Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Jamu adalah minuman tradisional yang ada di Indonesia dan jamu identik dengan ramuan alami yang digunakan. Rempah alami menjadi bahan utama pembuatan jamu dan khasiat dari jamu tak kalah dengan obat-obatan medis yang banyak ditemukan di apotek atau rumah sakit. Jamu menjadi minuman yang bermanfaat untuk kesehatan dan jamu tidak memiliki efek samping, karena terbuat dari bahan yang alami tanpa ada campuran bahan kimia.

Kini jamu tak hanya dijual oleh perorangan, namun banyak pula perusahaan jamu yang berkembang di Indonesia dan jamu dengan kemasan instan menjadi produk pilihan banyak masyarakat Indonesia. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ramuan jamu dan ada banyak racikan jamu tradisional yang familiar di Indonesia. Berikut ini adalah racikan jamu tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan:

1. Beras kencur

Beras kencur menjadi salah satu ramuan tradisional yang sangat familiar dan sudah ada sejak jaman dulu. Untuk membuat beras kencur bukanlah hal yang mudah dan ada berbagai bahan alami yang harus disiapkan seperti kencur, jahe, beras serta asam. Beras kencur memiliki rasa yang bercampur antara manis dengan asam dan beras kencur cocok diminum anak-anak ataupun dewasa.

Minum beras kencur bisa menambah nafsu makan, bisa meningkatkan energi dan bisa menghilangkan pegal linu. Minum beras kencur secara rutin akan membuat tubuh selalu sehat dan terjauh dari berbagai macam masalah. Kini penjual jamu beras kencur tersebar di seluruh Indonesia dan sangat mudah untuk didapatkan. Anak-anak diperbolehkan untuk minum beras kencur secara rutin, agar kondisi tubuh anak menjadi kuat dan terjauh dari berbagai jenis penyakit.

2. Kunyit asam

Kunyit asam adalah jamu tradisional yang terdiri dari campuran kunyit, asam jawa, rempah, temulawak dan gula merah. Kini banyak perusahaan yang membuat sajian kunyit asam dengan kemasan yang menarik dan harga kunyit asam kemasan memiliki harga yang terjangkau. Kunyit asam sudah populer sejak jaman dulu dan sudah banyak diminum oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dulu.

Setiap penjual jamu eceran, biasanya memiliki ramuan khusus dalam menyajikan kunyit asam dan jamu kunyit asam sangat cocok diminum remaja putri yang mengalami datang bulan. Tak hanya menyembuhkan rasa sakit saat haid, kunyit asam juga memiliki manfaat lain buat kesehatan seperti meremajakan sel dalam tubuh, mencerahkan kulit wajah dan bermanfaat untuk proses diet. Minum kunyit asam secara rutin, bisa membuat wajah wanita menjadi lebih cerah dan tahan terhadap berbagai serangan pada kulit.

3. Temulawak

Temulawak adalah salah satu jamu tradisional yang banyak disukai masyarakat Indonesia dan temulawak sangat baik untuk anak-anak. Untuk membuat temulawak ada beberapa campuran bahan yang disiapkan seperti jinten, gula aren dan asam jawa. Jamu temulawak sangat baik dikonsumsi secara rutin dan temulawak sangat mudah ditemukan di berbagai tempat seperti di toko jamu, penjual jamu keliling serta di tempat lainnya.

Ada banyak manfaat saat meminum temulawak seperti melancarkan sistem kerja pencernaan, mengatasi penyakit osteoarthritis, bisa mencegah penyakit kanker, menyembuhkan peradangan, membasmi bakteri, membasmi jamur, menghilangkan jerawat, mencegah liver dan pencegahan penyakit lainnya. Masalah sistem pencernaan seringkali mengganggu aktivitas seseorang dan masalah pencernaah harus diatasi dengan cepat.

4. Sinom

Sinom adalah ramuan tradisional yang sangat mirip dengan kunyit asam dan bahan utama pembuatan sinom adalah daun asam yang masih muda. Ada berbagai bahan tambahan yang harus disiapkan seperti gula pasir, gula merah, kayu manis, pala, kunyit, kapulaga dan temulawak. Sinom sangat mudah diperoleh diberbagai tempat dan menjadi salah satu jamu favorit banyak masyarakat Indonesia.

Sinom memiliki banyak khasiat buat kesehatan seperti pengobatan antiseptik, mencegah masuk angin, menyembuhkan masuk angin, antioksidan alami, mengurangi rasa sakit saat haid, melancarkan sembelit, mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan dalam darah dan mampu melancarkan pernapasan. Sinom memang kalah familiar dibandingkan temulawak dan kunyit asam, namun secara khasiat tak kalah bagusnya.

5. Cabe Puyang

Cabe Puyang adalah salah satu jenis ramuan tradisional yang terbuat dari campuran cabe jamu dan puyang. kini cabe puyang banyak dibuat dalam bentuk kemasan dan dijual dengan harga terjangkau. Kini cabe puyang juga, bisa didapatkan secara online di berbagai laman sosial media dan ada beberapa marketplace yang menyediakan cabe puyang dalam kemasan yang bervariasi. Penjual jamu gendong seringkali mendapat pelanggan yang senang konsumsi cabe puyang dan khasiat cabe puyang dari penjual gendong sangatlah baik untuk kesehatan.

Ada banyak manfaat cabe puyang untuk kesehatan seperti melancarkan sistem pencernaan, mengurangi pegal, menjaga berbagai penyakit kulit dan bisa meredakan sakit gigi. Ramuan nenek moyang cabe puyang sangat aman dikonsumsi secara rutin dan tidak ada efek samping yang akan timbul. Kebanyakan konsumen yang rutin meminum cabe puyang adalah konsumen dewasa dan cabe puyang sangat baik bagi para orang tua lanjut usia.

6. Pahitan

Pahitan adalah salah satu jamu tradisional yang memiliki rasa tidak enak alias pahit dan bahan utama pembuatan pahitan adalah sambiloto. Tak hanya sambiloto, campuran brotowali juga menambah rasa pahit pada jamu dan pahitan banyak disukai konsumen yang sudah tua atau lanjut usia. Pahitan bisa didapatkan di berbagai tempat penjualan obat tradisional seperti toko jamu, toko obat, penjual jamu gendong dan berbagai tempat lainnya.

Pahitan juga memiliki banyak khasiat buat kesehatan seperti menyembuhkan pegal-pegal, menambah selera makan atau nafsu makan, memperkecil resiko diabetes dan bisa digunakan sebagai terapi cuci darah. Tak hanya itu, meminum pahitan juga bisa membersihkan kulit muka dari jerawat dan penggunaannya yang sederhana memudahkan para konsumen untuk memanfaatkan pahitan untuk kesehatan.

7. Uyup-Uyup

Uyup-Uyup adalah jamu tradisional yang terbuat dari campuran kencur, jahe, empon-empon, temulawak, laos, puyang, temugiring dan kunir. Uyup-uyup banyak digunakan oleh ibu yang sedang menyusui, karena dipercaya mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Jamu tradisional ini sangat mudah untuk didapatkan, karena banyak dijual oleh penjual jamu gendong yang berkeliling dan harga jamu ini sangatlah terjangkau.

Tak hanya bisa meningkatkan ASI, uyup-uyup juga bisa menghilangkan bau badan seseorang dan bisa mengatasi kembung. Jamu ini sangat baik dikonsumsi oleh wanita, karena secara khasiat sangat menguntungkan wanita dan rasanya yang lumayan enak, tak akan membuat mual. Kini penggunaan jamu tradisional sangatlah penting, karena jamu tradisional memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan obat medis.

8. Kunci sirih

Kunci sirih adalah salah satu jenis ramuan tradisional yang terbuat dari campuran rimpang kuci dengan daun sirih dan ada beberapa tambahan bahan lain seperti buah asam dengan empon-empon. Kunci sirih sangat bermanfaat bagi wanita, karena bisa menghilangkan masalah keputihan, bisa menghilangkan bau badan, bisa memperkuat gigi dan bisa merapatkan bagian sensitif kewanitaan.

Demikian ulasan lengkap mengenai racikan jamu tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Artikel Terkait


Ini Dia 10 Tips Pola Hidup Sehat Bagi Orang yang Sibuk

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

Sulit Tidur Meskipun Tubuh Lelah? Ini 8 Tips Sederhana Untuk Mengatasinya

10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.