Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Magelang adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah dan Magelang memiliki kawasan yang tidak terlalu besar, namun Magelang miliki banyak kelebihan. Magelang dijuluki sebagai kota santri, karena banyak sekali pesantren yang ada di Magelang dan santri yang datang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk berkunjung ke Magelang sangatlah mudah, karena akses jalannya sangat baik.

Kini Magelang memiliki banyak tempat wisata buatan dan pengembangan tempat wisata terus dilakukan pihak pemerintah. Potensi wisata alam yang dimiliki Magelang sangatlah besar dan banyak tempat wisata yang cocok untuk dikunjunggi. Salah satu tempat wisata yang populer di Magelang adalah Candi Borobudur dan Magelang juga memiliki sajian kuliner yang khas. Berikut ini adalah makanan khas Magelang yang wajib diketahui:

1. Kupat Tahu

Kupat tahu di Indonesia memang sangat banyak jenisnya dan salah satu kupat tahu yang populer di Indonesia adalah ketupat Magelang. Salah satu pembeda ketupat Magelang dengan ketupat lain adalah racikan bumbunya yang sangat lengkap dan makanan ini banyak disukai masyarakat Magelang. Ada beberapa makanan yang cocok dinikmati dengan kupat tahu Magelang seperti tahu putih, mie, bakwa dan irisan kol.

Kupat tahu yang banyak di jual di Jakarta biasanya memiliki rupa dan rasa yang hampir mirif ketoprak. Popularitas kupat tahu sangatlah tinggi dan banyak sekali penikmat kupat tahu di Indonesia. Kupat tahu sangat cocok dinikmati pagi hari dan digunakan sebagai makanan saat sarapan. Harga kupa tahu sangatlah terjangkau oleh semua kalangan.

2. Buntil Daun Talas

Buntil adalah salah satu makanan tradisional yang sangat populer di Indonesia dan ada beberapa daun yang biasa digunakan untuk membungkus buntil. Buntil menjadi makanan yang sangat nikmat dan makanan ini sangat cocok dinikmati dengan nasi. Ada banyak wisatawan asing yang juga menyukai sajian Buntil dan nikmatnya buntil membuat lidah wisatawan ketagihan.

Salah satu jenis buntil yang paling populer adalah buntil daun talas dan keunikkan dari buntil daun talas adalah rasanya yang gurih. Daun talas yang dipilih adalah daun talas yang masih muda dan isi dari buntil biasanya berupa biji petai, udang asin serta parutan kelapa. Pembuatan buntil sangatlah sederhana dan bumbu yang digunakan sangatlah alami.

3. Nasi Goreng Magelangan

Nasi Goreng adalah salah satu makanan yang paling populer di indonesia, karena sangat mudah ditemukan di berbagai tempat dan penjual nasi goreng memiliki racikannya tersendiri. Harga untuk satu porsi nasi goreng sangatlah terjangkau, tak heran banyak orang yang menyukainya dan ada banyak makanan pelengkap yang bisa disajikan dengan nasi goreng.

Nasi goreng khas Magelang adalah salah satu jenis masakan yang cocok untuk dinikmati, karena memiliki rasa yang sangat nikmat dan cocok dikonsumsi saat malam hari. Ada beberapa makanan yang biasa disajikan dengan nasi goreng seperti mie basah dengan tulang ayam atau balungan dan harga nasi goreng khas magelang sangatlah terjangkau untuk semua kalangan.

4. Sup Senerek

Magelang memiliki cerita sejarah yang sangat panjang dan memunculkan berbagai hal unik yang bisa dikaji masyarakat. Salah satu makanan khas Magelang yang memiliki pengaruh kolonial Belanda adalah sup senerek dan makanan ini memiliki tampilan yang sangat unik. Sup senerek menjadi salah satu makanan yang rekomended untuk dicoba saat berkunjung ke Magelang dan makanan ini miliki rasa yang sangat lezat.

Sup Senerek memang sangat menyegarkan dan makanan ini memiliki aroma yang sangat menggoda. Makanan ini banyak dijual dengan harga yang terjangkau, jadi sangat cocok untuk dirasakan para wisatawan yang datang ke Magelang. Wisata kuliner di Magelang, bisa dinikmati dengan anggota keluarga dan makanan ini bisa dikonsumsi oleh semua umur.

5. Mangut Lele

Lele adalah salah satu jenis ikan yang banyak diternak di Indonesia dan Lele menjadi ikan yang memiliki rasa gurih. Ada berbagai olahan makanan yang dihasilkan lele dan harga makanan yang terbuat dari lele sangatlah terjangkau. Lele memang bisa diolah dengan berbagai cara dan makanan ini, sangat cocok dikonsumsi di berbagai kondisi.

Salah satu makanan yang terbuat dari olaha lele adalah mangut lele dan makanan ini menjadi makanan khas Magelang. Mangut lele memiliki rasa yang sangat enak, karena teksturnya sangat gurih dan aroma asam manis sangat menambah kenikmatannya. Rempah yang digunakan sangatlah tradisional mulai dari bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, jeruk purut, santan dan berbagai bahan lainnya.

6. Opor Enthog

Opor Enthog adalah salah satu makanan khas Magelang dan makanan ini berbahan dasar hewan angsa. salah satu kawasan yang banyak ditemukan penjual opor entog adalah kawasan desa Menowo di Magelang dan harga opor entog di Magelang sangatlah bervariasi, tergantung dari tempat yang menjualnya. Banyak wisatawan yang mencoba menikmati sajian opor entog saat berkunjung ke Magelang.

Angsa atau entog yang akan diolah, sebaiknya sembelih dengan cara yang baik dan masak angsa dengan cara di bakar dengan tungku, hal ini akan membuat bulu angsa rontok dengan mudah. Opor entog memiliki rasa yang sangat nikmat dan menjadi makanan pelengkap nasi putih. Ada beberapa lalapan yang cocok disajikan dengan opor entog seperti mentimun dengan daun pepaya.

7. Mangut Beong

Magelang menjadi salah satu kabupaten yang melakukan pembangunan dengan sangat cepat, hal ini dari perkembangan daerahnya yang baik dan masyarakat Magelang terkenal dengan kesantunannya. Sajian kuliner Magelang memang sangat lengkap, karena banyak sekali kuliner khas Magelang yang nikmat dan setiap kuliner magelang, pasti memiliki keunikkan dari segi rasa.

Salah satu makanan khas Magelang yang terkenal adalah Mangut Beong dan banyak masyarakat asli Magelang yang menyukai Mangut beong. Beong adalah salah satu ikan air tawar yang jenisnya mirif dengan lele, namun ukuran beong lebih besar dibanding lele dan beong menjadi ikan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan.

8. Bakmi Jombor

Mie adalah makanan sejuta umat dan mie terdiri dari berbagai jenis. salah satu makanan yang terbuat dari mie adalah bakmi jombor dan makanan ini adalah makanan khas Magelang. Makanan ini bisa menimbulkan ketagihan penikmatnya dan makanan ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Rasa bakmi jombor sangatlah nikmat dan bisa dicoba saat berkunjung atau berwisata di Magelang.

Bakmi jombor biasanya ditambahkan dengan makanan lain seperti paha ayam, telur dan dada ayam. Makanan ini juga banyak disukai anak muda Magelang dan menjadi makanan yang cocok dinikmati dengan pasangan. Berwisata ke Magelang jangan takut kekurangan makanan, karena sajian kuliner di Magelang sangatlah variatif dan banyak makanan halal yang dijual di Magelang.

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan khas Magelang yang wajib diketahui dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Artikel Terkait


Ini Dia 9 Kuliner Ekstrim di Vietnam, Berani Coba?

Kuliner Palembang? Inilah 15 Makanan Khas Palembang yang Wajib di Ketahui

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang

Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

Serba Serbi Seputar Tip Makan di Restoran Seluruh Dunia dan Cara Terbaik Memberikannya


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.