Ini Dia 9 Kuliner Ekstrim di Vietnam, Berani Coba?

img source: borderstan.com

Jika selama ini Anda lebih mengenal Thailand sebagai gudangnya kuliner ekstrim, mungkin Anda perlu mencari tahu tentang kuliner Vietnam yang tidak kalah ekstrim. Ternyata selain kuliner khasnya yang terkenal menyehatkan, Vietnam juga memiliki kuliner yang visualnya membuat kita mual. Namun kuliner-kuliner yang membuat bergidik tersebut juga banyak dicari wisatawan yang penasaran dengan cita rasanya. Penasaran dengan kuliner ekstrim Vietnam? Berikut kami rangkum detailnya untuk Anda.

1. Puding Darah

img source: tamiangnews.com

Mendengar namanya saja mungkin sudah membuat bergidik. Sekilas terdengar seperti nama makanan dalam cerita-cerita fiksi. Namun puding darah ini benar-benar dikonsumsi di Vietnam. Puding darah juga disebut Tiet Canh merupakan kuliner Vietnam yang dibuat dari darah babi atau darah bebek. Darah babi atau darah bebek segar tersebut diolah menjadi puding dengan cara mencampurnya dengan kecap ikan. Kuliner ini kemudian disajikan dengan taburan kacang, daging cincang dan daun ketumbar. Kuliner yang belum apa-apa sudah membuat perut mulas ini ternyata biasa dikonsumsi orang Vietnam pada saat perayaan Imlek dan sebagai camilan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba?

2. Pho Darah Babi

img source: bunbohaile.com

Seperti telah diketahui, Pho adalah mie beras khas Vietnam dengan topping potongan daging ayam atau sapi yang lezat. Namun ternyata Pho mempunyai versi yang lebih ekstrim. Masih menggunakan darah seperti puding darah, Pho darah babi terbuat dari hati, ginjal, lemak babi, usus dan tentunya darah yang direbus dengan air kaldu. Pho tersebut kemudian diberi taburan tauge, mie dan daun bawang. Kuliner yang cukup ekstrim ini biasa dijual di pedagang-pedagang kaki lima di Kota Hanoi. Anda bisa mencoba Pho darah babi dengan menyantap kuliner unik ini di pinggir jalan dan duduk di bangku jongkok yang disediakan penjual.

3. Vodka Ular

img source: scmp.com

Percayakah Anda, bahwa di Vietnam hewan seperti ular dan kadal biasa diawetkan dalam vodka? Selain kuliner dengan bahan darah hewan, orang Vietnam ternyata juga membuat vodka dari darah dan jantung ular. Menurut mereka, vodka ular ini memiliki khasiat untuk meningkatkan kejantanan para pria. Vodka yang dengan ular dan kadal yang diawetkan di dalamnya tersebut dicampur dengan darah dan jantung ular sebelum dikonsumsi. Bila Anda penasaran, Anda bisa mampir ke desa Le Mat yang berlokasi tidak jauh dari Hanoi dan rasakan langsung kenikmatannya.

4. Kaki Katak dan Anggur Beras

img source: monkeyinc.in

Anda mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa kaki katak bisa dikonsumsi. Anda bisa menjumpai kuliner unik nan ekstrim ini di kawasan Old Quarter Hanoi yang merupakan surganya para backpacker. Di kawasan ini Anda bisa menemukan berbagai kuliner dengan harga terjangkau, termasuk kaki katak ini. Kuliner kaki katak dimasak dengan cara ditumis bersama anggur beras, lalu dicampur dengan bumbu rempah. Kuliner ini cocok disantap sambil beristirahat santai. Menurut penuturan orang yang pernah memakannya, cita rasa kaki katak mirip dengan daging ayam. Jika rasanya seperti daging ayam, apakah Anda mau mencobanya?

5. Tikus Bakar

img source: getty images

Mendengar bakso tikus saja mungkin sudah membuat orang Indonesia bergidik, apalagi jika harus menyantap tikus bakar khas Vietnam. Kuliner yang ekstrim ini  populer di daerah Delta Mekong. Tikus yang dibakar bukanlah sembarang tikus, tetapi tikus pemakan nasi yang biasa ditemukan di sawah. Sebelum dimasak, tikus-tikus akan dibersihkan bulunya terlebih dahulu, lalu dipanggang. Selain dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar, daging tikus ini juga bisa dikukus, digoreng atau dibuat kare. Nah, daging tikus bakar ini biasa dijual di pedagang-pedagang pinggir jalan. Bagaimana rasanya? Menurut orang Vietnam, daging tikus ternyata lebih empuk dan enak dibanding daging sapi, babi atau ayam. Apakah Anda percaya dan tertarik untuk menyantapnya?

6. Omelet Cacing

img source: oomph.co.id

Omelet cacing atau Cha Ruoi merupakan makanan yang populer di Hanoi. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa omelet ini dibuat dari cacing, yakni cacing pasir yang dicampur dengan aneka rempah sebelum dimasak dengan cara digoreng. Omelet cacing ini menjadi favorit warga Hanoi karena dipercaya dapat membawa kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Jika Anda dan pasangan Anda tertarik untuk mencobanya, datanglah berkunjung ke Hanoi saat menjelang musim gugur karena pada bulan-bulan tersebut cacing pasir biasanya muncul ke permukaan.

7. Daging Kobra

img source: tribunnews.com

Ular kobra bukanlah sesuatu yang asing untuk dikonsumsi orang Vietnam. Hal itu dikarenakan olahan daging kobra dipercaya dapat menghilangkan sakit kepala, meningkatkan vitalitas pria dan memperlancar sistem pencernaan. Daging kobra tersebut bisa disantap secara langsung, dibuat wine atau vodka seperti yang telah dijelaskan sebelumnya hingga dimakan jantungnya. Selain jantung kobra, telurnya juga umum dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam. Di Indonesia sendiri daging kobra juga dijual dalam olahan sate dengan bumbu kacang seperti sate ayam atau sate kambing. Hanya saja, olahan daging kobra tersebut tidak umum disantap karena kebanyakan orang masih merasa jijik. Orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi daging kobra berpendapat bahwa selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, daging kobra ternyata dapat menyembuhkan penyakit kulit dan juga menghaluskan kulit. Nah, dengan banyaknya manfaat daging kobra apakah Anda berminat untuk menyantapnya?

8. Balut

img source: qarao.com

Balut tidak hanya dikonsumsi di Filipina atau Thailand. Orang Vietnam sendiri juga biasa menyantap hidangan ekstrim itu. Kuliner ini terbuat dari embrio bebek atau telur puyuh dan mungkin Anda sudah sering mendengarnya. Sebagian besar orang Indonesia biasanya akan bergidik begitu melihat hidangan ini. Bagaimana tidak, balut atau disebut juga dengan vit lon dimasak dengan cara direbus dan telur bebek atau telur puyuh yang digunakan adalah telur yang sudah mengalami fase fertilisasi sehingga berbentuk embrio. Ketika Anda membelah telur tersebut, Anda pun akan melihat bagian-bagian tubuh bebek seperti kaki dan paruhnya. Tekstur balut sendiri lebih keras dari telur rebus biasa. Biasanya balut disantap sebagai camilan dan tak jarang disajikan dengan garam, merica, daun laksa dan lemon. Dengan melihat penampakannya yang cukup membuat ngeri, apakah Anda tertarik untuk menjadikan balut sebagai camilan?

9. Daging Landak

img source: tribunnews.com

Daging landak mungkin sudah terlalu asing juga di telinga orang Indonesia. Nah, di Vietnam daging landak biasa dikonsumsi. Daging landak khas Vietnam ini dapat Anda jumpai ketika berkunjung ke Dalat, sebuat destinasi wisata yang terkenal di Vietnam dengan iklim sedang dan pemandangan yang indah. Dalat dikenal dengan bunga dan sayuran yang melimpah. Namun, ternyata orang Dalat justru pandai mengolah daging landak yang dimasak dengan bumbu rempah khas Vietnam. Jika Anda tertarik mencoba kuliner ini mungkin Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena harga yang relatif mahal. Hal tersebut dikarenakan keberadaan landak di Vietnam sudah sangat langka. Uniknya, duri landak juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya dengan membakar duri landak hingga menjadi abu, kemudian bungkus dalam kapas dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Ternyata walaupun tergolong makanan ekstrim, kuliner khas Vietnam ini memiliki segudang manfaat. Jika Anda termasuk orang yang berani menyantap hidangan ekstrim ini, tidak ada salahnya mencobanya ketika bertandang ke Vietnam. Bisa jadi hal tersebut bisa menjadi pengalaman kuliner yang tak bisa Anda lupakan.

Artikel Terkait


Kuliner Palembang? Inilah 15 Makanan Khas Palembang yang Wajib di Ketahui

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

Modal Terpenting yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Es Krim

Berburu Nikmatnya 11 Kuliner Pasar Glodok yang Legendaris

27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger

Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.