Ini Dia Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

img source: rawpixel.com

Di masa sekarang, seseorang tidak harus bekerja di kantor. Ada banyak pilihan bisnis yang bisa Anda coba lakukan di rumah, terutama bagi Anda yang seorang ibu rumah tangga. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, segala sesuatu bisa dikerjakan secara online akan membuka peluang besar untuk ibu rumah tangga agar tetap bisa berpenghasilan walaupun dikerjakan di rumah saja.

Nah, bagi Anda ibu rumah tangga, tidak usah bingung dalam memilih bisnis apa yang cocok untuk Anda. Berikut kami rangkum jenis usaha yang bisa Anda coba dan sifatnya fleksibel untuk ibu rumah tangga.

1. Katering

Jika Anda hobi memasak, kenapa tidak mencoba bisnis katering? Pekerjaan ini memiliki peluang yang besar, apalagi di era digital seperti sekarang ini dimana orang sudah bisa memesan makanan secara online. Bisnis makanan seperti ini tidak pernah sepi. Jika Anda senang bereksperimen dan mencoba kreasi baru, bisnis ini sangat cocok untuk Anda.

Anda bisa memulai usaha katering secara kecil-kecilan dan menawarkan jasa pada orang-orang terdekat. Pemasaran yang baik dengan memanfaatkan media sosial akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha. Dengan begitu, jasa yang Anda tawarkan akan semakin dikenal luas.

2. Butik Online

Menjalankan usaha butik online bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga maupun ibu yang bekerja. Bisnis ini dapat dilakukan dimana saja selama Anda terkoneksi dengan internet. Jenis pekerjaan yang fleksibel cocok menjadi alternatif profesi bagi ibu rumah tangga. Anda pun bisa menjual berbagai macam barang secara online, mulai dari pakaian, asesoris, makanan ringan dan lain-lain. Penggunaan media sosial akan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Melalui media sosial, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memasarkan barang-barang yang Anda jual.

3. Reseller

Pekerjaan sebagai reseller bisa Anda lakukan dengan modal kecil. Bisnis reseller ini dijalankan dengan menjual kembali suatu barang. Anda bisa membeli barang dari supliyer dengan harga grosir, kemudian menjualnya kembali dengan harga konsumen. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki pergaulan luas karena bisnis reseller memerlukan pemasaran atau marketing yang bagus agar orang-orang mengenal produk yang Anda jual. Selain itu, Anda harus mengenal selera pasar dan menganalisis kira-kira barang apa yang paling dicari konsumen. Saat ini, banyak sekali jenis barang yang dijual dengan sistem reseller, antara lain pakaian, produk kecantikan, asesoris dan lain-lain.

4. Make up Artist (MUA)

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang senang berdandan, Anda bisa mencoba profesi ini. Di masa kini, pekerjaan make up artist termasuk salah satu pekerjaan yang sering dibutuhkan. Sekarang orang-orang tidak perlu ke salon bila ingin merias wajah, melainkan bisa memanggil sang make up artist untuk datang ke rumah.

Anda bisa melatih kemampuan merias wajah dengan mempraktekkan pada diri sendiri atau pada teman-teman Anda terlebih dahulu. Lebih baik lagi, Anda bisa mengikuti kursus singkat merias wajah untuk mengembangkan teknik yang Anda miliki.

Menjadi make up artist juga perlu memperbarui pengetahuan dan tren make up agar selalu up to date. Selain itu, Anda dituntut harus memahami jenis make up yang Anda gunakan dan menyesuaikannya dengan berbagai jenis kulit. Keahlian Anda akan berkembang seiring dengan jam terbang. Yang paling penting, jangan pernah berhenti untuk selalu mengeksplor kemampuan yang Anda miliki.

5. Penulis Lepas dan Penerjemah

Bagi ibu rumah tangga yang hobi menulis, pekerjaan ini sangat bisa Anda coba. Di era digital sekarang ini pekerjaan paruh waktu sebagai penulis sangat dibutuhkan terutama untuk menulis konten atau copy writing. Begitu juga dengan pekerjaan sebagai penerjemah, peluangnya sangat terbuka. Anda bisa mengecek pekerjaan yang membutuhkan keahlian menulis melalui situs-situs freelancer.

Pekerjaan yang erat kaitannya dengan dunia tulis-menulis ini dapat Anda lakukan dimana saja selama Anda terhubung dengan internet dan memiliki sarana untuk menulis seperti laptop atau komputer. Tentu saja pekerjaan ini sangat ideal bagi Anda karena bisa dilakukan di rumah. Menariknya lagi, Anda tidak memerlukan modal besar untuk memulai bisnis ini.

6. Guru Privat

Jika Anda menyukai aktivitas mengajar, membuka usaha les privat adalah pilihan yang tepat. Anda bisa membuka usaha ini di rumah dan mulai menawarkan jasa ini kepada tetangga atau orang-orang di sekitar lingkungan rumah Anda sebagai permulaan. Apalagi jika Anda memiliki pengetahuan dan keahlian yang mumpuni misalnya dalam berbahasa Inggris, hal itu akan menjadi nilai tambah karena Anda bisa membuka les privat bahasa Inggris untuk anak-anak.

Tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa mengajar berbagai macam pelajaran untuk anak-anak atau pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung. Anda pun bisa mengasah kemampuan mengajar secara perlahan seiring dengan bertambahnya jam mengajar Anda.

7. Kerajinan Tangan

Ibu rumah tangga yang kreatif akan cocok menjalankan usaha kerajinan tangan. Apalagi jika Anda memiliki keahlian menjahit, merajut atau memiliki banyak ide kerajinan tangan DIY (do it yourself) seperti asesoris, Anda memiliki peluang di bidang ini. Saat ini ide-ide untuk membuat kerajinan tangan sangat mudah dicari di internet. Bahkan kalau serius, Anda bisa mengikuti kursus singkat yang umum diikuti ibu rumah tangga untuk meningkatkan skill. Dengan melakukan pekerjaan ini, Anda dapat mengembangkan jiwa seni. Dan bila dikerjakan dengan tekun dan serius, bisnis ini cukup menjanjikan untuk Anda.

8. Laundry

Mencuci pakaian adalah salah satu hal yang pasti dilakukan orang, tetapi kadang kita tidak punya waktu atau bahkan malas untuk melakukannya. Anda bisa ambil peluang ini untuk membuka bisnis laundry. Peluang bisnis akan semakin terbuka jika Anda tinggal di lingkungan yang ramai, misalnya dekat dengan kampus dan banyak tempat kost.

Sebagai permulaan, tentunya Anda harus memiliki mesin cuci. Bila usaha Anda sudah semakin berkembang, pelan-pelan Anda bisa menambah mesin cuci dan memperkerjakan pegawai sehingga Anda hanya perlu mengontrol dan mengawasi bisnis Anda.

9. Tempat Kost

Nah, usaha ini juga cocok dijalankan di lingkungan yang ramai, terutama dekat dengan areal kampus dan perkantoran. Menjalankan usaha tempat kost akan menjadi sangat menguntungkan apabila Anda memiliki properti di lingkungan tersebut. Bila Anda sudah memiliki properti, Anda hanya perlu menambahkan fasilitas penunjang untuk penghuni kost. Dengan fasilitas penunjang yang baik dan lingkungan yang bersih, tempat kost Anda pasti akan diminati.

Ternyata peluang bisnis untuk ibu rumah sangat terbuka. Zaman sudah berubah, jenis pekerjaan pun banyak berkembang. Bahkan Anda tidak perlu ke kantor untuk bekerja dan memperoleh penghasilan. Bagi ibu rumah tangga yang sehari-hari di rumah pun kini punya banyak pilihan untuk memperoleh penghasilan. Tidak ada alasan untuk galau lagi.

Sekarang Anda bisa mempertimbangkan bisnis apa yang cocok untuk Anda. Anda pun bisa menyesuaikan dengan minat dan hobi Anda. Hal yang terpenting adalah konsistensi dan ketekunan dalam menjalankan usaha. Dengan kemauan yang kuat Anda pasti bisa melakukannya.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.