Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak

Komputer merupakan perangkat yang berfungsi sebagai pengolah kata, dan pengolah angka. Banyak fungsi komputer dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk membuat data, menyimpan foto, dokumen, video dan music. Namun, fungsi utama dari komputer ini sendiri adalah untuk melakukan input data, memproses data dan menyajikan data.

Menginput data dimaksudkan data atau informasi yang didapat dimasukkan atau diinput ke dalam komputer. Kemudian komputer mengalami proses data dan pada akhirnya ditampilkan dalam bentuk output baik melalui monitor ataupun print dalam lembaran kertas.

Setiap pemilik kompute tentunya ingin mempunyai computer yang awet dan tidak mudah rusak. Untuk memiliki computer seperti demikian tentu pemilik computer harus melakukan berbagai perawatan yang baik dan tepat.

Bagi sebagian orang, computer atau laptop menjadi suatu kebutuhan untuk bekerja ataupun belajar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut tentu anda harus memiliki peralatan yang memadai khususnya computer atau laptop yang berfungsi dengan baik.

Penggunaan berlebihan dalam komputer atau laptop akan memungkinkan komputer anda mnealami kerusakan umum yang biasa ditandai dengan adanya hang, lemot, dan sebagainya. Apabila komputer mengalami hal demikian, itu artinya komputer anda memerlukan perawatan khusus. Untuk menghindari kerusakan komputer maka pemilik komputer harus melakukan perawatan rutin pada komputer anda.

Agar computer dapat berfungsi dan bekerja dengan baik, setiap computer dan laptop harus dilakukan perawatan yang tepat. Sebenarnya merawat computer atau laptop ini susah-susah gampang. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dalam merawat computer, pemilik computer dibutuhkan kedisiplinan dan melawan rasa malas dalam merawat komputer.

Komputer yang tidak dirawat tentu fungsinya akan berkurang sehingga mempengaruhi kinerja komputer atau laptop itu sendiri. Terkadang, komputer yang tidak dirawat juga bisa menyebabkan komputer atau laptop menjadi lemot. Dan jika hal ini terjadi pada komputer atau laptop anda, itu artinya, komputer anda mengalami masalah di bagian software nya atau perangkat lunaknya.

Untuk itu, anda perlu merawat software komputer itu sendiri. Tidak hanya software, dalam merawat komputer anda juga harus merawat bagian hardware atau perangkat keras. Perangkat keras ini yakni perangkat yang terlihat secara fisik dan dapat disentuh.

Mengapa kita harus merawat keduanya dan tidak salah satunya saja? Hal ini dikarenakan tanpa adanya software ataupun hardware, maka komputer tidak dapat digunakan. Itu sebabnya software dan hardware saling berhubungan.

Merawat komputer sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya lebih karena anda bisa melakukan perawatan dirumah sehingga menghemat biaya dan bisa terus anda lakukan kapan saja untuk merawat komputer anda dirumah.

Lantas bagaimana cara merawat komputer agar tidak mudah rusak? Berikut merupakan 10 cara merawatnya yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

  • Pertama-tama, sebaikna anda gunakan stabilizer dan UPS agar tegangan listrik anda stabil. Hal ini dikarenakan tegangan listrik yang tinggi dapat merusak perangkat keras komputer msalnya pada bagian power supply.
  • Kedua, cara sederhana yang dianggap spele oleh sebagian orang, yakni jangan mematikan komputer dengan cara mencabut langsung colokan. Untuk mematikan komputer dengan baik dan benar anda perlu mengikuti aturan yang seharusnya dimana anda harus meng klik start -> shutdown. Kemudian tunggu sampai komputer benar-benar dalam keadaan mati.
  • Sebaiknya, hindari komputer di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. Letakkan di tempat di dalam ruangan yang jauh dari cahaya matahari secara langsung.
  • Jauhkan benada cair dari komputer untuk menghindari terjadinya tumpah dan merusak system opersional komputer.
  • Jauhkan benda yang bersifat magnet dari komputer. Hal ini dikarenakan dapat merusak monitor dan perangkat keras CPU. Magnet di sekitar komputer dengan jarak dekat dapat merusak perangkat keras pada CPU dan bisa membuat kerusakan pada perangkat keras anda lainnya.
  • Sebaiknya anda rutin melakukan pembersihan perangkat keras komputer seperti monitor, keyboard, mouse, dan perangkat lainnya dengan lembut atau anda bisa gunakan kuas kecil untuk membersihkannya. Perangkat keras /hardware komputer yang tidak dibersihkan akan meninggalkan banyak debu. Debu yang menumpuk pada komponen komputer akan mempengaruhi kinerja komputer itu sendiri. Untuk membersihkan hardware komputer biasanya anda perlu membuka casing komputer dengan obeng plus berukuran besar dan dilepaskan di seluruh kabel seperti power supply dan kabel lain yang terhubung dengan motherboard. Bersihkan semua komponen menggunakan kuas sampai debu yang menempel hilang. Anda bisa gunakan blower atau karet. Setelah dibersihkan anda perlu memasangkan kembali komponen hardware tersebut.
  • Gunakan antivirus untuk melakukan perlindungan terhadap komputer anda. Dan jangan lupa lakukan scanning rutin setidaknya seminggu sekali untuk menjaga keamanan komputer anda terhindar dari virus yang tidak diketahui asalnya.
  • Selalu lakukan pengecekan data secara berkala pada komputer anda, baik dari file-file anda, dokumen, music dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar anda dapat meminimalisir data milik anda dengan penyimpanan komputer anda. Karena penyimpanan yang hamper penuh biasanya dapat membuat komputer menjadi lemot.
  • Sebaiknya periksa kembali aplikasi yang terdapat pada komputer anda. Pastikan anda hanya memiliki aplikasi yang biasa anda gunakan. Dan pastikan anda menghapus aplikasi yang tidak anda butuhkan untuk menghindari kepenuhan penyimpanan internal anda. Penyimpanan yang penuh akan mengurangi kinerja komputer anda. Jika anda membiarkannya bersiap-siaplah anda mengalami kerusakan yang cukup berat pada komputer anda.
  • Pastikan anda menghindari penggunaan internet di komputer apda saat sedang hujan deras. Fakor cuaca seperti demikian akan berpengaruh pada jaringan internet yang anda gunakandi komputer anda. Mengapa and aharus menghindari hal ini? Hal ini dikarenakan komputer dapat berisiko mengalami tersambar petir saat anda gunakan di waktu hujan deras. Selain itu, penggunaan komputer pada saat hujan deras juga akan membuat pernagkat seperti LAN Card dan sebagainya rentan mengalami beberapa masalah.

Itulah cara membersihkan komputer yang bisa anda lakukan dirumah. Pastikan and atidak pernah malas untuk merawat komputer anda agar kinerjanya tidak terganggu. Selain cara merawat komputer di atas, anda menggunakan hardware terbaik untuk komputer anda agar bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa adanya kerusakan.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan di komputer anda slaah satu cara mudahnya adalah dengan melakukan perawatan dirumah secara rutin. Anda harus paham betul cara merawat komputer seperti yang telah disebutkan diatas sebelumnya.

Mempelajari dan mengetahui cara merawat komputer dengan baik tentu wajib diketahui bagi setiap pemilik komputer agar komputernya tidak mudah rusak dan lemot. Merawat komputer yang telah disebutkan diatas juga terbilang sangat mudha untuk diterapkan dirumah.

Yang terpenting adalah sebaiknya anda gunakan komputer dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Perlu anda ketahui bahwa sesuau yang berlebihan snagat tidak baik untuk apapun, termasuk penggunaan komputer.

Penggunaan komputer yang berlebuhan akan membuat kinerja komputer melemah dan memungkinkan terjadinya kerusakan system komputer anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam mengetahui cara merawat komputer dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!.

Artikel Terkait


Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.