Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

https://www.medicalnewstoday.com/articles/146619.php

Tak hanya karena pola makan yang buruk saja, namun makanan yang dikonsumsi tanpa disadari bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Apalagi bagi anda yang memiliki maag, asupan makanan sehari harinya perlu anda perhatikan agar tidak memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Jika anda tak hati-hati tak menutup kemungkinan jika makanan yang anda konsumsi malah membuat sakit maag kambuh. Nah berikut ini ada beberapa daftar makanan pemicu asam lambung yang sebaiknya dihindari bagi anda yang sering menderita maag. 

1. Makanan Pedas

Salah satu makanan pemicu asam lambung yang wajib untuk dihindari penderita maag adalah makanan pedas. Makanan yang memiliki rasa pedas memang sangat ampuh untuk membangkitkan nafsu makan. Bahkan bagi sebagian orang mungkin makanan pedas bisa menjadi menu favorit tersendiri. Namun bagi anda penderita maag akan lebih baik untuk menghindari makanan pedas. Rasa pedasdapat memicu perut mulas serta munculnya sensasi terbakar di bagian dada. Bahkan makanan ini juga bisa menyebabkan iritasi di lapisan dalam kerongkongan hingga nyeri ulu hati. Ada baiknya jika anda mengurangi makanan yang menggunakan cabai ataulada. Namun akan lebih baik lagi jika anda sama sekali tidak mengkonsumsi makanan pedas. 

2. Daging Berlemak

Daging berlemak juga menjadi salah satu makanan pemicu asam lambung lainnya yang wajib diwaspadai. Sebab kandungan lemak yang tinggi di dalamnya dapat bertahan di dalam perut lebih lama. Danhal inilah yang bisa memicu produksi asam lambung. Apalagi jika anda mengkonsumsi daging-dagingan terlalu banyak dan diolah menggunakan bumbu yang tajam ini akan semakin memperarah kondisi asam lambung anda. 

Sebenarnya tak hanya daging saja, makanan berlemak tinggi seperti keripik kentang, kentang goreng, susu, produk keju, dan makanan yang berminyak juga sebaiknya dihindari karena membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dicerna dan membuat produksi asam lambung jadi melonjak. Jika memang masih tetap ingin mengkonsumsi daging, maka buang bagian lemaknya dan batasi konsumsi hanya 1 kali seminggu agar mengurangi resiko asam lambung yang dapat meningkat. 

3. Mie Instan

Siapa yang tidak menyukai mie instan? Rasanya hampir sebagian besar orang menyukai makanan yang satu ini. Namun bagi anda yang mengidap maag, akan lebih baik untuk menghindari konsumsi mie instan, apalagi secara terus menerus. Kandungan garam yang ada di dalam mie instan cukup tinggi dan tidak baik bagi lambung. Konsumsi garam yang dianjurkan per harinya tidak melebihi dari 1 sdt saja. namun pada rata-rata kandungan garam pada mie instan dapat mencapai 50-60 persen dari kebutuhan garam setiap harinya. 

4. Cokelat

Meskipun lezat, namun sayangnya penderita maag harus menghindari makanan ini jika tidak ingin produksi asam lambung meningkat. Cokelat mengandung lemak yang cukup tinggi serta kokoa yang dapat menyebabkan refluks. Selain itu kandungan kafein dan theobromine yang ada di dalam cokelat juga malah menyebabkan refluks. Disamping itu, cokelat juga bisa memicu otot sfingter pada kerongkongan melemas sehingga produksi asam juga semakin meningkat. Meskipun untuk jenis cokelat hitam memiliki kandungan zat penyebab refluks yang lebih sedikit. Namun akan lebih aman jika anda sebaiknya menghindari terlebih dahulu sampai benar-benar terbebas dari resiko asam lambung. 

5. Buah Dan Sayuran Asam

buah dan sayuran yang besifat asam menjadi salah satu makanan pemicu asam lambung lainnya yang wajib dihindari. Seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan anggur. Makanan ini bisa menyebabkan asam lambung meningkat, apalagi jika dikonsumsi ketika perut sedang kosong. Ini akan membuat sensasi terasa seperti dibakar dan perut terasa mulas. Selain itu penderita maag juga perlu menghindari mengkonsumsi tomat karena kandungan asam malat dan sitrat di dalamnya yang malah meningkatkan asam yang ada di lambung. Bahkan meskipun tomat disajikan dengan cara dipanggang sekalipun tak akan berpengaruh pada produksi asam yang ada. 

6. Makanan Yang Mengandung Gas

Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan gas tinggi dan seharusnya dihindari oleh penderita maag. Seperti kubis, brokoli, kecambah, kacang-kacangan, hingga susu memiliki banyak kandungan gas yang bisa memicu perut kembung. Untuk menghindari produksi asam lambung yang semakin tinggi, akan lebih baik untuk menghindari makanan-makanan ini dalam jumlah yang berlebihan. 

7. Produk Susu Tinggi Lemak

Tak hanya daging maupun makanan berminyak saja, produk-produk susu juga ada yang memiliki kandungan tinggi lemak yang tak baik bagi anda yang menderita maag. Makanan-makanan yang berbahan dasar susu tinggi lemak misalnya, meskipun sehat namun ini akan membuat asam lambung meningkat. Anda bisa mencoba alternatif susu rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sebenarnya mengkonsumsi produk olahan dari susu tinggi lemak masih diperbolehkan asalahkan hanya digunakan untuk penambah rasa makanan bukan sebagai bahan utama. 

8. Gorengan

Rasnaya gorengan menajdi salah satu camilan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan rasanya akan sangat sulit sekali menjauhi makanan yang satu ini.  Makanan yang digoreng sangat cepat meningkatkan asam serta membuat lambung terasa panas. Selain itu gorengan juga dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat sehingga alangkah baiknya untuk dibatasi. 

9. Minuman Bersoda

Tak hanya makanan, ada beberapa minuman yang disinyalir dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Minuman soda atau minuman berkarbonasi lainnya mengandung gelembung gas yang bisa membuat lambung menjadi meregang. Tekanan yang berasal dari gelembung-gelembung tersebut menyebabkan asam lambung jadi semakin meningkat. Selain itu sodamemiliki sifat yang asam dan akan semakin memperparah resiko kenaikan asam lambung. 

10. Kopi

Mungkin jika anda hanya sesekali mengkonsumsi minuman berkafein ini tak terlalu menunjukkan dampak yang terlalu serius. Namun jika anda rutin mengkonsumsinya, maka ini semakin akan memperparah kondisi lambung anda. Kebiasaan mengkonsumsi kopi bahkan setiap hari bisa meningkatkan resiko maag. Akan lebih baik untuk mengganti kopi dengan minuman lain seperti teh hijau atau teh chamomile.

11. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung kadar alkohol juga mempunyai resiko melemaskan otot stingfer esofagus yang menjadikn asam lambung naik. Minuman berlkohol seperti bir, wine, koktail, dan lainnya wajib dihindari bagi anda yang sering menderita maag.

Menghindari makanan pemicu asam lambung memang cukup susah, apalagi kebanyakan dari makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang lezat. Namun penting bagi penderita maag untuk bijak dalam memilih makanan yang tepat sehingga maag tidak kembali menyereng. Jika tidak diwaspadai, kenaikan asam lambung yang terjadi bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius. 

Selain memperhatikan apa saja makanan atau minuman yang baik dan tidak baik dikonsumsi, anda juga wajib untuk mulai menerapkan pola hidup yang sehat. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, makan terlalu banyak di waktu yang sama, berolahraga setelah makan, dan lainnya. Dengan memperhatikan daftar makanan pemicu asam lambung serta menjalani gaya hidup yang sehat akan mengurangi resiko munculnya komplikasi serisu yang diakibatkan produksi asam lambung yang meningkat. 

Artikel Terkait


10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.