Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat

Photo src: Geulgram app

Laptop sudah sangat sering kita gunakan saat ini. Laptop sudah menjadi alat yang begitu membantu urusan kita sehari hari mulai dari urusan pekerjaan, sekolah, hiburan dan gaming. Laptop sangat membantu berbagai urusan, seperti menyimpan dokumen, mengirim data dan melakukan berbagai hal lain dengan bantuan aplikasi aplikasi terkini

Bagi Anda yang sangat menggantungkan kehidupan pada laptop pasti sangat ingin laptop tahan lama dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk menjaga laptop Anda sehingga memiliki umur yang lebih panjang. Bagi Anda yang juga baru membeli laptop, pastinya Anda ingin memastikan laptop Anda selalu terjaga dan terawat, apalagi jika itu pemberian orang.

Oleh karena itu, yuk kita simak beragam tips tips jitu menjaga laptop Anda

1. Bersihkan laptop Anda secara berkala

Hal pertama yang bisa Anda lakukan tentunya adalah menjaga kebersihan laptop. Karena sering digunakan, ada kalanya laptop Anda menjadi kotor. Oleh karena itu, rajin rajinlah membersihkan bagian luar dan dalam laptop. Bersihkan debu debu yang menyelip agar performa laptop dapat bekerja maksimal. Anda juga bisa menggunakan pelindung keyboard  agar tombol laptop lebih terjaga.

Selain itu, perlu diperhatikan, jangan gunakan sembarang tisu basah untuk membersihkan lcd laptop. Hasilnya bisa jadi sangat fatal dan tentunya beresiko untuk laptop Anda. Sebagai gantinya, gunakan cairan khusus untuk LCD yang banyak di jual dipasaran. Carian ini memang di rancang khusus untuk layar lcd, sehingga lcd laptop Anda bisa terjaga dengan lebih baik.

2. Perhatikan suhu laptop

Perhatikan suhu laptop

img source: www.satriyadi.web.id

Untuk menjaga laptop tetap awet, maka Anda perlu memperhatikan suhu laptop. Jika suhu nya panas itu artinya laptop sudah bekerja terlalu keras. Sama seperti mesin lainnya, jika dipaksa pekerja, maka laptop bisa cepat rusak. Oleh karena itu, jika laptop sudah terasa panas, hentikan sejenak penggunaan laptop dan biarkan laptop mendingin.

Bermain laptop sambil tiduran di kasur memang nyaman dan enak. Tapi, hal tersebut sebenarnya tidak baik untuk laptop. Penggunaan laptop di kasur tidak baik untuk laptop Anda. Jangan gunakan laptop Anda di atas kasur karena banyak laptop menggunakan bagian bawah sebagai intake untuk ventilasi udara. Jadi ketika berada di kasur, sirkulasi udara di laptop jadi terhambat Hal ini pastinya akan merusak laptop Anda perlahan lahan. Selain menyebabkan laptop cepat panas juga dapat merusak hard disk. Jadi usahakan untuk tidak bermain laptop di kasur

3. Jangan browsing dan download sembarangan

Sekarang virus mudah tersebar melalui beragam media. Banyak orang jahat yang memanfaatkan virus ini untuk meraup keuntungan. Sayangnya, virus bekerja dengan cara merusak laptop Anda. Virus bisa sangat merepotkan Anda, karena tentunya akan merusak sistem di dalam laptop. Tidak hanya rentan di luar, bagian dalam laptop juga sangat rentan di rusak oleh berbagai hal, seperti virus ini. Menariknya, virus ini disebarluaskan melalui konten kontan atau situs situs tertentu di internet. Virus dapat diseludupkan melalui video, foto atau app yang dapat di download. Jika kita tidak berhati hati dan mengunduh file tersebut, akibatnya laptop dapat segera terserang virus. Jadi, Anda perlu berhati hati saat membuka situs tertentu atau mendownload file. Pasanglah pengaman pada browser Anda untuk meningkatkan penjagaan

4. Gunakan antivirus

Gunakan antivirus

Sesuai namanya, antivirus adalah software yang bertugas menangkap, menangkal dan mencegah virus. Antivirus adalah salah satu jalan keluar untuk menjaga laptop Anda dari serangan virus. Mengingat virus komputer sudah tersebar dan mudah terakses, penggunaan antivirus ini sangatlah penting. Gunakan antivirus sedini mungkin, agar setidaknya virus tidak berhasil masuk ke komputer Anda. Jika laptop Anda sudah terserang virus, antivirus juga bisa menjadi cara untuk mencegah kerusakan yang lebih fatal. Gunakan antivirus yang terkenal dan sudah terjamin penjagaanya. Ada banyak jenis antivirus yang bisa Anda andalkan saat ini, misalnya avast, avira, smadav, norton dan masih banyak lainnya.

5. Jangan taruh barang berat diatas laptop

Sering kali kita menaruh benda berat diatas laptop dalam kondisi tertutup. Padahal, itu bisa sangat fatal untuk laptop. Ini tentunya bisa merusak LCD laptop Anda. Jadi, usahakan tidak menaruh beban apapun apalagi yang berat diatas laptop. Setidaknya ini akan membantu LCD Anda dapat terjaga lebih awet

6. Jangan memindahkan laptop saat sedang menyala

Orang orang sangat sering melakukan ini, misalnya ketika mereka harus segera berpindah tempat dan tentunya malas mematikan laptop. Meski keliatannya sederhana, hal ini bisa berakibat sangat fatal. Saat memindahkan laptop dalam kondisi menyala, piringan harddisk  laptop Anda bisa tergores dan tentunya berbahaya untuk kinerja laptop Anda. Oleh karena itu, pastikan  Anda mematikan laptop terlebih dahulu sebelum memindahkannya.

7. Gunakan laptop sewajarnya

Jangan gunakan laptop secara berlebihan. Khususnya untuk para gamers, jangan gunakan laptop Anda terus menerus tanpa istirahat, karena selain dapat mencederai fisik kalian, hal ini dapat merusak laptop lebih cepat. Sama seperti mesin lainnya, laptop memiliki kapasitas penggunaan, sehingga tidak bisa digunakan terlalu berlebihan. Penggunaan berlebihan bisa menyebabkan kerusakan perlahan lahan. Tentunya kita tidak ingin melihat laptop kita rusak lebih cepat.

8. Jangan langsung tutup lcd setelah baru saja di matikan

Menutup lcd setelah dimatikan sering dilakukan orang orang. Alasannya adalah karena malas menunggu atau sedang buru buru sehingga harus menutup laptop segera. Padahal,menutup laptop langsung setelah dipakai bisa menyebabkan kerusakan fatal pada LCD. Laptop bisa jadi masih panas setelah digunakan dan jika bersentuhan dengan LCD, tentunya bisa merusak kualitas LCD

9. Jaga barang Anda dari cairan

Jaga barang Anda dari cairan

img source: titiknol.co.id

Hal penting lainnya adalah jauhkan laptop Anda dari cairan. Laptop dan barang barang elektronik lainnya rentan terhadap air. Laptop juga salah satu teknologi yang sangat reaktif terhadap air, bahkan di keyboard sekalipun. Jadi, jauhkan cangkir, gelas minuman dan jagalah lingkungan sekitar laptop Anda tetap bersih dan aman

10. Jaga kualitas baterai

Baterai adalah komponen penting pada laptop. Tidak jarang baterai adalah komponen yang paling cepat rusak pada laptop. Hal ini tentunya karena beterai berhubungan dengan listrik sehingga mudah panas dan cepat rusak jika disalah gunakan. Misalnya, menggunakan laptop sambil di cas tentunya tidak akan baik untuk baterai Anda. Selain itu, menggunakan baterai sampai 0% hanya akan merusak performa baterai Anda. Caslah ketika baterai sudah berada di 20%.

11. Gunakan cooling pad

Cooling pad berfungsi mendinginkan suhu laptop. Hal ini tentunya akan sangat menjaga laptop Anda dari kerusakan terutama akibat suhu laptop.

12. Hindari benturan dan perlakuan kasar

Sering kali, karena lelet atau kalah bermain game, kita cenderung mencederai laptop sebagai pelampiasan. Padahal itu sangat tidak baik, karena benturan bisa merusak kerja sistem dan akibatnya bisa sangat fatal untuk laptop Anda.

Artikel Terkait


Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.