Hutan Pinus Mangunan, Wisata Alam Hits Di Kota Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak kenal dengan kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta memang dikenal dengan tempatnya yang masih terjaga kelestariannya. Kota Jogja memang kaya akan tempat wisatanya, mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata kuliner, wisata edukasi dan berbagai wisata lainnya.

Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang menjadi pilihan tepat bagi setiap para wisatawan yang akan merencanakan liburan panjang.

Di kota Yogyakarta ada salah satu tempat wisata yang dikenal dengan pesona alamnya yang memukau salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Mendengar kata ‘hutan’ yang terlintas di sebagian banyak orang adalah ada banyak pohon, suasana yang sejuk dan segar, pesona alamnya yang memukau dan lain sebagainya.

Ya, semua ekspetasi anda mengenai hutan memang akan anda temukan di Hutan Pinus Mangunan. Hutan pinus mangunan merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kota jogja. Hutan pinus mangunan tepatnya berada di desa mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Hutan pinus mangunan berada sekitar 24 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Dimana jika anda ingin ke hutan pinus mangunan dan posisi anda berada di pusat kota Yogyakarta maka waktu tempuh yang anda butuhkan hanya sekitar 45 menit saja.

Hutan pinus mangunan bisa menjadi salah satu tempat wisata yang tepat bagi kalian yang ingin menikmati suasana alam yang eksotis. Di hutan pinus mangunan terdapat banyak pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Pesona hutan pinus inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan. Kesegaran dan kesejukan dari tempat wisata ini memang mampu menyegarkan mata bagi siapa saja yang berada di sana.

Pada mulanya, hutan pinus mangunan merupakan lahan yang tandus seperti tidak ada kehidupan. Akna tetapi, hutan pinus mendapatkan penghijauan dengan ditanami pohon pinus yang dikelola oleh Pengelola Hutan Mangunan. Dengan dilakukan penghijauan ini hutan pinus mangunan menjadi tempat yang asri dan sejuk dengan banyaknya pohon pinus yang menjulang tinggi.

Untuk harga tiket masuknya sebenarnya gratis, namun untuk pengunjung yang membawa kendaraan maka akan dikenakan biaya sebesar RP. 3000,- untuk kendaraan roda dua (motor) dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat (mobil). Jika anda datang dengan rombongan menggunakan bus maka biaya parkir yang dikenakan sebesar Rp. 20.000,-. Namun, info harga tiket ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Namun, untuk kepentingan syuting, prewedding dan lain sebagainya maka anda perlu meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola tempat wisata hutan pinus mangunan tersebut dan mungkin akan dikenakan biaya, untuk itu persiapkan dana nya ya!.

Jam operasional hutan pinus mangunan adalah setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.30 WIB. Namun, jika anda ingin melihat sunset atau sunrise maka anda bisa meminta izin kepada pihak pengelola setempat.

Hutan pinus mangunan termasuk dalam kawasan Resort Pengelolaan Hutan yang biasa disebut dengan RPH. Dan hutan pinus mangunan ini searah dengan situs makam raja-raja Imogiri.

Hutan pinus mangunan menjadi salah satu destinasi wisata yang difavoritkan para pesepeda gunung dari Yogyakarta. Tidak berbeda jauh dengan lkasi tebing keratin bandung yang juga menjadi tempat favorit pesepeda gunung karena jalurnya yang menjadi tantangan tersendiri bagi para pesepeda.

Hutan pinus mangunan menjadi salah satu tempat favorit wisatawan karena merupakan wisata yang memiliki area terbuka dan sangat mempesona dengan pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang tinggi dan udaranya yang sejuk.

Di hutan pinus mangunan ini pengunjung akan disuguhkan banyak pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan membuat anda terpesona. Selain itu, disini juga terdapat banyak spot foto yang bisa anda coba. Di hutan pinus mangunan juga terdapat panggung yang dikelilingi kursi yang terbuat dari kayu.

Hutan pinus mangunan menjadi salah satu wisata alam ter hits di jogja. Pesona alamnya yang memukau dan suasana alamnya yang sejuk dan segar membuat wisatawan merasa betah berada disana.

Jika anda datang di waktu yang tepat misalnya pada waktu pagi hari atau sehabis hujan maka anda akan beruntung karena anda dapat melihat kabut yang menutupi tempat wisata tersebut. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi semua wisatawan di kalangan manapun khususnya kalangan anak muda.

Karena pada umumnya anak muda sangat gemar mengambil foto dan berselfie. Dan hutan pinus inilah yang menjadi tempat cocok untuk mengambil gambar dengan didukung background banyaknya hutan pinus yang menjulang tinggi dan cahayanya yang mendukung foto anda menjadi instagramable.

Banyak spot foto yang bisa anda coba disini misalnya adalah kursi kayu, segitiga akar, sarang burung, rumah pohon, tangan dewa, dan masih banyak spot foto lainnya yang bisa anda coba disini.

Tidak hanya dapat menenangkan jiwa dan menyegarkan mata para wisatawan yang berkunjung ke hutan pinus manungan ini. Akan tetapi pengunjung juga disuguhkan berbagai keunikan dan view terbaik untuk nantinya diabadikan dalam sebuah gambar. Sehingga tidak heran jika wisata ini menjadi tujuan utama para wisatawan yang berlibur ke jogja.

Jalur menuju hutan pinus mangunan juga terbilang penuh dengan petualangan. Anda akan melewati sumber mata air bengkung dan mengikuti jalur outbond wartu abang. Konon katanya jalur tersebut dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai lokasi peratapan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Karena belum adanya transportasi umum yang melintas menuju hutan pinus mangunan, maka disarankan pengunjung membawa kendaraan pribadi agar tidak kesulitan menuju lokasi.

Jika anda bingung dengan rutenya, anda bisa menggunakan google maps karena alamatnya di google maps sudah tepat dan dapat membantu anda untuk menuju hutan pinus mangunan dengan cepat tanpa tersasar. Disarankan anda berangkat pada pagi hari untuk menghindari kemacetan.

Meski tempat wisata ini masih gratis, anda tidak perlu khawatir karena di hutan pinus mangunan ini anda disediakan banyak fasilitas pendukung seperti tempat outbond, mushola, area parkir yang luas, tempat makan, toilet dan lain sebagainya.

Rekomendasi wisata lainnya yang bisa anda kunjungi setelah hutan pinus mangunan adalah kebun buah mangunan. Di kebun buah mangunan juga menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan karena udaranya yang sejuk dan segar serta panorama nya yang indah dan tidak terlupakan.

Hutan pinus mangunan memang tinggi menjulang sehingga seperti membentuk kanopi secara alami. Saat anda berada di hutan pinus mangunan, berkas cahaya yang masuk akan terlihat indah karena sebagian lainnya tertutup dengan pohon pinus itu sendiri.  Tidak heran jika hutan pinus mangunan ini menjadi salah satu tempat wisata favorit dan terpopular di kalangan para wisatawan.

Itulah hutan pinus mangunan, deretan pohon pinus yang tumbuh subur di lokasi tersebut membuat suasana yang masih terasa asri, sejuk, segar dan alami membuat setiap pengunjung yang datang merasa damai dan hati tenang. Semoga artikel ini dapat menjadi rekomendasi anda para wisatawan untuk berkunjung ke hutan pinus mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Artikel Terkait


Tips Agar Lolos Visa Korea Selatan Beserta Syarat yang Diperlukan

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Tak Hanya Kuta, Ini 8 Pantai Eksotis Tersembunyi Di Bali Yang Masih Jarang Dikunjungi Wisatawan

Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Tidak Perlu Jauh-jauh Ke Eropa, Little Venice Bogor Tempatnya

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019

Menikmati Kampung Eropa Di Devoyage Bogor

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Mari Berwisata Sambil Belajar Di Kidzania Jakarta


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.