Inilah 11 bisnis yang Cocok Dijalankan Pada Bulan Ramadan

Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan umat islam diseluruh dunia dan ramadan seringkali disebut sebagai bulan yang penuh keberkahan. Selama sebulan penuh umat islam menjalankan ibadah puasa dan titik puncaknya pada saat idul fitri. banyak masyarakat yang rela pulang kampung untuk merayakan idul fitri dan momen ini seringkali dijadikan momen silaturahmi antar umat islam diseluruh dunia.

Bulan suci ramadan menjadi salah satu bulan yang banyak ditunggu-tunggu para pengusaha, karena pada bulan ramadan banyak peluang usaha yang bisa dijalankan dan setiap usaha bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Model usaha yang dijalankan sangatlah bervariasi dan ada beberapa usaha yang sangat cocok dijalankan pada saat bulan ramadan. Berikut ini adalah bisnis yang cocok dijalankan pada bulan ramadan:

1. Jual Kolak

Kolak adalah salah satu makanan tradisional yang sudah ada pada jaman dulu dan rasanya yang manis menjadi ciri khas kolak. Menjual kolak bisa dijalankan dengan modal kecil dan berjualan kolak menjadi salah satu usaha musiman masyarakat Indonesia. Kolak biasanya terbuat dari olahan singkong dengan gula aren dan pembuatan kolah sangatlah sederhana. Kini umumnya harga kolak per gelas adalah Rp.5.000 dan kolak menjadi makanan buruan saat akan berbuka puasa.

2. Es Buah

Es buah menjadi minuman yang sangat menyegarkan, karena biasanya ditambahkan es batu dan es buah menjadi makanan yang cocok untuk berbuka puasa. Es buah dibuat dari berbagai buah-buahan segar dan jualan es buah bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Bisnis es buah bisa dimulai dengan modal yang kecil dan bisnis es buah hanya dijalankan pada sore hari menjelang buka puasa. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai minuman ini, karena sangat menyegarkan dan dijadikan minuman pelengkap buka puasa.

3. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang tidak ada matinya, karena banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya dan gorengan bisa dibeli dengan uang yang terjangkau. Gorengan biasanya terdiri dari gehu, bala-bala, pisang goreng, cireng dan yang lainnya. Tak hanya laku pada saat bulan ramadan, gorengan juga laku dijual setiap hari dan gorengan menjadi makanan yang sangat menggoda lidah masyarakat Indonesia. Membuka usaha gorengan tidak memerlukan modal yang besar dan bisnis gorengan bisa dijalankan dibanyak tempat.

4. Buah-buahan

Buah-buahan adalah salah satu makanan yang sangat menyehatkan dan sangat baik dikonsumsi orang yang melakukan puasa seharian. Buah-buahan segar seringkali menjadi buruan masyarakat, karena seringkali dijadikan menu cuci mulu dan ada beberapa jenis buah yang banyak dicari seperti semangka, melon, pisang, anggur, jeruk, mangga serta buah lainnya. Buah-buahan menjadi sajian penyegar mulut dan buah-buahan bisa dijalankan diberbagai tempat. Tak heran saat bulan ramadan, banyak penjual buah yang berjualan di pinggir jalan.

5. Daging ayam

Daging ayam adalah makanan yang banyak dicari saat bulan puasa, karena bisa digunakan untuk menu sahur ataupun berbuka dan daging ayam bisa dibuat berbagai jenis makanan, bahkan dimasakpun sangat nikmat rasanya. Harga daging ayam pada saat bulan ramadan pastilah meningkat dan stok daging ayam biasanya sangatlah pas-pasan. Bisnis daging ayam bisa dijalankan dengan cara pemesanan, jadi konsumen memesan ayam dari jauh-jauh hari dan bisnis ini sangatlah menguntungkan.

6. Baju dan Celana

Lebaran menjadi momen yang sangat menyenangkan, karena masyarakat Indonesia biasanya berbondong-bondong berbelanja busana dan membeli pakaian baru menjadi budaya yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Banyak masyarakat yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli baju lebaran dan baju lebaran bisa didapatkan di berbagai tempat. Menjual baju dan celana menjadi peluang usaha yang cocok dijalankan saat bulan ramadan dan bisnis pakaian tidak akan ada masa kadaluarsa. Pakaian juga sangat awet, karena bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama dan pakaian lebaran juga bisa digunakan untuk kegiatan penting atau formal.

7. Kue kering

Kue kering adalah makanan yang sangat nikmat dan seringkali disebu banyak orang. Kue kering biasanya dijadikan makanan hidangan bagi tamu yang hadir saat lebaran dan kue kering dijuluki sebagai makanan silaturahmi. Kue kering bisa dibuat dengan sangat variatif dan bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Bisnis ini bisa dijalankan dirumah, tampa harus menyewa tempat yang lokasinya strategis dan harga kue kering sangatlah bervariasi, tergantung dari jenis kue yang dipilih.

8. Jual Ketupat

Ketupat adalah salah satu makanan tradisional yang ada di Indonesia dan salah satu makanan yang selalu hadir saat idul fitri. Ketupat terbuat dari anyaman daun muda kelapa dan bentuk ketupat sangatlah bervariasi. Ada banyak jenis kupat yang biasanya dijual dan setiap ketupat memiliki keunikkannya masing-masing. Isian ketupat biasanya beras yang direbus sampai matang dan ketupat biasanya disajikan dengan sayur daging yangdilengkapi dengan sate ayam atau sate kambing. Ketupat juga sangat enak dinikmati dengan gule kambing ataupun dengan sop buntut dan ketupat menjadi makanan pengganti nasi. Harga ketupat kosong sangatlah terjangkau dan biasanya usaha ini dijalankan masyarakat pedesaan, dengan menjual kupatnya di perkotaan.

9. Parcel

Parcel adalah rangkaian makanan yang seringkali dibutuhkan banyak orang dan saat lebaran akan tiba, banyak orang yang membutuhkan parcel. Isian parcel biasanya sangatlah bervariasi dan harga parcel biasanya sangat bervariasi. Bisnis parcel menjadi bisnis musiman yang cocok dijalankan saat bulan ramadan dan bisnis parcel menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Parcel dengan isian berkualitas biasanya memiliki harga yang mahal dan biasanya dibeli oleh kalangan menengah keatas.

10. Perlengkapan shalat

Saat idul fitri tiba, tentu semua umat islam melaksanakan shalat idul fitri dan pelaksanaan shalat bisa dilakukan di masjid ataupun di lapangan terbuka. Momen untuk shalat idul fitri biasanya menjadi momen yang mengharukan, karena banyak diwarnai dengan tangis kebahagiaan dan banyak orang yang menggunakan perlengkapan shalat baru. Membuka bisnis perlengkapan shalat menjadi hal yang menguntungkan dan ada berbagai jenis perlengkapan shalat yang biasanya diceri banyak orang seperti kopeah, sejadah, sarung, mukena dan perlengkapan shalat lainnya.

11. Tukar uang

Pada momen menjelang lebaran, banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kegiatan berbagai uang dan tukar uang biasanya dilakukan untuk memperoleh uang baru. Uang baru yang seragam biasanya memiliki keunikkan tersendiri dan pembagian uang ini seringkali dilakukan untuk anak-anak. Uang yang diberikan biasanya berkisar Rp.10.000 sampai dengan Rp.100.000 dan pembagian uang ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur. Menjalankan bisnis penukaran uang bisa dilakukan dengan pendapatan selisih dan bisnis ini tidak akan rugi, karena uang yang tidak laku bisa digunakan lagi.

Demikian ulasan lengkap mengenai bisnis yang cocok dijalankan pada bulan ramadan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Artikel Terkait


Berikut Cara Bisnis Forex Bagi Pemula Agar Menguntungkan

10 Hal yang Dicari Investor Agar Mau Berinvestasi Kepada Anda

Ingin Sukses? Inilah 16 Tips Sukses Bisnis ala Orang China

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Inilah Dia 8 Tips Jual Beli Mobil Bekas

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Ini Dia Alasan Perlunya Usaha Sampingan dan Faktor Gagalnya Bisnis Sampingan

Inilah 8 Bisnis Offline yang Bisa Dijalankan dari Rumah

Inilah 8 Bisnis yang Menguntungkan di Bidang Pertanian

11 Cara Mendapatkan Investor Untuk Memulai Bisnis Startup

Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.