Fitur Tersembunyi di Android yang Harus Anda Tahu

img source: theverge.com

Fitur merupakan salah satu alasan utama seseorang dalam memilih ponsel, terutama ponsel pintar berbasis Android. Kebanyakan akan memilih ponsel dengan fitur lengkap dan menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya. Namun ternyata banyak juga yang masih sering melewati shortcut atau fitur tersembunyi yang ada pada ponsel pintar. Semakin baru versi dari OS Android, semakin banyak pula fitur tersembunyi pada ponsel pintar yang bisa Anda gunakan.

Nah, penasaran dengan shortcut atau fitur tersembunyi pada ponsel pintar yang dapat memudahkan aktivitas Anda? Mari simak penjelasan beberapa fitur tersembunyi berikut.

1. Lock Screen Message

Anda mungkin biasa menggunakan pin atau password untuk membuka lock screen ponsel. Namun ada baiknya Anda mencoba fitur pada Android versi terbaru yang bisa Anda gunakan untuk membuka lock screen. Ternyata Anda bisa menambahkan pesan pada layar ponsel yang terkunci untuk mengantisipasi jika ponsel Anda hilang. Siapa tahu orang yang tidak sengaja menemukan ponsel Anda akan tergugah untuk segera mengembalikan ponsel Anda. Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Anda bisa masuk ke menu 'Settings' terlebih dahulu, kemudian pilih opsi 'Lock Screean Signature' dan masukkan nomor darurat yang bisa dihubungi atau alamat email Anda. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba?

2. Menghemat Baterai

Baterai ponsel yang cepat habis bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika Anda sedang benar-benar membutuhkan ponsel. Anda harus bolak-balik mengisi daya baterai atau siap sedia power bank agar tidak kehabisan daya baterai. Terkadang seseorang mengaktifkan airplane mode untuk menghemat daya baterai. Namun ternyata untuk menghemat daya baterai tidak hanya bisa dengan cara tersebut. Penyebab utama baterai cepat habis adalah aplikasi yang berbobot berat. Nah, Anda bisa mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Metode ini mirip dengan cara menonaktifkan program-program yang berjalan atau running di desktop komputer.

Untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang running di background ponsel, Anda cukup masuk ke 'Settings', kemudian pilih menu 'Apps' dan dari situ Anda masuk ke tab 'Running'. Anda pun bisa melihat aplikasi mana saja yang banyak menyedot baterai ponsel dan Anda bisa mematikan aplikasi tersebut. Tidak cuma itu, Anda juga bisa mengaktifkan mode 'Battery Saver'. Dari menu 'Settings' Anda pilih '_battery', lalu pilih tombol tiga titik di sisi kanan atas dan 'Battery Saver' pun muncul. Silahkan dicoba.

3. Menghemat Memori

Pernahkah Anda merasa telah membeli ponsel dengan memori internal dengan kapasitas besar, tetapi tetap saja memori ponsel akan penuh dan tidak lagi bisa menampung data? Semakin tinggi spesifikasinya, sebuah ponsel memang memiliki memori internal dengan kapasitas yang semakin besar pula. Namun, rasanya data yang Anda simpan juga tidak ada habis-habisnya. Anda juga tidak selalu ingin menghapus data yang ada untuk menghemat memori. Nah, untuk menghemat memori ponsel, Anda bisa menggunakan LINE atau Telegram yang memiliki fitur penyimpanan data atau keep. Tentunya Anda bisa menggunakan fitur tersebut tanpa harus memakan kapasitas memori.

4. Kode Rahasia

Tahukah Anda bahwa dalam ponsel Android terdapat kode rahasia untuk mengakses sesuatu? Fitur ini harus Anda hapalkan untuk memudahkan Anda dalam mengakses fitur lainnya di ponsel. Anda cukup masuk ke menu panggilan dan masukkan kode-kode tertentu kemudian call. Kode-kode tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Tekan ##4636## untuk menampilkan informasi penggunaan baterai, data dan statistik.
  2. Tekan *##7780## untuk reset ponsel ke awal
  3. Tekan ##34971539## untuk menunjukkan informasi tentang kamera ponsel
  4. Tekan ##273283255663282##* untuk back up semua data di ponsel
  5. Tekan ##1472365## untuk mengetes GPS pada ponsel

Nah, Anda bisa mencoba kode-kode rahasia ini untuk mendapatkan informasi dan uji ponsel Anda secara cepat.

5. Menampilkan Notifikasi yang Terhapus

Anda pernah merasa jengkel ketika tidak sengaja menghapus notifikasi chat pada notification panel? Membuka aplikasi untuk mengecek notifikasi satu per satu memang bikin malas. Namun, Anda tidak perlu jengkel berlama-lama karena dengan ponsel berbasis Android Anda bisa memunculkan notifikasi itu kembali. Anda bisa masuk ke widget screen dan pindahkan settings shortcut widget ke layar utama ponsel. Nah, dari shortcut settings ini Anda akan menemukan pilihan notification log. Fitur ini akan menampilkan semua notifikasi lengkap beserta waktunya. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika ada notifikasi yang tidak sengaja terhapus.

6. Mencari Ponsel yang Hilang

Ponsel berbasis Android memiliki fitur untuk mencari ponsel yang hilang. Jadi selain notifikasi hilang, Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk menemukan ponsel yang hilang. Fitur ini bisa digunakan walaupun ponsel Anda dalam keadaan silent dan bisa Anda bunyikan dari kejauhan.

Semua ponsel pintar sudah memiliki aplikasi 'Find My Phone' dan Anda bisa mengakses aplikasi tersebut dari browser komputer. Pertama, Anda harus sign in dengan Google ID. Anda harus memastikan ID Anda identik dengan yang Anda gunakan untuk ponsel. Setelah berhasil sign in, Anda pun akan mendapat akses untuk mengontrol mode silent, vibrate atau ring dengan lokasi ponsel. Anda bisa memilih mode bunyi untuk ponsel dan menelepon ke nomor ponsel yang hilang tersebut. Anda pun bisa menemukan ponsel Anda yang hilang. Nah, selain bisa mengatur mode bunyi pada ponsel, Anda juga bisa menghapus semua data yang ada di ponsel melalui aplikasi 'Find My Phone' ini.

7. Memaksimalkan Performa Gaming

Mungkin boosting untuk performa game adalah fitur tersembunyi yang masih jarang digunakan. Fitur ini sesungguhnya tidak akan menghemat baterai ponsel Anda, melainkan justru akan menguras baterai ponsel. Fitur dapat digunakan untuk versi Android Marshmallow ke atas. Anda bisa mengakses fitur ini melalui menu 'Settings' dan memilih 'About Phone'. Setelah itu, Anda tap build number sebanyak 7 kali berturut-turut. Anda kemudian berada di mode developer. Selanjutnya pilih 'New Menu' dan aktifkan 'Force 4x MSAA' yang merupakan mode untuk aliansi pada game. Jika Anda menginginkan tampilan game  yang lebih smooth, Anda bisa mengaktifkan 'Force GPU Rendering' untuk visual yang lebih tajam. Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan bahwa mode developer bisa mempengaruhi mesin ponsel. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati ketika menggunakannya dan jangan terlalu sering mengutak-atik fitur ini.

8. Membuka Kunci di Lokasi Tertentu

Demi keamanan privasi, tentunya Anda menggunakan fitur lock screen dengan pin atau password. Namun ada kalanya fitur ini membuat jengkel terutama ketika kita sedang terburu-buru, apalagi jika Anda menggunakan password yang rumit. Ternyata Anda bisa mengatur setting ponsel agar bisa membuka kunci secara otomatis di lokasi yang terpercaya, misalnya di rumah. Fitur tersembunyi hanya berlaku untuk ponsel Android versi 5.0 ke atas. Caranya, Anda masuk ke menu 'Settings' dan pilih 'Security'. Setelah itu Anda masuk ke pilihan 'Smart Lock' dan mengaktifkan 'Trusted Place'. Selanjutnya Anda tinggal pilih lokasi yang Anda inginkan untuk membuka kunci ponsel secara otomatis. Bermanfaat bukan?

Ternyata ada banyak fitur tersembunyi pada ponsel Android yang bisa Anda gunakan. Jika Anda bisa memanfaatkannya, fitur-fitur ini pun bisa memudahkan aktivitas Anda. Bagaimana, apakah Anda sudah berhasil mencoba salah satu dari fitur-fitur tersembunyi di atas?

Artikel Terkait


Android atau iOS, Lebih Baik Mana?

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Cara Setting Private DNS di Android 9 Pie Solusi VPN Premium Gratis Selamanya

Super Canggih, Inilah Deretan Smartphone Terbaik 2019


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.