya bisa ditambah gula dikit jika Anda ingin ada rasa manis. Paprika berwarna cerah juga mengandung vitamin A dan E yang ramah bermanfaat bagi kesehatan retina mata.

  1. Biji bunga matahari dan kacang-kacangan

Menurut United State Department of Agricultural (USDA) sebanyak 1 ons biji-bijian seperti, biji bunga matahari atau kacang almond memiliki setengah dari jumlah vitamin E yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa setiap hari. Mengonsumsi biji bunga matahari ataupun kacang-kacangan juga bisa membantu mencegah katarak. Hazelnut, kacang polong, dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E yang baik bagi retina mata.

  1. Ikan salmon

Retina Anda membutuhkan dua jenis asam lemak omega 3 untuk bekerja secara maksimal. Anda bisa menemukan jenis makanan yang baik bagi retina mata di dalam ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan trout, serta makanan laut lainnya. Omega 3 juga sepertinya melindungi mata Anda dari AMD dan glaucoma dengan tingkat rendah asam lemak ini telah dikaitkan dengan mencegah agar mata tidak kering.

  1. Ubi jalar

Buah dan sayuran yang berwarna oranye, seperti kentang manis, wortel, melon, mangga, dan aprikot mempunyai kandungan beta karoten yang tinggi, suatu bentuk vitamin A yang membantu penglihatan pada malam hari, kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang gelap. Satu ubi jalar juga memiliki lebih dari setengah vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dan sedikit vitamin E untuk menjaga retina mata Anda agar tetap sehat.

  1. Sayuran

Jenis sayuran seperti Kale, bayam, dan sayuran collard kaya akan vitamin C dan E. Sayuran tersebut juga memiliki lutein karotenoid dan zeaxanthin yang berfungsi menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk AMD dan katarak. Kebanyakan orang yang makan makanan barat tidak mendapatkan asupan cukup dari sayuran sehingga menyebabkan mata menjadi minus.

  1. Telur

Telur mengandung protein yang tinggi yang baik bagi retina mata. Warna kuning-oranye dari senyawa ini menghalangi sinar biru berbahaya untuk merusak retina mata Anda dan telur membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung di makula, bagian mata Anda yang mengendalikan penglihatan sentral sehingga jika mengonsumsi telur Anda juga membantu memberikan nutrisi pada retina mata Anda.

  1. Brokoli dan kubis brussel

Jenis Sayuran ini juga baik bagi retina mata, datang dengan kombinasi nutrisi-nutrisi unggulan lainnya seperti vitamin A (seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten), vitamin C, dan vitamin E yang merupakan jenis jenis vitamin dengan antioksidan yang melindungi sel-sel di mata Anda dari radikal bebas, sejenis dari molekul yang tidak stabil.

  1. Daging

Dengan mengonsumsi vitamin A dari hati ke retina Anda, di mana itu digunakan untuk membuat pigmen pelindung melanin di organ mata Anda. Tiram memiliki lebih banyak seng per porsi daripada makanan lainnya, namun dalam hal ini Anda tidak perlu menjadi pecinta kerang untuk mendapatkan nutrisi pada mata yang cukup. Daging sapi, daging babi, dan ayam adalah sumber yang bagus bagi kesehatan retina mata.

  1. Kacang-kacangan

Jika Anda lebih suka pilihan vegetarian, rendah lemak, tinggi serat untuk membantu menjaga penglihatan Anda tetap tajam di malam hari buncis juga mengandung seng tinggi, seperti kacang polong hitam, kacang merah, dan kacang lentil yang baik bagi retina mata. Sekaleng kacang panggang juga bagus untuk menjaga retina mata tetap sehat.

  1. Bawang putih

Bawang putih banyak terdapat di jenis masakan, bawang putih mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik di dalam mata Anda.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak pada mata. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik dan bermanfaat bagi kesehatan retina mata.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate ternyata dapat meningkatkan ketajaman penglihatan makanan ini pasti merupakan makanan yang Anda suka jika kalian adalah penggemar cokelat. Cokelat hitam mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah mata sehingga memperkuat kornea dan retina mata Anda. Jadi bagi Anda yang tidak menyukai wortel, mengkonsumsi dark chocolate murni bisa menjadi pilihan nih untuk menjaga kesehatan retina mata.

  1. Kol

Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet yang berbahaya. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22% jadi kol sangat banyak manfaatnya lho.

Itulah 13 makanan yang baik untuk kesehatan retina mata anda. semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata anda.

Artikel Terkait


Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Yoga atau Pilates, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Jangan Dibuang! Inilah Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.