Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Reproduksi Wanita adalah bagian terpenting dari wanita dan pasti dimiliki semua wanita. Menjaga bagian reproduksi menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar alat reproduksi tetap terjaga kesehatannya dan terjauh dari berbagai jenis bakteri atau kuman. Organ reproduksi pada wanita terdiri dari vagina, mulut rahim, indung telur, rahim, tuba falopi dan klitoris. Semua organ reproduksi memiliki peranan yang sangat signifikan dan organ reproduksi sangat penting untuk melakukan hubungan seksual.

Menjaga reproduksi bisa dilakukan dengan banyak cara dan semua organ reproduksi harus berjalan dengan baik, karena saat ada gangguan akan berdampak pada hasil reproduksinya. Reproduksi wanita yang tidak baik, bisa menimbulkan wanita sulit hamil atau mandul dan akan menghambar proses lahirnya keturunan. Ada banyak tips untuk menjaga alat reproduksi tetap sehat dan jauh dari berbagai gangguan. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan reproduksi wanita:

1. Rutin bersihkan organ intim

Vagina menjadi bagian wanita yang harus bersih dan secara rutin harus dibersihkan, agar tidak ada sumber penyakit yang bisa masuk. Reproduksi wanita harus dibersihkan terutama setelah buang air kecil atau buang air besar dan gunakanlah sabun khusus untuk organ kewanitaan, agar terhindar dari infeksi. Jangan menggunakan sabun yang sembarangan, karena bisa menimbulkan infeksi pada bagian vagina dan saat infeksi terjadi, tentu akan sangat merugikan.

2. Makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat, menjadi sebuah hal yang penting dilakukan dan makanan bergizi akan menghasilkan energi yang baik buat tubuh dan dengan makanan yang baik, nutrisi tubuh bisa terjaga. Asupan nutrisi yang sangat penting buat alat reproduksi wanita seperti lemak sehat, protein, vitamin, mineral dan serat. Nutrisi sehat bisa diperoleh dari makanan yang sehat seperti buah-buahan segar, sayuran segar, susu, telur, ikan dan daging. Makanan sehat bisa didapatkan di banyak tempat dan setiap makanan sehat pasti memiliki khasiatnya tersendiri.

3. Penuhi cairan yang cukup

Cairan tubuh yang kurang terpenuhi bisa mengurangi kesehatan reproduksi wanita dan minum air putih 8 gelas sehari bisa menjadi cara untuk membuat sehat alat reproduksi. Jangan terlalu banyak konsumsi minuman yang mengandung bahan pengawet atau minuman yang menggunakan kemasan. Minum air putih sangat baik untuk kesehatan dan bisa mencegah tubuh terkena berbagai macam penyakit. Alat reproduksi wanita menjadi bagian yang sangat vital bagi wanita dan kesehatannya bisa menentukan keberhasilan menghasilkan keturunan.

4. Hindari stres

Stres adalah kondisi yang sangat dihindari banyak orang, namun stres bisa terjadi dengan berbagai permasalahan yang terjadi dan pikiran yang terlalu fokus terhadap suatu masalah, bisa menimbulkan stres akut. Menghindari stres bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan kegiatan yang menyenangkan hati serta pikiran, melakukan hobi dan berbagai cara lainnya. Tingkat stres yang tinggi juga bisa mempengaruhi kesehatan alat reproduksi wanita dan bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit di alat reproduksi.

5. Seimbangkan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebihan, akan memudahkan berbagai penyakit masuk dan badan yang terlalu kecil, bisa memunculkan berbagai jenis penyakit. Seimbangkan berat badan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dan dengan berat badan yang seimbang, maka sistem reproduksi wanita dapat terjaga dengan baik. Pola hidup yang teratur sangat berpengaruh terhadap berat badan dan semakin sehat pola hidup, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Jangan biarkan alat reproduksi rusak, karena pola hidup yang kurang sehat dan kerusakan alat reproduksi sangatlah merugikan.

6. Jangan melakukan hubungan seksual dengan siapa saja

Melakukan hubungan seksual sembarangan akan memunculkan berbagai penyakit yang masuk dan hindarilah pergaulan bebas, agar tidak melakukan hubungan di luar nikah. Lakukanlah hubungan seksual dengan pasangan resmi, agar kondisi kesehatan alat reproduksi terjaga dengan baik dan hindari hubungan seksual dengan beberapa lelaki, karena akan merusak diri sendiri. Hubungan seksual adalah kebutuhan semua wanita dewasa dan wanita yang menikah, pasti akan melakukan hubungan seksual dengan tujuan menghasilkan keturunan.

7. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol adalah minuman yang dilarang oleh pemerintah, karena mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh dan wanita yang mengkonsumsi alkohon, akan memperoleh risiko terkena gangguan ovulasi. Alkohol memang merusak tubuh peminumnya dan bisa membuat manusia tidak sadarkan diri, karena bisa bertindak sewenang-wenang. Bahaya alkohol bisa merusak sistem reproduksi wanita dan wanita yang hamil, bisa mengalami keguguran akibat alkohol. Gantilah minuman beralkohol dengan minuman yang sehat seperti susu dan air putih.

8. Jangan mengkonsumsi obat-obatan terlarang

Obat terlarang sangat banyak jenisnya dan sangat sulit untuk dihindari. Mengkonsumsi obat terlarang bisa merusak berbagai sel yang ada di tubuh dan alat reproduksi wanita bisa terganggu dengan masuknya obat terlarang atau narkoba. Jangan pula mengkonsumsi obat tanpa anjuran dokter, karena berisiko menimbulkan efek samping dan obat-obatan warung atau obat herbal sebaiknya dihindari. Kesehatan alat reproduksi wanita bisa dijaga dengan melakukan pola hidup sehat dan menghindari berbagai obat-obatan yang dilarang untuk dikonsumsi.

9. Rutin olahraga

Olahraga menjadi kegiatan sehat yang bisa menjaga kondisi tubuh dan wanita yang rutin olahraga, akan memiliki kondisi alat reproduksi sehat. Senam dan yoga menjadi olahraga yang baik untuk kesehatan organ intim wanita. Banyak wanita yang kesulitan untuk hamil, akibat pola hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga. Keringat yang keluar dari tubuh, akan membuang berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang dan wanita bisa melakukan kegiatan olagraga ringan seperti jalan santai, lari, senam dan berbagai olahraga ringan lainnya.

10. Hindari merokok

Merokok menjadi kegiatan yang menyenangkan buat beberapa kalangan dan merokok dapat dilakukan di berbagai tempat. Wanita yang suka merokok, bisa terkena berbagai jenis penyakit dan hal ini harus dihindari, agar tak menghasilkan penyakit yang berbahaya. Merokok bisa mengurangi jumlah sel telur wanita dan bagi wanita yang hamil, bisa mengganggu kondisi rahim. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari rokok dan menjauhkan rokok dari kegiatan sehari-hari. Asap rokok mengandung zat yang berbahaya bagi alat reproduksi wanita dan bisa menghasilkan penyakit berbahaya di area reproduksi.

11. Jangan terlalu lelah

Menjaga kondisi kesehatan alat reproduksi wanita bisa dilakukan dengan istirahat cukup dan hindari kegiatan yang melelahkan. Wanita harus tidur selama 8-9 jam perharinya dan jangan begadang untuk hal-hal yang tidak penting seperti menonton tv, bermain game serta kegiatan lainnya. Tidurlah tepat waktu, agar kondisi kesehatan alat reproduksi terjaga dengan baik dan terjauh dari penyakit atau infeksi. Hindari pekerjaan yang berat dan jangan melakukan pekerjaan berat seperti membawa beban terlalu berat atau begadang semalaman.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Artikel Terkait


Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini Dia 10 Tips Pola Hidup Sehat Bagi Orang yang Sibuk

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.