Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat? tentu setiap orang selalu ingin memiliki tubuh yang sehat. terlebih saat tiba pergantian musim, tentu setiap orang ingin tubuhnya tetap fit sehingga tidak terhalang dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk menjaga kesehatan tubuh anda tidak hanya perlu pergi ke gym secara berturut-turut. Karena anda bisa memulainya dirumah dengan hal-hal sederhana. Perlu anda ketahui tanpa anda sadari banyak kegiatan dirumah yang bisa membantu menjaga kesehatan anda. kapanpun dan dimanapun anda pasti bisa menjaga kesehatan tubuh anda.

Pada pergantian musim dan perubahan cuaca, tentu siapapun akan rentan terkena serangan penyakit. Cuaca yang berubah tanpa bisa ditebak juga membuat anda akan mudah terserang penyakit. Untuk itu, anda perlu mencari cara menjaga kesehatan tubuh anda agar tidak mudah jatuh sakit.

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dimusim pancaroba? Berikut penjelasannya:

  • Banyak mengkonsumsi air putih

Sudahkah anda cukup mengkonsumsi air putih hari ini? Perlu anda ketahui bahwa air putih menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi dalam tubuh anda. pasalnya, manusia harus memenuhi air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air putih. Dengan cukup mengkonsumsi air putih maka tubuh anda akan terjaga dari dehidrasi. Selain itu, air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan anda. air putih juga mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh dan mencegah teserang infeksi. Untuk itu, biasakan konsumsi air putih dan bila perlu bawa botol minum setiap hari kemanapun kamu pergi. Dengan membawa botol air minum anda akan melakukan gerakan ramah lingkungan sekaligus memenuhi cairan dalam tubuh anda.

  • Rutin berolahraga

Untuk menjadikan tubuh sehat, penting bagi anda rutin melakukan olahraga. Biasakan diri setidaknya olahraga selama 30 menit setiap harinya. Anda tidak perlu berolahraga berat untuk menjaga kesehatan tubuh anda. karena yang terpenting anda cukup bergerak setiap harinya agar tubuh anda tidak mudah letih dan kaku. Lakukan kebiasaan rutin berolahraga paling tidak tiga kali dalam seminggu. anda bisa memulainya dengan melakukan pemanasan setiap pagi dan sore hari.

  • Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Siapa yang tahu 4 sehat 5 sempurna. Tentu kalimat ini sudah pernah didengar siapa saja. perlu anda ketahui bahwa untuk menjaga tubuh tetap sehat anda perlu memakan makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh anda.

Anda pasti tahu apa saja makan-makanan dan minuman yang harus dipenuhi dalam tubuh anda yakni nasi, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan dan susu. Kelima jenis makanan ini merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat, vitamin, protein, mineral dan susu yang membantu melengkapi kebutuhan tubuh anda agar tetap sehat dan berenergi.

  • Makan perlahan-lahan

Banyak orang yang jika sudah lapar maka makan dengan lahap dan tergesa-gesa. Namun anda perlu tahu bahwa hal ini merupakan salah. Meski makanan yang ada di depan anda tampak lezat dan tidak sabar untuk dinikmati, namun perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi makanan dengan cepat hanya akan meningkatkan jumlah kalori sehingga secara tidak langsung anda tidak dapat mengendalikan berat badan anda dan menyebabkan terjadinya obesitas.

Untuk itu, makanlah makanan dengan perlahan. Memakan makanan dengan perlahan sangat berpengaruh besar dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh anda. dan saat anda memakan dengan perlahan, tanpa anda sadari anda merasa kenyang padahal anda baru saja memakan setengahnya. Selain itu, makan perlahan dapat melancarkan sistem pencernaan anda.

  • Rajin mencuci tangan

Penting bagi anda membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Atau bagi anak-anak, biasakan mencuci tangan setelah bermain dan lain sebagainya. Rajin mencuci tangan menjadi salah satu langkah menjaga kesehatan tubuh. meski terlihat spele, mencuci tangan sama pentingnya dengan menghindari diri dari serangan penyakit. Setelah mencuci tangan sebaiknya segera keringkan tangan dengan handuk kering karena tangan yang basah bisa membuat kuman dan bakteri menempel.

  • Mencuci buah dan sayur

Sebelum mengkonsumsi makanan buah dan sayur, penting bagi anda mencuci buah dan sayur tersebut. hal ini dimaksudkan agar tubuh anda dapat membentuk sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Buah dan sayur tentu memiliki berbagai nutrisi masing-masing. Akan tetapi, jika anda mengkonsumsinya langsung tanpa mencucinya bisa saja makanan tersebut masih menempel bakteri dan pestisida yang tidak terlihat.

Dengan mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi maka makanan yang akan dikonsumsi akan jauh lebih sehat. pastikan anda mencuci buah dan sayur dengan benar agar bakteri dan pestisida yang menempel hilang.

  • Tidur tepat waktu

Tidak semua orang bisa tidur di waktu yang tepat, terkadang orang banyak yang begadang untuk melakukan lembur pekerjaan atau mengerjakan tugas sekolahnya. Namun, perlu anda ketahui bahwa begadang bukanlah hal yang baik dilakukan. Begadang akan membuat tubuh anda lemah di hari berikutnnya. Hal ini dikarenakan angin di malam hari tidak baik untuk tubuh anda. selain itu, begadang juga bisa menyebabkan masalah dan menimbulkan penyakit pada tubuh anda seperti jantung, diabetes, stroke dan lain sebagainya. Untuk itu, tidurlah tepat waktu dan buatlah daftar jam berapa anda harus tidur dan beristirahat.

  • Istirahat yang cukup

Pentingnya setiap manusia memiliki waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tubuh tetap fit dan jauh dari serangan penyakit. Perlu and ketahui bahwa tubuh memerlukan tidur sebanyak 8 jam sehari. Dengan demikian tubuh anda akan lebih sehat dibandingkan orang-orang yang kurang tidur.

Orang yang cukup tidur akan membuat tubuh segar dan bisa beraktivitas dengan bebas. Untuk itu, pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Dan sesibuk apapun anda perlu bagi anda membagi waktu untuk beraktivitas dan beristirahat dengan baik dan cukup.

  • Hindari mengkonsumsi alcohol dan merokok

Meski anda melakukan cara hidup sehat diatas, jika anda tetap mengkonsumsi alcohol dan rokok maka anda tetap tidak akan sehat. untuk memulai hidup sehat anda bisa memulainya dengan menghindari merokok dan menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol. Karena rokok dan alcohol memiliki banyak dampak negatif seperti penyakit hati, ginjal, gangguan pernapasan hingga kanker. Untuk itu, berhentilah dan hindari sebisa mungkin alcohol dan rokok.

  • Selalu berfikir positif

Setelah anda mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh yang telah disebutkan diatas. Anda perlu tahu juga bagaimana cara berfikir positif. Berpikir positif sangatlah spele namun berpengaruh besar dalam tubuh anda. seseorang yang berfikir positif akan dengan tenang dan santai dalam menghadapi segala sesuatu yang ada di depannya. Berfpikir positif akan membuat anda tetap sehat.

Itulah cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda coba di musim pancaroba seperti saat ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda menjaga kesehatan tubuh anda. semoga dapat menginspirasi anda dan mengajak banyak orang untuk hidup sehat.

Artikel Terkait


Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar

Ini Dia 7 Tips Untuk Mencegah dan Mengusir Nyamuk

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar

7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

Ini Dia 10 Tips Pola Hidup Sehat Bagi Orang yang Sibuk


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.