Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

img source: goodindonesiafood.com

Bali memiliki kuliner khas yang telah eksis sejak bertahun-tahun yang lalu dan masih memiliki penggemar hingga saat ini. Kuliner-kuliner legendaris ini tidak pernah sepi pengunjung dan selalu dicari terutama oleh wisatawan. Walaupun sudah eksis sejak lama, cita rasa yang ditawarkan tidak pernah berubah. Itulah sebabnya kuliner-kuliner ini tidak pernah ditinggalkan. Bahkan, kaum selebriti pun penasaran ingin mencicipi kuliner legendaris khas Bali ini. Apa saja kuliner legendaris di Bali yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke pulau seribu pura tersebut? Berikut kami rangkum untuk Anda.

1. Warung Mak Beng

img source: demenmakan.com

Warung Mak Beng bisa dibilang kuliner paling legendaris di Bali. Warung Mak Beng sudah berdiri sejak 1940 di daerah Sanur, Bali. Berlokasi di daerah wisata populer, membuat Warung Mak Beng dikenal luas. Warung Mak Beng tidak hanya ramai dikunjungi oleh warga lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara dan pesohor-pesohor tanah air. Cita rasa masakan yang lezat dan juga khas telah menjadikan Warung Mak Beng sebagai warung legendaris yang bertahan sampai sekarang.

Ketika bertandang ke Warung Mak Beng, Anda tidak perlu bingung ketika memesan makanan karena warung ini hanya memiliki satu paket menu, yakni paket ikan goreng dan sup kepala ikan. Cukup unik karena paket menu ini merupakan andalan Warung Mak Beng sejak awal berdiri dan tidak pernah berubah hingga sekarang. Anda hanya cukup menyebutkan berapa porsi yang ingin Anda pesan dan sepaket ikan goreng dan sup kepala ikan yang lezat pun menghampiri Anda, siap untuk disantap.

Hingga sekarang, boleh dibilang belum ada yang mengalahkan kelezatan kuah sup kepala ikan khas Mak Beng. Bagaimana tidak, kuah sup kepala ikan dimasak dengan bumbu rempah khas Bali yang menghasilkan cita rasa yang gurih. Belum lagi ikan laut gorengnya yang dimasak dengan empuk. Jenis ikan laut yang biasa disajikan di Warung Mak Beng antara lain ikan kakap merah, cakalang dan ikan tenggiri hasil tangkapan nelayan lokal. Bagian ikan yang dimasak adalah bagian perut yang memiliki sedikit tulang agar mudah dan nyaman dikonsumsi. Nah, di antara itu semua ada sambal goreng terasi ala Mak Beng yang pedas dan lezat untuk cocolan ikan goreng. Namun Anda harus bersabar karena membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk mengantre dan memesan makanan.

2. Nasi Ayam Men Weti

img source: bali-backpacker.com

Sama seperti Warung Mak Beng, Nasi Ayam Men Weti juga berlokasi di daerah Sanur, Bali. Warung nasi ayam ini sudah eksis sejak 1970 dan masih sangat ramai dikunjungi hingga saat ini. Bahkan, antrean sudah mengular sejak pukul 7 pagi ketika warung belum buka. Jadi jangan kaget jika Anda melihat antrean panjang ketika datang ke warung nasi ayam Men Weti.

Nasi Ayam Men Weti menjadi kuliner legendaris bukan tanpa sebab. Racikan masakan Men Weti terkenal dengan rasa ayam dan bumbu rempah khas Bali yang sangat lezat. Seporsi nasi ayam Men Weti disajikan dengan ayam betutu, sayur urap, telur rebus dengan sambal terasi, sate lilit, kulit ayam, kemudian diberi sambal matah, kacang goreng, kelapa bakar yang diserut lalu disiram dengan nikmatnya kuah bumbu genep atau bumbu kuning khas Bali. Saking diminati, nasi ayam Men Weti bisa ludes dalam waktu tiga jam setelah warung buka.

3. Sate Plecing Arjuna (Non Halal)

img source: travel.tribunnews.com

Sate Plecing Arjuna berdiri sejak 1990, adalah salah satu kuliner legendaris yang berada di pusat kota Denpasar yang merupakan kawasan historis. Warung sate plecing Arjuna dibuka pertama kali oleh pasangan Tjo Hok Tjiang dan Tjwie Giok. Sampai sekarang, cita rasa sate plecing Arjuna tak berubah.

Warung sate plecing Arjuna menyediakan beberapa jenis sate plecing yakni sate babi, sate ayam, sate sumsum dan sate kambing yang lezat. Uniknya, sate plecing Arjuna tidak disajikan dengan bumbu kacang, melainkan bumbu plecing yang dibuat dari cabai, kemiri, terasi dan bawang putih yang dilumuri perasan jeruk limau. Seporsi sate plecing terasa makin lengkap disajikan bersama semangkuk soto babi dengan kuah yang gurih. Jangan lewatkan kuliner ini jika Anda sedang berada di kota Denpasar.

4. Made's Warung

img source: madeswarung.com

Berada di kawasan pariwisata Kuta, Made's Warung sudah ada sejak 1969 dan dikenal sebagai salah satu warung legendaris di Bali. Awalnya Made's Warung hanyalah warung sederhana. Namun Made's Warung kini berkembang menjadi rumah makan yang menyajikan variasi menu yang beragam dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Nasi campur adalah menu favorit di Made's Warung. Selain itu, Made's Warung juga menyediakan tipat cantok, pepes ikan dan sate lilit ayam atau sapi dengan racikan bumbu khas Bali. Dengan menu yang beragam, Anda jadi punya banyak pilihan ketika ingin bersantap siang atau malam di Made's Warung. Harga menu di sini juga cukup variatif, antara Rp25.000 - Rp115.000. Cocok dikunjungi untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.

5. Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

img source: ksmtour.com

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku bermula di Ubud dan berdiri sejak 1970. Kemudian warung nasi ayam Bu Mangku membuka cabang di Denpasar dan Seminyak untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, sehingga pelanggan yang tinggal di sekitar Denpasar dan Seminyak tidak perlu jauh-jauh ke Ubud.

Nasi ayam Kedewatan Bu Mangku memiliki cita rasa pedas yang khas. Seporsi nasi ayam disajikan dengan ayam suwir, ati/ampela, telur pindang, sate ayam, sate lilit, sayur kacang panjang, kacang goreng dan sambal goreng pedas yang lezat. Menu nasi ayam Bu Mangku ini cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas.

6. Murni's Warung

img source: liputan6.com

Murni's Warung merupakan warung milik Ni Wayan Murni yang sudah berdiri sejak 1974. Murni's Warung berlokasi di kawasan wisata Ubud, tepatnya di seberang museum Antonio Blanco yang terkenal. Menu andalan legendaris Murni's Warung adalah bebek betutu yang disajikan bersama sepiring nasi kuning, sayur urap atau srombotan dengan irisan tomat dan mentimun. Cita rasa menu andalan Murni's Warung ini tak berubah sejak didirikan 40an tahun silam. Anda yang kebetulan sedang berada di sekitar Ubud, sebaiknya mencoba bebek betutu ala Murni's Warung yang sudah terkenal dengan kelezatannya ini. Anda tidak usah khawatir dengan menu halal di Murni's Warung karena peralatan dan proses pembuatannya dibedakan dengan menu non halal. Selain itu, Anda akan dibuat takjub dengan atmosfer warung yang kini telah bertransformasi menjadi restoran dengan nuansa etnik dan area outdoor yang menyejukkan.

7. Ayam Betutu Men Tempeh

img source: kintamani.id

Ayam Betutu Men Tempeh sudah dibuka sejak 1990-an dengan menu andalan ayam betutu kuah dan ayam betutu goreng. Warung legendaris ini menyajikan menu ayam betutu dengan menggunakan ayam kampung dan sangat diminati hingga saat ini. Ayam kampung tersebut dimasak dengan racikan bumbu rempah khas Bali hingga empuk dan sangat pas disantap bersama sepiring nasi hangat. Jika Anda sedang berada di Gilimanuk, Jembrana, sebaiknya jangan lewatkan Ayam Betutu Men Tempeh untuk santap siang Anda.

Itulah kuliner legendaris khas Bali yang sayang untuk dilewatkan ketika berlibur di pulau dewata. Kuliner-kuliner tersebut dikatakan legendaris bukan hanya karena telah lama eksis, tetapi juga karena cita rasa dan kelezatannya yang tidak pernah berubah hingga saat ini. Jika Anda sedang berencana untuk menghabiskan liburan di Bali, masukkan kuliner-kuliner legendaris ini ke dalam daftar destinasi wisata kuliner Anda.

Artikel Terkait


Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

14 Jenis Sate Unik dan Nikmat Luar Biasa Asli Indonesia

Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

Modal Terpenting yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Es Krim


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.