Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Papua adalah kawasan yang memiliki keindahan alam yang eksotis dan banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Papua. Kini perkembangan terus dilakukan di papua, hal ini dilakukan pemerintah untuk mempercepat pemerataan dan papua memiliki surga wisata tersembunyi, kondisi alam papua sangatlah alami. Kini persebaran masyarakat papua di Indonesia semakin luas dan banyak warga papua yang memilih kuliah di luar daerah.

Papu tak hanya bicara soal alamnya yang indah, karena papua juga memiliki sajian kuliner yang khas dan mayoritas makanan papua terbuat dari tepung sagu. Saat berkunjung ke papua, tentu ada banyak makanan yang bisa dinikmati dan dibawa pulang. Semua makanan papua memiliki keunikkannya masing-masing dan harga makanan papua sangatlah terjangkau. Berikut ini adalah makanan khas papua yang wajib diketahui:

1. Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari adalah sajian kuliner yang ada di Papua dan Ikan Bakar Manokwari terbuat dari ikan tongkol yang disajikan dengan bumbu yang nikmat. Makanan ini banyak dicari wisatawan yang datang ke Papua, karena ciri khas rasanya yang nikmat dan lezat. Makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau dan makanan ini banyak yang menjual di Papua. Makanan ini disajikan sebagai pendamping nasi putih.

2. Papeda

Papeda adalah salah satu makanan pokok yang banyak digemari masyarakat Papua dan papeda menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Bahan dasar pembuatan papeda adalah sagu dan makanan ini seperti bubur yang dimasak pada bumbu yang berkuah kuning. Tak hanya itu, banyak restoran di Papua yang menjual papeda dengan tampilan menarik dan dijual dengan harga yang terjangkau.

3. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus adalah makanan yang terbuat dari ikan yang dibungkus dengan daun talas dan makanan menggunakan rempah pilihan yang menambah rasa gurih. Makanan ini dibakar dengan api yang kecil, hingga ikan dalam bungkusan matang dan makanan ini bisa dikonsumsi siapa saja. Makanan ini banyak dijual di restoran pinggir pantai di Papua dan harga makanan ini dijual dengan terjangkau.

4. Sate Ulat Sagu

Sate adalah salah satu makanan yang sudah lama ada di Indonesia dan salah satu sate terunik yaitu sate ulat sagu yang berasal dari papua. Bagi kebanyakan orang ulat sagu menjadi hewan yang menjijikan, namun banyak orang papua yang menyukai makanan ini dan makanan ini banyak disukai wisatawan mancanegera. Rasanya yang nikmat, karena ditambahkan bumbu yang lezat dan nikmat.

5. Abon Gulung

Abon gulung adalah salah satu makanan yang banyak disukai wisatawan, karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang sangat nikmat. Abon yang dimasukan dalam roti, membuat rasa roti semakin nikmat dan gurihnya abon sangat terasa di lidah para penikmatnya. Roti memiliki bentuk bulat lonjong dan warna roti ini kecoklatan. Rasanya yang khas membuat banyak orang ketagihan.

6. Kue Lontar

Kue Lontar adalah salah satu makanan yang sangat disukai masyarakat Indonesia dan makanan khas papua ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Kue lontar memiliki rasa yang sangat nikmat dan bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke papua. Makanan murah ini berbahan dasar telur dan menjadi makanan yang banyak dipesan saat musim lebaran ataupun musim perayaan natal.

7. Aunuve Habre

Aunuve Habre adalah makanan khas Indonesia bagian timur dan makanan yang banyak ditemukan di papua ini memiliki sajian yang sangat simpel. Makanan ini sangat lezat dengan tambahan bumbu yang lengkap dan banyak masyarakat papua yang menyukai Aunuve Habre. Bahan pembuatan Aunuve Habre adalah ikan cakalang dan makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat, sangat cocok dinikmati masyarakat Indonesia.

8. Martabak Sagu

Martabak adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan martabak menjadi makanan yang banyak dijual pada malam hari. Martabak biasanya disajikan dengan berbagai rasa dan salah satu jenis martabak yang paling unik adalah martabak sagu dari papua. Pembuatan martabak papua sangatlah mudah dan memiliki rasa yang sangat nikmat. Martabak sagu banyak disukai para wisatawan yang datang ke Papua.

9. Cacing Laut

Cacing Laut adalah salah satu hewan yang bisa meningkatkan kejantanan pria dan cacing laut memiliki rasa yang lumayan lezat. Cacing laut menjadi salah satu makanan khas Papua yang banyak dicari wisatawan dan makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Cacing laut memiliki tekstur yang sangat kenyal dan sangat enak dinikmati dengan minuman khas papua. Makanan ini dijual dengan harga terjangkau di Papua.

10. Udang Selingkuh

Mendengar kata selingkuh, pasti teringat sebuah hal yang sangat negatif dan di Papua, udang selingkuh adalah makanan yang sangat nikmat. Udang selingkuh sangat mudah didapatkan di papua, karena masyarakat Papua sangat menyukainya dan harga makanan unik ini dijual dengan harga yang terjangkau. Makanan ini memiliki testur udang yang sangat lembut dan rasanya didominasi manis.

11. Kue Bagea

Kue Bagea adalah salah satu makanan yang terbuat dari tepung sagu dan makanan ini bisa dinikmati semua orang. Makanan ini menjadi makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Papua dan bentuk makanan ini seperti batang pohon yang dipotong-potong. Untuk membuat makanan ini sangatlah sederhana dan makanan ini cocok dikonsumsi dengan minuman hangat. Sagu menjadi bahan yang banyak digunakan untuk membuat makanan lainnya di Papua.

12. Aunu Senebre

Aunu Senebre adalah makanan tradisional khas papua dan makanan ini memiliki rasa yang istimewa. Saat berwisata ke Papua, akan mudah menemukan makanan ini dan harga makanan ini dijual dengan sangat terjangkau. Makanan ini terbuat dari bahan yang sangat sederhana dan ada beberapa bahan yang dimasukan seperti nasi, ikan, parutan kelapa dengan irisan daun talas. Makanan ini dional dengan cara dikukus dan makanan ini sangat nikmat dirasakan malam hari.

13. Sagu Lempeng

Sagu adalah makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Papua dan salah satu makanan olahan sagu adalah Sagu Lempeng. Makanan ini dicetak dengan cara di panggang menggunakan besi dan makanan ini bisa dinikmati bersama anggota keluarga. Makanan ini bisa dijadikan sebagai buah tangan saat berkunjung ke Papua.

14. Keripik Keladi

Keripik adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia dan keripik bisa terbuat dari berbagai bahan. Salah satu hidangan keripik paling populer adalah keripik singkong dan harga makanan ini sangatlah terjangkau. Keripik keladi adalah makanan khas papua yang sudah ada sejak jaman dulu dan makanan ini berbahan dasar keladi yang merupakan umbi. Makanan ini biasanya disajikan dengan rasa yang pedas, manis dan gurih.

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan khas papua yang wajib diketahui dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

 

 

Artikel Terkait


Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Liburan ke Banten? Ini Dia 8 Makanan Khas Banten


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.