Inilah 11 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat populer di Indonesia dan rasanya yang nikmat, membuat banyak orang ketagihan mengkonsumsi pisang. Pisang yang sudah matang, pasti memiliki kulit luar bewarna kuning dan memiliki tekstur yang lumayan lembek. Tak hanya buahnya saja, pohon pisang juga bermanfaat untuk berbagai hal dan Pisang menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di berbagai tempat.

Ada banyak jenis pisang yang ada di Indonesia dan setiap jenis pisang memiliki keunikkannya masing-masing. Khasiat pisang memang baik untuk kesehatan dan harga pisang dipasaran sangatlah terjangkau. Pisang dadakan atau pisang yang matang langsung dari pohonnya, pasti memiliki khasiat yang lebih baik dibanding pisang yang matang akibat didiamkan beberapa waktu dan harga pisang dadakan biasanya lebih mahal. Berikut ini adalah manfaat pisang untuk kesehatan tubuh:

1. Lancarkan saluran pencernaan

Pisang adalah buah yang bisa menenangkan morning sickness yang sering terjadi pada ibu hamil dan pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, karena bisa mengurangi mual. Pisang mengandung vitamin B6 dan pisang bisa melancarkan saluran pencernaan. Mengkonsumsi pisang secara rutin sangatlah baik untuk dilakukan dan jangan biarkan pisang terlalu matang, karena vitaminnya akan perlahan menghilang.

2. Netralisir keracunan makanan

Dalam dunia medis ada istilah flu perut atau kondisi keracunan makanan dan pisang memiliki khasiat untuk menenangkan kontraksi bakteri di perut. Pisang sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak dan berbagai gangguan perut yang terjadi pada anak, bisa diatasi dengan mengkonsumsi pisang. Pisang yang nikmat dikonsumsi, pasti tidak memiliki biji di dalamnya dan memiliki tekstur yang lembut, sehingga sangat mudah melewati saluran pencernaan saat dikonsumsi.

3. Menyembuhkan diare

Diare adalah salah satu penyakit yang seringkali terjadi pada masyarakat Indonesia dan diare bisa menyerang semua orang. Diare biasanya disebabkan akibat mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin, terlalu panas ataupun terlalu pedas. Saat diare kondisi feses akan tidak padat dan dengan mengkonsumsi pisang, maka kepadatan feses akan bisa terbantu. Diare menjadi penyakit yang sangat menyiksa dan sebelum ke dokter, coba dulu dengan mengkonsumsi pisang.

Diare menjadi penyakit yang harus dihindari secepatnya dan hindarilah berbagai jenis makanan yang bisa menyebabkan diare. Sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan terjauh dari berbagai jenis bakteri. Diare bisa diatasi dengan mengkonsumsi pisang secara rutin.

4. Menurunkan tekanan darah

Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh kondisi stres, terlalu cape dan berbagai penyebab lainnya. Untuk menurunkan tekanan darah bukanlah hal yang mudah dan pisang menjadi salah satu buah yang bisa menurunkan tekanan darah. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dan kadar lemak tinggi, akan memudahkan tekanan darah naik. Sebelum memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, sebaiknya konsumsi dulu pisang untuk pertolongan pertama dan saat tekanan darah tinggi, seseorang akan mengalami pusing yang berlebihan.

5. Mencegah stroke

Stroke adalah penyekit yang sangat dihindari semua orang dan stroke bisa menyerang semua usia, namun kebanyakan pasien stroke adalah wanita lanjut usia. Pisang menjadi buah yang miliki banyak kandungan kalium dan salah satu langkah pencegahan stroke adalah mengkonsumsi makanan yang ada kandungan kalium. Sebaiknya konsumsilah pisang secara rutin, agar kondisi kesehatan terjaga dengan baik dan terjauh dari berbagai penyakit berbahaya.

6. Meningkatkan stamina

Pisang adalah buah yang bisa meningkatkan stamina saat berolahraga, karena pisang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang dan pisang seringkali dikonsumsi para atlet olahraga seperti pemain futsal, pemain sepakbola, pemain basket dan pemain bola voly. Kandungan pisang sangat baik untuk kesehatan para atlet dan menghindarkan para atlet dari kekurangan cairan tubuh. Konsumsilah pisang sebelum olahraga dan jangan mengkonsumsi pisang berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan sangat membahayakan kesehatan.

7. Meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh

Magnesium adalah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, karena bisa membuat sistem organ dalam tubuh berjalan dengan baik dan ada banyak manfaat magnesium untuk kesehatan manusia seperti membentuk protein, mengendalikan gula darah dan berbagai manfaat lainnya. Pisang menjadi salah satu buah yang tinggi akan kandungan magnesium dan pisang bisa dijadikan makanan penting buat tubuh manusia. Untuk memperoleh pisang segar sangatlah mudah dan bisa didapatkan di berbagai tempat.

8. Menstabilkan kadar mangan dalam tubuh

Mangan adalah salah satu mineral yang harus ada dalam tubuh manusia dan memiliki peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Mangan bisa membantu proses metabolisme dalam tubuh dan dengan stabilnya mangan dalam tubuh, maka berbagai macam penyakit akan menjauh. Mangan juga sangat penting dalam pembentukan tulang dan penyembuhan luka. Mangan yang terus stabil bisa mencegah berbagai jenis penyakit seperti mencegah migrain, mencegah terjadinya komplikasi kehamilan dan mencegah penyakit jantung. Pisang adalah buah yang bisa menstabilkan mangan dalam tubuh.

9. Meningkatkan serat dalam tubuh

Kebutuhan serat dalam tubuh sangatlah penting untuk dijaga dan pisang menjadi buah yang bisa meningkatkan kadar serat dalam tubuh. Serat sangat penting untuk mencegah serangan saluran cerna, pergerakan usus dan berbagai penyakit lainnya. Serat juga berguna untuk mengontrol kadar gula darah dan serat bisa membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan. Tak heran banyak proses diet yang mengharuskan mengkonsumsi pisang secara rutin dan dalam proses diet pisang dijadikan buah pengganti nasi.

10. mencegah tukak lambung

Pisang menjadi buah yang bisa menetralkan asam lambung dan menjadi antasida alami. Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin, bisa mencegah terjadinya tukak pada lambung dan mengkonsumsi pisang bisa dilakukan sebagai cuci mulut atau sesudah mengkonsumsi makanan pokok. Pisang dapat mencegah berbagai penyakit yang bisa terjadi pada lambung dan pisang bisa dikonsumsi setiap waktu, karena tidak akan menyebabkan efek samping.

11. Perawatan kulit

Buah pisang bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah, karena buah pisang bisa dijadikan bahan pembuatan masker dan masker biasanya digunakan pada malam hari, untuk proses pembersihan kulit wajah. Pisang dapan mencegah kerusakan kulit dan bisa mencegah timbulnya jerawat. Manfaat pisang yang yang paling utama untuk kulit adalah dapat melembapkan area permukaan kulit wajah dan bisa mencagah kulit wajah kering.

Untuk menggunakan pisang sebagai masker wajah, cukup siapkan buah pisang yang sudah matang dan tumbuk buah pisang sampai menjadi adonan pasta yang halus. Setelah halus, oleskanlah hasil tumbukan ke area permukaan kulit wajah dan biarkan masker menempel selama beberapa menit. Setelah selesai, bersihkanlah area muka dengan menggunakan air jernih atau bersih dan bilas permukaan muka sampai kering, sehingga flek di wajah akan hilang dengan cepat.

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat pisang untuk kesehatan tubuh dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Artikel Terkait


Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Jangan Dibuang! Inilah Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Konsumsi Makanan Ini untuk Kesehatan Hati Anda

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

Yoga atau Pilates, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.