Catatan Penting yang Harus Diketahui Saat Beli Mobil Lewat Lelang

Membeli mobil bekas lewat lelang bisa memberikan beberapa kelebihan yakni unit yang disediakan banyak dan cukup beragam karena diambil dari banyak sumber seperti perusahaan yang mempunyai kendaraan operasional. Selain itu, harga jualnya juga terbilang rendah dan bahkan bisa dipastikan lebih rendah dibandingkan harga mobil bekas lain serta prosesnya yang juga tidak sulit.

Akan tetapi, ketika anda ingin beli mobil lewat lelang sebaiknya anda menyiapkan uang tunai sebab fitur kredit belum ada di proses lelang. Jika anda memang tertarik untuk beli mobil lewat lelang, maka ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan supaya tidak menyesal.

Keuntungan Beli Mobil Lewat Lelang

Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memutuskan membeli mobil lewat lelang, beberapa diantaranya adalah:

  • Banyak Pilihan

Mobil yang dijual di lelang biasanya mobil perusahaan besar yang mempunyai kendaraan lama dan butuh dana cepat untuk operasional. Akan tetapi, bisa juga mobil yang dilelang berasal dari milik perorangan.

Tentunya, ini akan memperluas pilihan mobil sehingga anda sebagai calon pembeli bisa menyesuaikan kebutuhan serta dana yang anda miliki ketika akan membelinya.

  • Harga Lebih Murah

Harga yang ditawarkan di balai pelelangan umumnya jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran. Bahkan perbedaan yang bisa anda dapatkan bisa sampai Rp. 5.000.000 sampai Rp. 20.000.000 per unit. Tentunya, harga yang ditawarkan akan disesuaikan dengan kondisi mobil serta jumlah permintaan pasar pada mobil tersebut.

  • Proses Mudah dan Hemat Waktu

Proses di pelelangan juga tidak sulit dan berbelit belit seperti yang anda bayangkan. Umumnya, calon pembeli hanya perlu menitipkan Rp. 5.000.000 untuk daftar lelang dan beberapa hari sebelum hari H, anda dipersilahkan untuk melihat kondisi mobil yang akan dilelang.

Pada hari pelelangan, pihak balai lelang akan menyertakan data yang akurat dari setiap mobil sehingga anda bisa mengetahui semua rincian mobil yang ingin anda beli. Jika anda menang, maka bisa langsung membayar mobil tersebut secara tunai dan membawanya pulang. Jika anda kalah, maka uang pendaftaran nantinya juga akan dikembalikan.

  1. Pahami Prosedur Lelang dengan Baik

Sebelum anda ikut lelang, maka sebaiknya pahami dengan baik tentang tata cara pelelangan. Ini harus dilakukan supaya anda tidak canggung ketika sudah berada di lokasi pelelangan. Untuk informasi tentang lelang sendiri bisa anda temukan di internet yang juga mencakup jadwal lelang.

  1. Pilih Kendaraan

Jika sudah mengerti tata cara lelang, maka anda bisa memilih kendaraan yang anda inginkan. Umumnya, penyedia layanan akan menerbitkan katalog mobil bekas yang akan dilelang pada hari H baik lewat selebaran atau online.

Dalam katalog tersebut tertera informasi yang lengkap dari mulai jenis, tipe mobil, tahun produksi, nilai kondisi mobil, warna dan juga kelengkapan dokumen serta nomor kontak untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan mobil bekas tersebut.

Anda bisa meminta katalog tersebut untuk mencari informasi mobil yang anda inginkan. Periksa dengan teliti semua data yang ada di katalog dan sebaiknya pilih beberapa unit untuk rencana cadangan saat anda tidak berhasil mendapatkan mobil yang paling anda inginkan.

  1. Periksa Kendaraan

Sesudah anda memilih unit yang anda mau, maka tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memeriksa mobil tersebut secara langsung. Pemeriksaan mobil bisa dilakukan 3 hari sebelum waktu pelelangan yang disebut dengan open house.

Ini menjadi tahap yang sangat penting agar anda tidak kecewa sesudah mendapatkan mobil yang anda inginkan. Penyedia jasa umumnya akan memberi izin anda menyalakan mobil sehingga anda bisa mengetahui kondisi mesin.

Periksa secara keseluruhan sebab unit yang disediakan penyedia layanan lelang umumnya mempunyai kondisi apa adanya atau dengan kata lain tidak diperbaiki secara signifikan.

Jika anda kurang menguasai cara memeriksa mobil, maka anda bisa mengajak seseoarang yang mengerti agar bisa membantu anda. Akan tetapi jika memang tidak ada, maka anda bisa minta bantuan pada petugas penyedia layanan lelang. Kendaraan yang dilelang umumnya juga disertai dengan data lengkap tentang kualitas dari mobil tersebut dan anda bisa minta petugas untuk menjelaskan data tersebut dengan terperinci.

  1. Periksa Riwayat Perbaikan

Riwayat perbaikan bisa anda minta ke petugas dan nantinya petugas akan memberikan informasi beberapa bagian dari kendaraan mana saja yang sudah diperbaiki. Ini sangat penting supaya anda bisa mengetahui kualitasnya sehingga bisa dijadikan dasar pertimbangan untung rugi membeli mobil tersebut. Selain itu, melihat riwayat perbaikan juga nantinya bisa membuat anda lebih mengantisipasi risiko apa saja yang terjadi jika ingin tetap membeli mobil tersebut.

  1. Periksa Kelengkapan Dokumen

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ketika ingin beli mobil lewat lelang adalah memeriksa kelengkapan dokumen. Sebaiknya, mintalah penjelasan mengenai kelengkapan dokumen yang sudah tertulis di katalog.

Periksa masa berlaku BPKB dan STNK dan periksa kembali dengan melihat dikumen secara langsung atau lewat laman resmi penyedia jasa.

  1. Jangan Terlalu Terburu Buru

Mengikuti lelang berarti anda juga harus siap untuk berkompetisi. Mobil yang anda sukai bisa saja juga menjadi minat orang lain, sehingga saat melakukan proses tawar menawar, maka jangan terbawa emosi karena ingin memenangkan lelang, sehingga anda menawar dengan harga setinggi tingginya.

Lakukan perhitungan untung rugi ketika anda sedang menawar mobil. Jadikan data sebagai referensi anda dan jangan sampai penawaran yang anda lontarkan melebihi budget atau harga yang terlalu mahal.

  1. Bayar Uang Jaminan

 Anda juga harus memasukkan sejumlah uang sebagai deposit untuk mengikuti lelang mobil. Uang deposit ini berguna sebagai jaminan dengan jumlah yang berbeda beda tergantung penetapan dari penyedia lelang yang anda pilih.

Jika anda menang, harga mobil yang sudah ditetapkan akan dipotong sesuai dengan nominal yang sudah anda depositkan. Namun jika anda kalah, maka uang tersebut juga akan tetap dikembalikan pada peserta jadi tidak perlu takut jika balai lelang akan meminta uang tersebut pada anda.

  1. Banding Harga Mobil Pasaran

Umumnya, orang yang membeli mobil lewat lelang memiliki tujuan supaya bisa mendapatkan harga mobil lebih murah dari harga pasaran. Akan tetapi sering juga harga mobil yang dibeli dari lelang lebih tinggi dibandingkan harga mobil dari showrrom.

Untuk itu sebainya, anda sebagai calon pembeli mencari informasi tentang harga mobil yang anda inginkan di pasaran. Harga rata rata tersebut bisa dijadikan patokan ketika anda sedang melakukan penawaran nantinya sehingga anda terhindar dari harga mobil yang lebih mahal dari harga pasaran.

  1. Segera Bawa ke Bengkel

Jika dalam proses lelang anda menjadi pemenang, maka segera bawa mobil tersebut ke bengkel yang sudah anda percaya. Meski sekilas fisik mobil terlihat bagus dan baik baik saja, tidak ada salahnya anda memeriksakan mobil tersebut supaya bisa menghindari kerusakan yang lebih besar karena akan membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

  1. Ikuti Lelang Mobil Bekas

Ketika anda mendaftar, maka pendaftaran tersebut akan dilakukan bersama dengan melampirkan identitas diri dan juga bukti sudah menyetorkan uang jaminan. Sesudah itu, anda bisa langsung ikut proses lelang sesuai jadwal yang sudah anda pilih.

Proses lelang nantinya akan dipandu juru lelang yang membantu pembeli ketika menawar harga mobil. Umumnya harga lelang mobil ditetapkan mulai Rp.500.000 sekali angkat per papan. Juru lelang nanti yang akan menentukan pemenangnya.

 

Artikel Terkait


Sejarah Vespa, Scooter Piaggio yang Tak Lekang Usia

6 Vespa Matic Termahal di Indonesia, Harganya Ratusan Juta

9 Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online

Cara Terbaik Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

6 Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London, Inggris

Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik dan Sistemnya

Deretan Mobil Bekas Terbaik yang Bisa Anda Beli Dibawah 100 Juta

10 Rekomendasi Helm Stylish Untuk Perlindungan Saat Berkendara

13 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Tahun 2019

Cara Ampuh Merawat Mobil Supaya Tidak Sering Masuk Bengkel

11 Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Melengkapi Performa Dengan Harga Terjangkau


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.