Ini Dia Alasan Perlunya Usaha Sampingan dan Faktor Gagalnya Bisnis Sampingan

Kini banyak sekali fenomena yang terjadi di masyarakat, salah satunya fenomena karyawan kantoran yang banyak miliki waktu luang dan ada banyak karyawan yang membutuhkan waktu untuk liburan. Waktu luang yang besar, menjadi peluang untuk menghasilkan uang tambahan dan karyawan yang kreatif selalu mencari bisnis sampingan yang dikerjakan setiap hari libur.

Waktu luang memberikan peluang untuk menjalankan bisnis sampingan dan penghasilan tambahan dapat menunjang kehidupan karyawan. Banyak karyawan yang terlanjur nyaman dengan penghasilan kantornya dan menyulitkan untuk menghasilkan uang yang lebih. Aktivitas bisnis sampingan sangatlah menguntungkan dan bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Alasan Perlunya Usaha Sampingan

1. Berawal dari ide

Untuk membuat sebuah hal besar, tentu dimulai dengan sebuah hal kecil dan banyak perusahaan besar yang berhasil menjalani usaha berawal dari usaha kecil. Menjalankan ide yang ditemukan, menjadi sebuah hal yang penting dilakukan dan semakin unik ide yang ditemukan, akan semakin besar peluang penghasilan yang didapat. Berbagai ide yang unik, dapat diaktualisasikan dengan usaha sampingan dan semakin lama usaha akan semakin membesar.

2. Peluang besar

Jangan merasa binggung dengan peluang usaha sampingan, karena peluang membuka usaha sampingan sangatlah besar dan semakin kreatif, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang didapat. Bisnis sampingan bis dijalankan dengan modal yang kecil dan bisnis sampingan bisa dijalankan dengan cara membuat barang ataupun jasa. Agar bisnis berjalan dengan baik, pertimbangkan pula pasar persaingannya dan cari bisnis yangkompetitornya sedikit.

3. Penghasilan tambahan

Dengan mengerjakan bisnis sampingan, tentu akan menghasilkan uang tambahan dan uang tambahan menjadi hal yang sangat penting untuk didapatkan. Membuat usaha sampingan menjadi salah satu cara meraih kesuksesan dan menjadi cara untuk keluar dari zona nyaman sebagai karyawan. Hasil dari bisnis sampingan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bisa dimanfaatkan untuk tabungan masa depan.

4. Bekal pensiun

Usaha sampingan bisa dijalankan dengan konsistensi yang baik dan menjadi salah satu cara mencari bekal untuk pensiun. Dengan membuka usaha sampingan, rencana masa depan bisa dirancang sebaik mungkin dan penghasilan tambahan bisa membantu menuju hari tua. Usaha sampingan bisa menjadi salah satu cara untuk penyambung kehidupan di hari tua dan karyawan yang tidak memiliki uang tunjangan pensiun, tentu bisnis sampingan sangatlah penting.

5. Aktualisasi diri

Banyak karyawan yang merasa mentok dalam karirnya sebagai pekerja dan kebuntuan karir akan menghambat kreatifitas seseorang. Karyawan kantor yang merasa pekerjaannya tidak sesuai dengan minatnya, tentu akan melakukan aktualisasi diri dengan cara membuka bisnis sampingan dan bisnis sampingan akan mengajarkan anda mengenai hal-hal yang bermanfaat untuk masa depan.

6. Menyalurkan hobi

Banyak usaha sampingan yang bisa dijalankan sesuai dengan hobi dan salah satu alasan pengerjaan bisnis sampingan adalah hobi. Ada banyak hobi yang bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan seperti hobi sepak bola untuk bisnis kaos bola, hobi naik gunung untuk bisnis bola basket, hobi membaca buku untuk bisnis jual buku, hobi jalan-jalan untuk bisnis travel, hobi lari untuk bisnis sepatu, hobi bulutangkis untuk bisnis raket, hobi main game untuk membuat aplikasi game dan berbagai hobi lain yang bisa dijadikan bisnis. Semakin jeli dalam memanfaatkan peluang bisnis, maka akan semakin besar peluang untuk menghasilkan uang.

7. memanfaatkan waktu

Ada yang beanggapan waktu adalah uang dan ungkapan ini sudah ada sejak jaman dulu. Ungkapan ini sangat penting untuk selalu disiplin dalam mencari penghasilan dan memanfaatkan peluang sekecil mungkin untuk menghasilkan uang. Banyak karyawan yang seringkali miliki waktu luang dan hal ini menjadi kesempatan untuk menjalankan usaha sampingan. Waktu yang bermanfaat adalah waktu yang digunakan untuk membuka usaha dan peluang sekecil apapun bisa dimanfaatkan dengan baik. Ada banyak pengusaha sukses berasal dari usaha sampingan dan berhasil memanfaatkan berbagai peluang untuk menghasilkan uang.

Faktor Gagalnya Bisnis Sampingan

1. Salah tentukan prioritas

Bisnis sampingan adalah bisnis yang dijalankan disela pekerjaan utama dan bisnis sampingan tidak boleh mengganggu pekerjaan utama, karena bisa menghancurkan pekerjaan utama. Saat mengerjakan bisnis sampingan, sebaiknya berhati-hati dan jangan sampai mengganggu kualitas dalam mengerjakan pekerjaan utama. Salah satu faktor kegagalan bisnis sampingan adalah ambisi yang terlalu besar untuk sukses dan ambisinya mengganggu pekerjaan utama.

2. Keliru saat penentuan kebutuhan bisnis

Saat menjalankan bisnis sampingan, sebaiknya jangan terbuai dengan kebutuhan yang tidak penting dan jangan membeli barang-barang yang kurang begitu penting. Kini dengan banyaknya marketplace yang ada di Indonesia, memperbanyak godaan untuk belanja online dan membelikan hasil bisnis sampingan ke barang yang tidak terlalu penting. Sebaiknya gunakan penghasilan untuk membesarkan bisnis dan tabungkan penghasilannya untuk keperluan yang penting.

3. Pola bisnis yang salah

Jangan terpaku pada pola pikir jaman dulu yang menyatakan bahwa apapun yang dijual akan mendapatkan hasil dan hal ini akan menganggap enteng aspek pemasaran. Sebaiknya lakukan pola bisnis yang baik dan carilah produk yang akan dijual, sesuai dengan banyaknya permintaan pasar. Pola pikir yangbaik, akan memudahkan bisnis sampingan menjadi besar dan salah satu faktor gagalnya usaha sampingan adalah pola pikir yang salah.

4. Perencanaan yang salah

Segala sesuatu yang akan dikerjakan, sebaiknya direncanakan dengan matang dan begitupun dalam hal bisnis. Sekecil apapun bisnis sampingan yang akan dijalankan, sebaiknya rencanakan dengan matang dan jangan merencanakan usaha dengan asal, karena akan menimbulkan kegagalan. Rencanakan bisnis sampingan dengan berbagai rincian yang tepat, jangan sampai usaha dijalankan dengan semangat membara saja dan lakukan berbagai perencanaan dengan baik, tanpa melakukan kesalahan yang fatal.

5. Tidak membangun jaringan

Bisnis yang dijalankan harus memiliki jaringan yang kuat dan bisnis tanpa jaringan akan sangat sulit untuk berkembang. Sebesar apapun usaha yang dijalankan, tidak akan cepat berkembang tanpa adanya jaringan dan menjalankan bisnis sampingan, sebaiknya bangun jaringan dengan baik. Salah satu cara menambah jaringan adalah dengan melakukan silaturahmi atau menghadiri berbagai acara seminar dan dengan adanya pertemuan, maka jaringan akan terbangun dengan cepat.

6. Modal besar

Sebaiknya jangan memilih bisnis sampingan yang mengharuskan modal besar dan pilihlah bisnis dengan modal yang kecil. Ada banyak jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil dan bangunlah usaha sedikit demi sedikit. Kerja keras sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha dan jangan memilih usaha yang punya peluang kecil untuk berkembang. Modal besar tentu sangat merugikan, karena bisa merogoh penghasilan yang lumayan besar dan jangan biarkan tabungan berkurang besar, untuk menjalankan usaha sampingan.

Demikian ulasan lengkap mengenai alasan perlunya usaha sampingan dan faktor gagalnya bisnis sampingan. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi terbaik dan dapat dijadikan pengetahuan baru oleh para pembacanya.

Artikel Terkait


Ini Dia 7 Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Anak Muda

Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Inilah 8 Bisnis yang Menguntungkan di Bidang Pertanian

Ingin Sukses? Inilah 16 Tips Sukses Bisnis ala Orang China

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Motivasi dan Tips Bagi Anda Para Pebisnis

Inilah Dia 8 Tips Jual Beli Mobil Bekas

5 Tips Mendapatkan Keuntungan dari Investasi Forex

11 Cara Mendapatkan Investor Untuk Memulai Bisnis Startup

10 Hal yang Dicari Investor Agar Mau Berinvestasi Kepada Anda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.