Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

img source: energepic.com via pexels.com

Apakah Anda pencinta dessert atau hidangan ringan dan manis? Rasanya kurang lengkap jika kita tidak menutup acara makan dengan menyantap dessert atau hidangan penutup yang lezat. Tahukah Anda, ada berbagai macam dessert atau hidangan penutup di berbagai negara di dunia. Masing-masing dari dessert tersebut memiliki karakteristik dan makna tersendiri. Tentunya, dessert-dessert ini memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Bagi Anda pencinta dessert atau hidangan ringan dan manis, mungkin hidangan-hidangan ini akan sulit Anda lewatkan dalam acara makan Anda. Berikut ini kami rangkum macam-macam dessert paling enak di berbagai negara di dunia yang wajib Anda coba sebagai hidangan penutup.

1. Apple Pie Amerika

img source: relish.com

Apple pie atau pai apel adalah dessert khas Amerika. Warga Amerika menggemari kue jenis pai sebagai hidangan penutup, terutama pai apel yang memiliki cita rasa yang lezat. Pai apel yang termasuk dalam golongan kue tradisional dibuat dari potongan apel yang dibalut dengan kulit pai yang renyah. Biasanya kue ini disajikan dengan whipped cream, es krim vanila atau lelehan keju. Ciri khas dari pai apel asli Amerika adalah pai disajikan tertutup dengan dimasukkan ke dalam pie dough, berbeda dengan pai Prancis yang disajikan terbuka tanpa pie dough. Satu lagi yang unik, selain menjadi simbol dari Amerika, pai apel juga memiliki hari spesial sendiri atau dikenal sebagai National Pie Day yang dirayakan setiap tahun di Amerika Serikat.

2. Baklava Turki

img source: hometurkey.com

Hidangan penutup asal Turki ini dikenal memiliki cita rasa yang khas. Baklava merupakan jenis hidangan penutup yang sudah ada sejak lama dan dikonsumsi oleh masyarakat Turki dan daerah-daerah lain yang menjadi wilayah kekuasaan Ottoman. Baklava bahkan dianggap telah menginspirasi terciptanya jenis dessert lain seperti strudel yang populer di Jerman. Negara-negara Balkan lainnya juga memiliki resep baklava sendiri dengan isian yang berbeda-beda.

Cita rasa baklava yang khas berasal dari kacang pistachio yang digunakan sebagai bahan utama dessert ini. Kacang pistachio tersebut dicincang atau ditumbuk halus, lalu diberi pemanis berupa madu atau sirup, dan dibalut dengan kulit pastry yang tipis dan renyah. Takaran gula, butter dan kacang pistachio pada adonan baklava harus seimbang untuk menghasilkan cita rasa yang pas. Lapisan kulit pastrynya juga harus benar-benar tipis untuk menghasilkan kerak kulit yang renyah sempurna. Dengan rasa yang manis dan gurih, baklava sangat cocok dihidangkan bersama secangkir kopi. Di Turki sendiri, baklava sering disajikan pada pesta pernikahan, hari raya dan berbagai perayaan.

3. Mochi Jepang

img source: freepik.com

Nama kue mochi berasal dari kata mochigome yang berarti ketan, merupakan hidangan penutup tradisional khas Jepang yang terbuat dari beras ketan. Mochi biasa disajikan pada perayaan tradisional seperti mochitsuki atau tahun baru. Dessert ini dapat Anda temukan di toko-toko kue sepanjang tahun. Kue mochi memiliki ciri khas bentuk yang bulat dan tekstur kue yang lembut dan lengket. Tekstur tersebut didapat dari tepung beras ketan yang ditumbuk, kemudian dibentuk bulat-bulat dengan berbagai macam varian isian seperti kacang tanah, cokelat, stoberi, bahkan es krim. Saat ini, kue mochi tidak hanya bisa Anda temukan di Jepang tetapi juga populer di Indonesia dengan berbagai macam rasa.

4. Creme Brulee Prancis

img source: chowhound.com

Prancis dikenal sebagai salah satu negara dengan makanan yang lezat. Salah satu hidangan populer di Prancis adalah creme brulee atau krim panggang yang sering disajikan sebagai hidangan penutup atau dessert. Creme brulee merupakan puding susu tebal yang terbuat dari krim custard kental dengan lapisan gula karamel dimana bagian atas puding kemudian dibakar dengan obor karamel. Cara membuat dessert ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan susu krim, kuning telur, gula pasir dan ekstrak vanili. Semua bahan dimasak di atas api sedang dan setelah matang disajikan dengan taburan gula merah di atasnya, lalu dipanggang. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba memasak creme brulee?

5. Lamington Australia

img source: taste.com.au

Jika Amerika memiliki pai apel, Australia punya lamington yang menjadi ikon kue nasional Australia. Nama dessert ini diambil dari nama Lord Lamington yang menjadi Gubernur Queensland pada akhir abad 19. Usut punya usut, ternyata lamington ditemukan dengan ketidaksengajaan. Salah seorang pelayan Lord Lamington tidak sengaja menjatuhkan kue bolu ke dalam cokelat cair. Karena tidak ingin membuang makanan, Lord Lamington pun meminta pelayan untuk mencelupkan kue bolu tersebut ke dalam parutan kelapa agar tidak lengket. Nah, sejak saat itu lamington disajikan berupa kue bolu atau sponge cake berbentuk kubus-kubus kecil yang diberi lapisan cokelat cair dan taburan kelapa di atasnya. Kini, lamington juga disajikan dengan berbagai macam isian seperti rapsberi dan green tea. Jika Anda sedang berada di Australia, Anda dapat menemukan hidangan penutup ini di berbagai supermarket di Australia dengan mudah.

6. Gelato Italia

img source: chowpublicmarket.com

Anda pasti sudah sering mendengar dessert asal Italia ini. Siapa yang tak suka dengan gelato yang segar? Gelato sangat pas dijadikan hidangan penutup dengan berbagai varian rasa yang menyegarkan. Selain memang sangat populer di negara asalnya, gelato juga banyak dijual di negara lain termasuk Indonesia. Dessert ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan creamy, sangat pas dikonsumsi di tengah cuaca panas. Rasanya pun bermacam-macam dan saat ini sudah banyak sekali varian kreasi rasa yang ditawarkan di gerai gelato, mulai dari yang biasa seperti cokelat, vanila dan strawberry, hingga rasa unik seperti bubble gum, green tea, rapsberry dan lain-lain.

7. Banoffee Pie Inggris

img source: jernejkitchen.com

Satu lagi hidangan penutup berupa pai lezat dengan cita rasa yang lezat, banoffee pie yang merupakan dessert khas Inggris. Banoffee berasal dari kata banana yang berarti pisang dan toffee. Dessert ini pertama kali dipopulerkan oleh Nigel Mackenzie dan Ian Dowding yang merupakan pemilik restoran The Hungry Monk di Jevington Inggris pada 1971. Sejak saat itu, pai banoffee menjadi hidangan pencuci mulut favorit. Tidak seperti pai apel khas Amerika, pai banoffee terbuat dari potongan pisang, whipped cream dan lapisan karamel yang tebal, remah-remah biskuit, mentega dan umumnya disajikan dalam bentuk pai, cake atau cupcake. Resep pai banoffee pun sudah menyebar di berbagai negara dan mengalami modifikasi.

Nah, itu dia berbagai jenis dessert atau hidangan penutup yang khas dari berbagai negara di dunia. Masing-masing dari dessert tersebut memiliki latar belakang dan cita rasa tersendiri yang membuatnya menjadi hidangan penutup favorit. Tidak hanya soal cita rasa yang unik, cerita di balik terciptanya dessert tersebut pun ternyata menarik. Pada akhirnya, dessert-dessert tersebut tidak hanya populer di negara asalnya, tetapi juga di negara-negara lain termasuk Indonesia. Lalu, dari berbagai jenis dessert tersebut, dessert manakah yang sudah pernah Anda coba?

Artikel Terkait


Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger

Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Berburu Nikmatnya 11 Kuliner Pasar Glodok yang Legendaris

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Liburan ke Turki? Inilah 15 Makanan Halal Khas Turki

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.