Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Bau mulut memang bukan permasalahan medis yang berbahaya, namun hanya bau mulut hanya menimbulkan efek tidak nyaman dan bau mulut seringkali membuat tidak nyaman atau tidak pede. Untuk bisa menghindarkan seseorang dari bau mulut bisa dihindari dengan berbagai cara dan bau mulut diakibatkan adanya penumpukan bakteri di area mulut. menjauhi berbagai makanan yang bisa menimbulkan bau mulut, sebaiknya dilakukan sejak dini dan jangan biarkan bau mulut bertahan dalam waktu yang lama.

Sisa makanan yang menempel pada gigi seringkali menimbulkan bakteri dan jarang mengosok gigi menjadi hal yang menimbulkan bau mulut. Bau yang keluar dari mulut memang sangatlah memalukan dan seringkali membuat banyak orang tidak pede dengan penampilannya. Bau mulut juga sering membuat lawan bicara pergi menjauh, karena menimbulkan ketidaknyamanan dan ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan bau mulut. Berikut ini adalah tips menghilangkan bau mulut dengan cepat:

1. Sikat gigi

Kesehatan gigi menjadi hal yang penting untuk dijaga dan menyikat gigi menjadi kegiatan yang wajib dilakukan semua manusia. Tak hanya soal kesehatan gigi saja, menyikat gigi bisa menjauhkan seseorang dari bau mulut dan menyikat gigi menjadi kegiatan yang harus rutin dilakukan. Saat menyikat gigi, biasanya menggunakan odol sebagai pembersihnya dan berbagai bekteri yang ada di mulut bisa pergi dengan sikat gigi rutin. Minimal 2 kali dalam sehari kegiatan sikat gigi dilakukan dan lakukanlah penyikatan gigi secara perlahan, agar tak menimbulkan pendarahan pada area gusi.

2. Minum air putih

Minum air putih adalah kewajiban semua orang dan sangat dianjurkan dalam dunia medis. Kondisi mulut yang kering atau kekurangan cairan bisa menghasilkan bau mulut tak sedap dan minum air putih rutin menjadi salah satu lengkah pencegahan bau mulut. Aroma yang tidak sedap dari mulut bisa dihindari dengan rutin minum air putih dan selalu disiplin minum setiap hari. Dengan asupan cairan yang baik, akan meningkatkan jumlah produksi air liur dan bisa membuat area mulut menjadi lebih lembap. Jangan terlalu banyak minum air berkafein ataupun minuman yang menggunakan pemanis buatan.

3. Obat Kumur

Obat Kumur adalah suatu racikan medis yang bermanfaat bagi kesehatan mulut dan menjauhkan bau mulut. Obat kumur bisa didapatkan di apotek atau di supermarket dan harga obat kumur sangatlah bervariasi, tergantung dari merknya. Berbagai bakteri dan sisa makanan bisa pergi dengan menggunakan obat kumur dan jangan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, karena membahayakan kesehatan. Jangan pula menggunakan obat kumur berlebihan, karena bisa menimbulkan overdosis dan akan berdampak buruk pada area mulut.

4. Flossing gigi

Flossing gigi adalah salah satu teknik dalam membersihkan gigi dan teknik ini menggunakan benang gigi. Flossing gigi bisa menghilangkan sisa makanan yang tersangkut di gigi yang sulit dibersihkan sikat gigi dan gangguan bau mulut dapat terhindar dengan melakukan flossing gigi. Melakukan floassing gigi harus dilakukan dengan rutin dan lakukanlah penarikan benang secara perlahan, agar tak menimbulkan pendarahan pada area gusi. Flossing gigi bisa dilakukan setiap hari, agar kondisi gigi dapat terjaga dengan baik dan gigi akan terjauh dari berbagai jenis bakteri.

5. Kumur dengan soda kue

Soda kue adalah salah satu bahan untuk membuat kue, namun soda kue juga bisa digunakan sebagai obat kumur dan bau mulut dapat hilang dengan cepat, saat berkumur dengn soda kue. Soda kue juga dapat menghilangkan bakteri dan berbagai sisa makanan yang menempel di gigi. Untuk memperoleh soda kue sangatlah mudah, karena banyak tersedia di toko-toko pembuatan kue dan berkumur rutin dengan soda kue, bisa membuat kondisi mulut menjadi sehat. Buanglah air bekas kumuran ke tempat yang aman dan jangan sampai soda kue tertelan.

6. Jangan merokok

Merokok adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang dan merokok bisa membuat pikiran menjadi tenang. Namun merokot dapat menimbulkan bau mulut, karena rokok memiliki aroma yang tidak sedap dan seorang perokok akan sangat mudah terkena penyakit gigi serta mulut. Berhenti merokok akan menghilangkan bau mulut dan untuk menjauhkan rokok dari kehidupan sehari-hari, bukanlah perkara yang mudah. Berhenti merokok juga bisa menyehatkan tubuh dan menjauhkan berbagai penyakit yang akan menyerang.

7. Membersihkan lidah

Membersihkan area lidah menjadi sebuah hal yang sering dilakukan masyarakat kota dan ada alat khusus yang digunakan untuk membersihkan lidah. Jangan biarkan bakteri tumbuh dan berkembang di area mulut dan dengan rutin membersihkan lidah, maka bau mulut akan terhindar dengan cepat. Pembersihan lidah harus dilakukan secara rutin dan pembersihan lidah harus dilakukan dengan perlahan, agar tak membuat lidah menjadi luka. Gosok lidah mulai dari pangkal sampai ke ujung lidah dan setelah digosok, kumur-kumurlah dengan air yang bersih.

8. Hindari makanan penyebab bau

Ada banyak makanan yang bisa menjadi penyebab bau mulut sepertu petai, jengkol, durian dan bawang putih. Pada dasarnya semua makanan yang dikonsumsi, pasti memiliki aroma tersendiri dan setiap makanan pasti menghasilkan aroma bau yang berbeda. Jengkol menjadi makanan tradisional yang terkenal bau, namun banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya dan bau mulut akibat jengkol, sangat tidak disukai oleh banyak orang. Dengan menghindari makanan penyebab bau, bisa menjadi langkah penting dalam mencegah kesehatan mulut dan menjauhkan aroma sedap yang bisa saja timbul.

9. Konsumsi makanan yang menyegarkan mulut

Untuk menjauhkan bau mulut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti mengunyah permen karet, mengkonsumsi yohurt, mengkonsumsi jeruk dan mengkonsumsi apel. Bau mulut dapat hilang dengan cepat, saat mengkonsumsi yohurt dan cara ini menjadi salah satu cara instan membasmi bau mulut. Bakteri yang ada di mulut, bisa dijauhkan dengan mengkonsumsi permen karet dan aroma sedap dari permen karet, akan menghilangkan bau mulut. Buah jeruk dan apel bisa menjadi solusi untuk menyegarkan mulut. Makanan yang menimbulkan bau mulut bisa dihindari dengan mengganti menu makanannya dan saat mengkonsumsi makanan berbau, sebaiknya jangan terlalu berlebihan.

10. Konsultasi ke dokter gigi

Saat bau mulut tak kunjung hilang, sebaiknya lakukanlah konsultasi ke dokter ahli dan tanyakan penyebab utama dari bau mulutnya. Dokter akan memiliki solusi terbaik untuk menyehatkan kondisi gigi dan membersihkan berbagai area di mulut. Apabila diperlukan, dokter akan memberikan resep obat ampuh untuk menghilangkan bau mulut dan pemberian obat, biasanya disesuaikan dengan pasien yang konsultasi. Bau mulut menjadi salah satu hal yang dihindari banyak orang dan ada banyak hal yang akan diberitahukan dokter kepada pasien.

Demikian ulasan lengkap mengenai Tips menghilangkan bau mulut dengan cepat dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Artikel Terkait


Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

Yoga atau Pilates, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Konsumsi Makanan Ini untuk Kesehatan Hati Anda

Inilah 5 Buah yang Aman dan Boleh Dikonsumsi Untuk Pengidap Diabetes

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Sulit Tidur Meskipun Tubuh Lelah? Ini 8 Tips Sederhana Untuk Mengatasinya

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah


Baca Juga

1 Balasan untuk artikel "Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman"

  • Sudarto
    06 October 2019 23:07
    Nomo 1 - 9 sangat penting sehingga harus dijalani jika kita ingin mulut tidak berbau. Yang agak sulit mungkin jika gigi kita sudah berlubang. Kalau sudah parah, ya cabut saja dan diganti gigi palsu. Biar posisi gigi di dekatnya tidak bergeser. Petunjuknya dalam artikel di atas sangat lengkap.

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.