Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Bagi sebagian orang tentu tidak asing dengan yang namanya bolu kukus. Ya, pada umumnya kue atau bolu tentu dibuat dengan cara di oven selama beberapa menit sesuai waktu yang diperlukan. Namun, kini membuat bolu kukus ada cara lain yang lebih praktis yang bisa dicoba siapa saja tanpa menggunakan oven yakni dengan cara dikukus.

Bolu merupakan suatu hidangan yang berbahan dasar tepung terigu, mentega, gula putih dan telur. Bolu biasa dimakan sebagai hidangan penutup atau sebagai camilan untuk berbincang-bincang. Bolu juga cocok dihidangkan untuk acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun dan acara lainnya.

Banyak toko yang menjual bolu, sehingga bolu bisa anda temukan dimana saja dan kapan saja karena tidak sulit untuk mencari penjual bolu.

Bolu merupakan makanan favorit siapa saja. bagaimana tidak menjadi favorit, bolu memiliki cita asa manis dan tekstur yang lembut sehingga makanan ini mampu digemari semua kalangan baik anak-anak, remaja hingga orang tua.

Semua orang pasti pernah mengkonsumsi bolu, namun pernahkan kalian tahu sejarahnya? Menurut sejarahnya, bolu sudah ada sejak abad ke-13. Dimana ‘cake’ berasal dari kata ‘kaka’ yang berasal dari bahasa Nordik Kuno dari pendatang di Scandinavia, Utara Jerman.

Pada zaman tersebut, bolu tidak dikenal seperti bolu saat ini. Dahulu bolu hanya berupa roti dengan rasa manis yang berasal dari madu, zaman dahulu tidak menggunakan gula dalam adonannya. Selain itu, dahulu bolu ini ditambahkan dengan kacang dan buah kering.

Namun, menurut sejarah kuliner dunia, yang pertama kali memiliki keahlian untuk membuat roti dengan cara dipanggang adalah bangsa mesir.

Pada zaman dahulu, bolu hanya ada saat diadakannya ritual keagamaan. Akan tetapi, seiring waktu bolu mulai berperan penting sebagai sajian khusus dalam memperingati hari-hari penting seperti pesta pernikahan, hari ulang tahun, dan merayakan sesuatu.

Sejak ditemukannya baking powder pada abad ke-19, bentuk bolu mulai berubah dimana bolu ini lebih lembut dan mengembang. Tidak hanya itu, banyak orang yang mulai berkreasi membuat bolu dengan menambahkan icing sugar atau butter cream sebagai hiasannya. Disamping itu, rasanya juga lebih enak dibanding bolu sebelum adanya baking powder.

Kreasi ini menghasilkan banyak bolu yang disebut dengan cake. Bahkan seiring waktu setiap Negara memiliki bolu khasnya masing-masing. Baik dari inggris, jerman, dan perancis tentu memiliki bolu khasnya masing-masing yang dikreasikan sedemikian rupa untuk menghasilkan bolu sempurna.

Indonesia juga tidak kalah, orang-orang Indonesia juga sampai saat ini terus mengembangkan kreasinya dalam membuat bolu. Bahkan kini bisnis kuliner di Indonesia memang berkembang dengan pesat. Di Indonesia bolu tidak kalah enak dengan Negara lain. di Indonesia bolu juga dibuat dengan cita rasa yang khas.

Membuat bolu kukus sebenarnya mudah, akan tetapi sebagian orang juga menganggap membuat bolu kukus gampang-gampang sulit, terlebih untuk pemula yang harus mencoba beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Dalam membuat bolu kukus, banyak hal yang harus diperhatikan seperti salah satunya adalah seperti pemilihan bahan dan teknik pembuatan yang benar untuk menghasilkan bolu kukus dengan cita rasa yang pas.

Bolu kukus menjadi salah satu makanan yang digemari banyak kalangan dan mudah ditemukan dimana saja. pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai resep bolu kukus yang mudah tanpa oven dan bisa anda coba dirumah.

Pertama-tama siapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  • Tepung terigu sebanyak 200 gram
  • Cokelat bubuk sebanyak 50 gram
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Soda kue sebanyak 1 sendok teh
  • Vanili sebanyak 1 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Lelehan margarin sebanyak 100 gram
  • Susu cair sebanyak 200 ml
  • Kuning telu sebanyak 2 butir

Langkah membuat bolu kukus cukup mudah seperti berikut ini:

  • Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, soda kue dan vanili, kemudian diaduk hingga rata
  • Kedua, kemudian siapkan margarin, susu cair, dan kuning telur dalam wadah sebelumnya dan aduk kembali hingga rata
  • Kemudian tambahkan gula pasir, dan aduk kembali hingga benar-benar merata
  • Setelah itu, panaskan adonan dan kukuskan hingga beruap. Sebaiknya lapisi tutup dengan kain bersih agar uap air tidak jatoh ke dalam adonan.
  • Kemudian siapkan cetakan bolu kukus, isi cetakan tersebut dengan paper cup. Kemudian tuangkan adonan ke dalamnya hingga penuh.
  • Setelah itu, kukus adonan tersebut sekitar 20 menit dan jangan dibuka tutup kukusannya
  • Setelah 20 menit, angkat kukusan tersebut dan lihatlah bolu kukus anda mekar dan siap disantap.

Pernahkah anda mencoba membuat bolu kukus namun hasilnya tidak mekar seperti yang diharapkan? Tidak hanya anda, banyak orang yang mencoba membuat bolu kukus dan gagal, tidak hanya sekali dua kali dalam mencoba membuat bolu kukus. Akan tetapi pastikan anda tidak menyerah dan terus mencobanya lagi.

Membuat bolu kukus yang mekar memang tidak semudah kelihatannya. Kalau tidak mekar pembuat bolu kukus tentu merasa gagal walau rasanya tetap terasa enak. Untuk itu, anda perlu tahu penyebab bolu kukus gagal seperti berikut ini:

  • Dari soda kue nya, jika terlalu lama dibuka maka akan mempengaruhi bolu kukus sebagai pengembangnya. Soda kue yang dibiarkan cenderung akan menguap dan membuat adonan anda tidak mengembang dan bolu kukus anda gagal mekar.
  • Kemudian yang kedua adalah jika bolu dikukus kurang lama. Perlu anda ketahui, bolu kukus bisa mekar jika kukusannya sangat panas. Maka pastikan kukusan sudah benar-benar panas. Kukusah yang panas akan membuat bolu kukus jadi mekar.
  • Kemudian, anda sebaiknya tidak mengkukus bolu dalam jumlah banyak. Dalam artian jika anda mengkukus bolu dalam jumlah banyak maka bolu akan rapat dan tidak ada ruang untuk mekar. Untuk itu, kukus bolu dengan diberi jarak agar bolu bisa mekar.
  • Pastikan uap kukusan merata, karena jika tidak merata maka bolu kukus cenderung sulit untuk mekar.
  • Dan yang terakhir, pastikan anda tidak sering membuka kukusan selama bolu sedang dikukus. Jika dibuka ditengah-tengah mengkukus maka uapnya bisa hilang dan bolu kukus gagal mekar.
  • Pastikan air yang digunakan untuk mengkukus cukup banyak agar tidak perlu membuka kukusan untuk menambah air.

Itulah cara mudah membuat bolu kukus mekar yang bisa anda coba dirumah. Bagaimana? Kebayang kan bagaimana membuatnya, tentu membuat bolu kukus dirumah menjadi kebanggaan tersendiri tanpa harus membeli kue. Selain dapat membuat banyak, membuat bolu kukus sendiri bisa anda jadikan untuk membuat bisnis kuliner.

Membuat bolu kukus terbilang susah-susah gampang namun jika anda menekuninya anda bisa berhasil membuat bolu kukus sempurna. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin membuat bolu kukus sendiri dirumah yang mekar dan enak disantap. Semoga bermanfaat!.

Artikel Terkait


Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Serba Serbi Seputar Tip Makan di Restoran Seluruh Dunia dan Cara Terbaik Memberikannya

Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.