Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

Kota Yogyakarta adalah salah satu kota wisata sekaligus kota pendidikan di Indonesia yang selalu ramai didatangi pengunjung setiap hari nya. Dan kota yang disebut sebagai kota pelajar inni memiliki jumlah penduduk terbesar ketiga di wilayah pulau jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang.

Kota Jogja selalu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk tempat menghabiskan liburan mereka. Kota jogja dikenal sebagai kota yang penuh dengan destinasi wisata menarik mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner dan berbagai wisata lainnya.

Bagaimana tidak, kota jogja ini merupakan kota yang menyimpan banyak keindahan alam serta budayanya. Kota jogja memang dikenal kota yang penuh dengan budaya karena tingginya budaya lokal setempat dipengaruhi oleh kesultanan jogja itu sendiri.

Selain itu, di kota ini berbagai destinasi wisata dan makanan terbilang memiliki harga yang cukup murah sehingga anda tidak perlu khawatir dalam belanja dan berwisata di kota ini.

Kota Yogyakarta menjadi kota kediaman bagi Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Paku Alam. Meski zaman berkembang dengan pesat, namun kebudayaan lokal dari jogja itu sendiri masih dipertahankan kelestariannya dan tidak terpengaruh dengan perkembangan zaman.

Kota jogja juga dikenal sebagai kota seniman karena banyak seniman Indonesia yang berasal dari kota pelajar ini. Sehingga tidak heran jika kota jogja sangat menjunjung tinggi nilai kebudayaan dan sangat mudah bagi siapa saja untuk menumpahkan pemikirannya dalam sebuah seni.

Selain itu, kota jogja juga sangat terkenal dengan kuliner khasnya yang tidak boleh ketinggalan yakni Gudeg Jogja. Ya, gudeg jogja merupakan salah satu kuliner khas jogja yang harus anda coba. Gudeg merupakan masakan tradisional dari Yogyakarta yang menjadi salah satu makanan favorit para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, bahkan wisatawan mancanegara juga tidak lupa mencicipi kuliner khas jogja satu ini.

Seiring perkembangan zaman, seluruh masyarakat mengenal gudeg berasal dari kota pelajar ini sehingga kota ini dikenal dengan sebutan kota gudeg.

Menurut sejarahnya, gudeg ini mulai ada bersamaan dengan dibangunnya kerajaan Mataram Islam di alas Mentaok yang berada di daerah Kotagede sekitar tahun 1500-an. Sebenarnya, gudeg bukanlah makanan dari kerajaan melainkan dari masyarakat itu sendiri.

Karena proses masak gudeg memerlukan waktu yang cukup lama. Pada abad ke-19 ,gudeg belum banyak dijual di pasaran. Namun, di tahun 1540-an, gudeg mulai popular dan banyak diperdagangkan. Hal ini terjadi ketiga Presiden Soekarno membangun Universitas Gajah Mada (UGM) hingga sekarang makanan ini popular di kalangan masyarakat setempat dan para wisatawan.

Gudeg merupakan makanan yang berbahan dasar nagka muda yang mentah. Kemudian nangka tersebut direbus selama beberapa jam dengan beberapa bahan lain seperti gula aren, santan, dan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, daun jati, ketumbar dan kemiri.

Hasilnya, nangka akan berwarna kecokelatan dan kemerahan dalam masakan. Kemudian gudeg diberikan berbagai bahan campuran lainnya yang membuat makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan pedas.

Bagi sebagian orang yang ingin mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi maka gudeg ini sangat cocok karena gudeg termasuk dalam makanan vegetarian karena hanya berbahan dasar nangka, santan dan bumbu penyedap yang membuat makanan ini sangat lezat dan menggoyang lidah.

Selain nangka, umumnya gudeg dimasak dengan telur atau ayam. Ayam yang disajikan biasanya beragam seperti ayam goreng atau opor ayam. Selain itu, ada lauk tambahan seperti tahu dan tempe., Masyarakat Indonesia tidak lupa memakannya dengan tambahan nasi putih hangat.

Tahukah anda bahwa ada terdapat beberapa jenis gudeg yakni gudeg kering dan gudeg basah. Selain Yogyakarta, gudeg juga tersedia khas Solo dan Khas Jawa Timur. Yang membedakan dari gudeg kering dan gudeg basah adalah gudeg kering memiliki sedikit santan dan sedikit saus saja. sementara gudeg basah memiliki banyak santan dan terasa hampir berkuah.

Namun, yang paling umum dan popular di kalangan masyarakat dan wisatawan adalah gudeg khas Yogyakarta. Gudeg khas Yogyakarta dikenal memiliki rasa manis, kering dan pedas. Namun, gudeg khas solo biasanya lebih berair dan pekat karena lebih banyak santan. Gudeg khas solo biasanya berwarna putih seperti daun jati.

Sementara itu, gudeg dari jawa timur biasanya memiliki rasa lebih pedas dan panas jika dibandingkan dengan gudeg khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa pedas dan manis yang pas untuk lidah orang Indonesia.

Gudeg merupakan makanan yang sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Gudeg menjadi makanan legenda yang membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang bisa anda temukan dimana saja saat anda berkunjung ke kota Yogyakarta. Disepanjang jalan jogja anda akan banyak menemukan rumah makan yang berisi gudeg.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi gudeg terbilang cukup murah mulai dari Rp. 10.000-an tergantung dengan lauk tambahan apa saja anda makan. Biasanya gudeg disajikan dengan minuman es teh manis atau teh hangat.

Uniknya, gudeg biasanya disajikan tidak dengan piring, melainkan dengan besek dan di atasnya dialaskan dengan daun pisang. Sementara itu, penjualnya biasanya menggunakan kendil berukuran sedang untuk dijadikan wadah gudeg tersebut. Sensasi kota jogja sangat pas untuk menikmati makanan gudeg khas kota jogja ini.

Itulah gudeg khas jogja, hingga saat ini sebenarnya belum diketahui pasti mengenai sejarah gudeg. Akan tetapi beebrapa orang berpandangan bahwa gudeg berasal dari makanan khas Keraton Yogyakarta. Sementara itu, sebagian orang lainnya mengatakan bahwa gudeg sudah ada sejak penyerbuan pertama ke Batavia pada tahun 1726 – 1728 oleh pasukan Sultan Agung, meski demikian kebenarannya masih belum terbukti.

Kesimpulannya, gudeg merupakan makanan khas jogja yang dibuat oleh masyarakat dahulu karena bahan bakunya berasal dari buah nangka yangmudah didapat di pekarangan rumah mereka. Kemudian nangka tersebut diolahnya menjadi masakan tradisional yang saat ini disebut sebagai gudeg oleh masyarakat.

Bagi sebagian banyak wisatawan lokal dan mancanegara, menikmati gudeg saat berlibur di kota ini menjadi pilihan yang wajib dicoba karena gudeg dikenal sebagai salah satu makanan khas kota itu sendiri.

Sehingga tidak heran jika banyak penjual gudeg yang tidak pernah sepi pengunjung. Rasa yang manis dan pedas sangat sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Untuk itu, jika anda berlibur ke kota Yogyakarta maka makanan khas jogja satu ini tidak boleh ketinggalan untuk dicoba.

Berkunjung ke kota jogja tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya yang satu ini. Anda tidak perlu bingung untuk mencari penjual gudeg, karena saat berada di kota jogja, anda akan dengan mudah menemukan makanan gudeg khas jogja di sepanjang jalan jogja.

Mungkin gudeg bisa anda temukan tidak hanya di jogja, namun jika anda memakannya di kotanya sendiri maka akan memberikan sensasi berbeda dan tidak akan terlupakan. Selamat berlibur!.

 

Artikel Terkait


Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

Kuliner Palembang? Inilah 15 Makanan Khas Palembang yang Wajib di Ketahui

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.