Ini Dia 7 Tips Untuk Mencegah dan Mengusir Nyamuk

Nyamuk adalah salah satu hewan kecil yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan nyamuk bisa menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit demam berdarah menjadi dampak buruk gigitan nyamuk dan ada beberapa jenis nyamuk yang biasanya menyerang manusia. Nyamuk menjadi hewan yang banyak berkumpul di semak-semak dan rumah yang tidak bersih seringkali disukai nyamuk.

Dampak paling sering terjadi, akibat gigitan nyamuk adalah timbulnya bengkak atau bentol di kulit dan gigitan nyamuk seringkali membuat gatal. Bagi seseorang yang memiliki alergi, gigitan nyamuk dapat berdampak parah dan seringkali membuat para penderita alergi menjadi pingsan. Gigitan nyamuk harus dapat dicegah dengan baik dan jangan biarkan nyamuk meraja rela. Berikut ini adalah tips untuk mencegah nyamuk gigit kulit:

1. Oleskan minyak peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu minyak yang terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk dan ada banyak jenis nyamuk yang bisa dicegah seperti Aedes aegypti. Minyak peppermint sudah populer sejak lama dan seringkali digunakan oleh masyarakar Indonesia. Penggunaan minyak peppermint sangatlah sederhana, karena cukup dioleskan saja ke semua bagian tubuh dan minyak peppermint tidak akan menimbulkan efek samping.

Minyak peppermint biasanya dicampurkan dengan lemon, agar menghasilkan aroma yang segar dan jangan menggunakan minyak ini secara berlebihan, karena efeknya akan terasa sangat panas. Minyak peppermint aman digunakan anak-anak dan menjadi minyak legendaris yang digunakan sejak jaman dulu. Harga minyak peppermint di pasaran sangatlah mudah, namun memberikan jaminan kenyamanan buat penggunannya dan menjauhkan berbagai jenis nyamuk yang bisa menyerang.

2. Nyalakan kipas angin

Kipas angin adalah peralatan elektronik yang sangat familiar dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kipas angin sangat mengandalkan energi listrik untuk dapat berfungsi dan tujuan utama penggunaan kipas angin adalah untuk membuat suhu ruangan menjadi dingin. Kini kipas angin diciptakan dengan berbagai bentuk yang variatif dan ada banyak merk kipas angin yang di kenal di Indonesia.

Harga kipas angin sangatlah bervariasi, karena tergantung dari merknya dan sistem kerja kipas angin diambil dari baling-baling pada jaman dulu. Kipas angin juga bisa mencegah gigitan nyamuk dan bisa menjauhkan nyamuk dari tubuh, karena nyamuk akan terdorong olah angin yang dihasilkan kipas. Penggunaan kipas angin banyak terlihat di berbagai wilayah yang miliki cuaca panas seperti Jakarta dan bekasi.

Nyamuk adalah binatang yang tidak bisa terbang dalam waktu lama dan nyamuk akan mudah terdorong oleh angin yang dihembuskan kipas. Dengan kipas angin, kinerja terbang nyamuk akan sangat terganggu dan nyamuk akan sulit untuk melakukan gigitan ke kulit. Kipas angin menjadi salah satu solusi terbaik untuk mencegah serangan nyamuk dan penggunaan kipas angin bisa digunakan di kamar tidur.

3. Jangan biarkan sampah menumpuk

Sampah adalah berbagai hal yang bekas digunakan ataupun bekas dikonsumsi. Ada 2 jenis sampah yang seringkali dihasilkan yaitu sampak organik dan anorganik. Sampah plastik adalah jenis sampah yang tahan lama dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, karena butuh waktu lama untuk membasmi sampah plastik. Pembakaran menjadi cara efektif untuk menghilangkan sampah plastik.

Sampah sisa makanan menjadi jenis sampah yang mudah busuk dan sangat disukai oleh nyamuk, karena sering dijadikan tempat bersarang nyamuk. Dengan membuang sampah pada tempatnya dan membuang sampah secara rutin, akan menjauhkan berbagai jenis nyamuk. Tumpukan sampah menjadi hal yang disukai nyamuk dan menghilangkan tumpukan sampah, dapat menjauhkan nyamuk.

Tidak memiliki sampah menumpuk di rumah, akan mengurangi resiko penyerangan kawanan nyamuk dan membuang sampah secara cepat, menjadi salah satu tips jitu mencegah gigitan nyamuk terhadap kulit. Nyamuk yang berhasil menyerang kulit, biasanya akan menyedot sedikit darah dan jangan biarkan nyamuk mengigit kulit anak-anak, karena bisa menimbulkan gatal pada kulit anak.

4. Gunakan minyak catnip

Minyak catnip adalah salah satu minyak yang bisa menghindarkan gigitan nyamuk dan penggunaan minyak catnip sangat mudah, karena hanya perlu dioleskan secara perlahan. Minyak catnip terbuat dari bahan yang alami, sehingga sangat aman digunakan dan tidak akan menimbulkan efek samping. Minyak catnip dijual dengan harga terjangkau dan sangat mudah didapatkan, karena tersedia di berbagai tempat.

Minyak catnip bisa melindungi kulit dari gigitan nyamuk selama 7 jam dan minyak catnip aman digunakan untuk anak-anak. Gunakanlah minyak catnip secukupnya dan nyamuk yang mendekati kulit, akan menjauh dengan adanya minyak catnip. Manfaat utama dari adanya minyak catnip, pengguna bisa tidur dengan nyaman dan tidak akan ada nyamuk mengganggu saat tidur.

5. Gunakan minyak sereh

Minyak sereh adalah minyak alami yang aman bagi kulit dan bisa melindungi kulit dari serangan nyamuk. Minyak sereh yang digabungkan dengan minyak esensial bisa mengusir berbagai jenis nyamuk yang mendekati kulit. Minyak sereh termasuk dalam jajaran minyak tradisional dan penggunaannya telah dimanfaatkan sejak jaman dulu.

Kini banyak perusahaan yang membuat obat untuk mengusir nyamuk di kulit dan salah satu campuran bahannya adalah minyak sereh. Minyak sereh sangat aman untuk digunakan di kulit, karena sangat alami dan minyak sereh tidak akan menimbulkan efek samping. Minyak sereh aman digunakan anak-anak dan sangat mudah didapatkan dipasaran.

6. Bersihkan genangan air

Genangan air adalah tempat yang paling nyaman untuk nyamuk bersarang dan genangan air bisa terjadi di berbagai tempat. Genangan air menjadi tempat fevorit nyamuk untuk berkembang biak dan tidak adanya genangan air akan menjauhkan serangan dari nyamuk. Tempat yang bersih sangat dijauhi nyamuk dan genangan air bisa dihindari dengan mengecek berbagai sudut ruangan.

Pada dasarnya nyamuk sangat menyukai tempat yang kotor dan nyamuk senang berada di tempat yang lembap. Jangan biarkan nyamuk meraja rela di area rumah dan jauhkan serangan nyamuk dengan selalu membersihkan rumah. Banyak yang berpendapat bahwa kebersihan sebagian dari iman dan kebersihan akan menjauhkan berbagai jenis penyakit.

7. Gunakan obat nyamuk bakar

Obat nyamuk bakar menjadi salah satu cara membasmi nyamuk dan obat nyamuk bakar sangat efektif memberantas nyamuk. Obat nyamuk bakar memiliki racun yang bisa membuat nyamuk mati dan nyamuk akan mati dalam waktu yang singkat. Pada dasarnya nyamuk tidak menyukai bau asap obat nyamuk dan nyamuk akan lebih mudah mati, saat menghirup asap obat nyamuk bakar.

Nyamuk bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali orang dewasa dengan anak-anak dan salah satu mengatasi serangan nyamuk, bakarlah obat nyamuk bakar sebelum tidur. Asap obat nyamuk, jangan sampai terhirup hidung dan asap obat nyamuk, bisa menyebabkan sesak napas bila terhirup secara berlebihan. Gunakanlah obat nyamuk bakar secukupnya dan jangan membakar obat nyamuk secara berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips untuk mencegah nyamuk gigit kulit dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Artikel Terkait


Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Sulit Tidur Meskipun Tubuh Lelah? Ini 8 Tips Sederhana Untuk Mengatasinya

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.