Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

Dunia industri properti juga akan terkena imbasnya dengan terhambatnya pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Pasalnya, minat konsumen untuk membeli rumah atau apartemen sudah menjadi kebutuhan kedua sesudah kebutuhan pangan dan sandang tercukupi. Dikatakan jika sekarang ini, penurunan bisnis broker properti terjadi sebesar 10?n terjadi pada sektor rumah serta apartemen.

Meski begitu, anda yang memiliki profesi sebagai seorang broker properti tidak perlu panik karena kami punya beberapa tips menjadi broker properti di tengah tengah kondisi yang sedang krisis.

  1. Jangan Cuma Jadi Broker Tetapi Juga Sebagai Konsultan

Ketika menjalani profesi sebagai broker, maka jangan hanya menjadi penghubung antara penjual dan pembeli, akan tetapi broker juga dituntut harus lebih profesional, mempunyai pengetahuan yang banyak tentang properti dari mulai urusan legalitas sampai analisa investasi.

Selain itu, seorang broker juga harus bisa menjadi konsultan bagi kliennya sehingga jika nantinya sudah menjadi klien, orang tersebut bisa merasa sangat nyaman karena selalu ada ketika dibutuhkan.

  1. Tawarkan Harga yang Realistis

Ekonomi yang sedang sulit membuat seorang broker harus lebih pintar dalam mencari klien dan salah satu caranya adalah dengan memberikan harga yang lebih realistis pada pencari properti.

Seorang broker harus dapat menyampaikan pada penjual properti tentang berapa harga pasaran properti pada area tersebut, jangan sampai harga tersebut terlalu mahal dan jika masih mungkin, maka pasang harga di bawah rata rata akan tetapi tetap wajar.

Sebetulnya, sampai kapan pun minat masyarakat untuk membeli properti tetap banyak meski pasar masih menunggu dan melihat perkembangan ekonomi. Untuk itu, jika calon pembeli dipancing dengan harga di bawah rata rata, maka pastinya akan lebih berminat.

  1. Tingkatkan Fokus Lebih Baik Lagi

Fokus juga menjadi tips selanjutnya bagi seorang broker ketika menghadapi kondisi yang krisis. Sangat disarankan untuk setiap broker lebih fokus ketika menjalankan profesinya dan jangan jadikan pekerjaan tersebut hanya sebagai sambilan saja.

  1. Gabung Dengan Asosiasi Broker

Bergabung dengan asosiasi broker sangatlah penting untuk dilakukan sebab dengan bergabung bersama asosiasi broker, maka anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh ketika bergabung dengan asosiasi broker adalah informasi paling baru tentang industri properti, link baru atau juga mengikuti banyak pelatihan broker.

  1. Pakai Portal Properti

Salah satu instrumen yang penting ketika berbisnis properti adalah memakai portal properti. Menjual properti memakai media online untuk sekarang ini terbilang sangat efektif karena pengguna internet yang ada di Indonesia sudah begitu banyak. Ditambah lagi, jangkauan internet yang sangat luas dan berbeda dengan karakteristik dari surat kabar membuat portal properti menjadi jalan terbaik untuk menjalani pekerjaan sebagai broker properti.

  1. Lebih Tekun dan ulet Dalam Berbisnis

Tekun dan ulet ketika menjalankan sebuah tugas pastinya akan memberikan hasil meski memang hasil yang didapat akan berbeda beda untuk setiap orang. Menjadi seorang broker juga harus memiliki ketekunan dan keuletan sekaligus kesabaran dalam menjalankan bisnis khususnya ketika menghadapi situasi krisis.

  1. Lebih Berani Berspekulasi

Broker juga harus lebih berani berspekulasi ketika sedang menghadapi kondisi krisis karena akan berpengaruh pada sukses atau tidaknya anda sebagai seorang broker.

Untuk menjalankan bisnis menjadi agen properti, anda harus bisa lebih berani mobile dan tidak hanya untuk kota kota besar saja. Anda harus berani keluar dari zona aman dengan cara menjelajah ke daerah daerah yang lebih terpencil sebab disana anda berpeluang untuk berlatih dan lebih memperkaya pengalaman anda.

  1. Bangun Relasi

Membangun relasi menjadi hal yang vital untuk seorang broker. Untuk itu, bangunlah relasi dengan orang orang yang bergerak di bidang properti yang menjadi keharusan.

Posisikan diri anda seperti layaknya anak yang sedang terus belajar untuk berjalan. Galilah informasi sebanyak yang anda bisa seputar bisnis properti atau dari agen properti lain serta bekerjasama dengan mereka yang bisa sangat membantu anda menghadapi situasi krisis tersebut. Anggap saja mereka semua sebagai mentor sehingga anda bisa terus bersemangat hingga tahap berikutnya.

  1. Pupuk Sifat Ikhlas, Tangguh dan Pantang Menyerah

Ketika membidik sasaran, anda tidak mungkin melakukannya selalu tepat sasaran sebab akan ada berbagai rintangan yang bisa terjadi. Anda sebaiknya juga bisa memiliki lebih banyak informasi sekaligus menguasai beberapa teknik marketing, seperti:

  • Ilmu tentang perpajakan dan berbagai hal yang berhubungan dengan notaris dan ilmu tata bahasa.
  • Cara terbaik untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Pantang menyerah dan terus ikhlas dalam menjalani bisnis.
  1. Manfaatkan Sosial Media

Anda bisa memanfaatkan sosial media yang sudah disediakan secara gratis di internet untuk menjalani profesi broker agar bisa semakin baik khususnya ketika masa krisis. Anda bisa memasang iklan dan lebih banyak bergaul di berbagai forum jual beli sehingga anda bisa lebih banyak dikenal orang lain.

Anda bisa beriklan di Twitter, Path, Instagram, Facebook dan juga berbagai media sosial lain yang tersedia. Selain itu, ada cara yang lebih bagus jika anda ingin memasukkan iklan yakni lewat Google Adwords. Meski memang berbayar, namun cara ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal sekaligus memperkecil risiko kecewa di kemudian hari. Koran dan juga majalah bisa dijadikan media baik lainnya ketika anda ingin memasang iklan.

  1. Aktif di Berbagai jejaring Sosial

Anda bisa membuat akun sesuai dengan nama asli dan juga foto terbaru anda. Sesudah itu, daftarkan diri anda ke berbagai grup properti dan lakukan komunikasi dengan rutin bersama pemilik akun dalam forum tersebut.

Semakin anda aktif dalam forum properti, maka peluang anda untuk menjual properti juga nantinya akan semakin baik.

  1. Manfaatkan Blog

Jika selain menjadi broker anda juga seorang blogger, maka anda bisa memanfaatkan blog yang anda miliki dengan cara lebih sering posting berbagai hal seputar bisnis broker anda.

Jika nanti blog anda memiliki good rating, maka akan semakin mempermudah bisnis broker yang anda miliki. Akan semakin banyak orang yang berkunjung ke blog serta menghubungi anda berhubungan dengan informasi jual atau sewa properti yang kemudian tentunya akan memberikan keuntungan lebih.

  1. Lebih Aktif Menarik Perhatian Orang Lain

Agar anda bisa menarik perhatian banyak orang, maka ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya, anda dapat membuat brosur dan minta loper koran untuk menyebarkan brosur tersebut. Biaya yang anda butuhkan untuk membuat dan menyebarkan brosur tersebut juga bisa dikatakan murah namun bisa memperluas lahan bisnis broker anda.

  1. Kurangi Kemungkinan Salah Paham Antara Penjual dan Pembeli

Mengurangi kemungkinan terjadinya salah paham antara penjual dan pembeli sangat penting dilakukan. Agar anda bisa terhindar dari masalah ini, maka harus ada komunikasi yang jelas dan lebih detail di awal tentang biaya diluar harga jual atau sewa properti.

Sebagai contoh, bicarakan tentang biaya notaris, biaya iklan, komisi, pajak dan berbagai hal lainnya. Ada bagusnya anda juga menggabungkan biaya yang tidak terduga itu dalam total jumlah jual atau sewa properti.

  1. Bangun Figur yang Lebih Meyakinkan

Banyak agen yang masih baru memilih bergabung dengan broker ternama agar bisa memulai karir sebab beranggapan lebih mudah mendapatkan koneksi atau klien baru. Namun, membangun profil yang meyakinkan untuk menarik konsumen.

Didukung dengan strategi pemasaran yang tepat, membangun brand yang terlihat profesional tentu akan memudahkan jalan bisnis anda. Untuk itu meski anda sudah ada di dalam tim yang besar, sebaiknya posisikan juga diri anda sebagai bintang penjualan di dalam tim tersebut.

Artikel Terkait


Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?

11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.