Cara Menghasilkan Uang dari Internet yang Bisa Anda Coba

img source: rawpixel.com

Di masa sekarang kebiasaan orang dalam bekerja mulai mengalami pergeseran. Hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh internet dimana dunia kerja sudah memasuki era digital. Anda tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, cukup membeli sesuatu dari toko online. Anda tidak perlu menyetop atau menelepon taksi untuk bepergian, cukup menggunakan aplikasi online dan taksi pun datang menjemput Anda. Anda juga tidak perlu menyimpan banyak cash karena segala sesuatu bisa Anda bayar dengan dompet digital.

Selain hal-hal tersebut, ada satu hal menarik yang bisa Anda lakukan di era digital, yakni menghasilkan uang dari internet. Cara ini bisa Anda lakukan dimana saja selama Anda terkoneksi dengan internet. Berikut kami rangkum apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang melalui internet.

1. Survey Berbayar

Mengikuti survey berbayar adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang cukup mudah. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengikuti survey berbayar ini. Meskipun jumlah yang Anda terima dalam menyelesaikan satu survey tidak begitu besar, tetapi ini adalah cara untuk menghasilkan uang yang cepat dan tidak memerlukan suatu keahlian. Anda hanya perlu menjawab pertanyaan demi pertanyaan hingga tuntas. Sebagai permulaan, Anda bisa mendaftar di situs yang menyediakan survey berbayar. Lalu Anda diharuskan untuk mengisi data diri secara lengkap. Setelah berhasil menyelesaikan sebuah survey, umumnya Anda akan mendapatkan reward berupa kupon atau poin yang bisa ditukarkan dengan uang tunai. Namun, ada kemungkinan tidak semua survey bisa Anda kerjakan karena latar belakang pekerjaan atau tempat tinggal Anda tidak cocok dengan sampel yang dicari perusahaan yang mengadakan survey.

2. Freelance Writer/Penulis Konten

Jika Anda memiliki hobi menulis, pekerjaan ini cocok untuk Anda. Di masa sekarang dimana hampir segala hal bisa dikerjakan secara online ternyata membuka peluang bagi penulis paruh waktu untuk menghasilkan uang di internet. Anda bisa mencoba menjadi penulis lepas atau bahkan kontributor tetap di media online ternama, atau situs-situs yang membutuhkan penulis konten. Tema tulisan yang akan Anda tulis cukup beragam. Namun sebagai permulaan, Anda bisa menulis artikel dengan tema yang paling Anda kuasai terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengembangkan kemampuan dalam menulis artikel tema lain. Untuk menjadi penulis yang handal, Anda juga dituntut harus memiliki kemampuan riset yang baik agar tulisan yang dihasilkan unik dan berkualitas.

3. Youtube

Anda pasti pernah mendengar nama Atta Halilintar atau Ria Ricis. Mereka bisa dibilang youtuber paling sukses di Indonesia. Tidak dipungkiri, youtube menjadi media favorit untuk eksis dan tentunya bisa menghasilkan uang. Banyak orang yang mulai mencoba cara ini, bahkan selebriti sekalipun kini banyak yang beralih ke youtube. Rapper Rich Brian yang kini berkarir di Amerika Serikat juga mengawali karirnya dari youtube.

Untuk mendapatkan uang dari youtube, Anda perlu membuat konten video yang menarik lalu mengunggahnya ke youtube. Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Malah, banyak youtuber sukses yang awalnya memakai kamera smartphone untuk merekam video. Ada banyak hal yang bisa dijadikan konten dan bisa disesuaikan dengan hobi, misalnya membuat konten tentang game jika Anda suka bermain game atau membuat video cover lagu jika Anda hobi menyanyi. Semakin banyak yang menonton video Anda, semakin banyak pula Anda bisa menghasilkan uang. Selain dari subscriber, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan.

4. Program Afiliasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet adalah mengikuti program afiliasi. Afiliasi marketing berbasis komisi. Secara sederhana, Anda akan mendapatkan komisi ketika seseorang membeli sesuatu melalui nomor referensi atau tautan dari Anda. Jenis yang ditawarkan dalam afiliasi marketing beragam, bisa barang atau jasa. Disarankan agar Anda menyesuaikan produk sesuai dengan niche Anda, sehingga apa yang Anda promosikan di blog atau media sosial sejalan dengan perusahaan yang mempunyai link afiliasi. Sebagai contoh, apabila blog atau media sosial Anda bertema wisata, Anda bisa berafiliasi dengan Traveloka, Ticket.com atau Trip Advisor. Jadi, fokuslah pada tema blog atau niche Anda.

5. Menjual e-book

Jika Anda mempunyai keahlian khusus atau spesialisasi untuk ilmu tertentu, Anda bisa mencoba cara ini. E-book atau buku elektronik dipublikasikan dengan cara digital dalam format pdf atau words. Anda bisa mempublikasikan e-book di blog atau media sosial seperti melalui facebook ads. Tema e-book yang ditulis tidak terbatas, Anda bisa menulis tentang game, marketing, bisnis dan lain-lain tergantung keahlian yang Anda miliki. Bahkan Anda bisa menulis tentang pengalaman pribadi atau hal yang Anda alami, misalnya pengalaman traveling Anda ke suatu tempat. Orang yang juga ingin traveling ke tempat yang sama akan tertarik untuk membeli. Banyak blogger yang membagikan e-book secara gratis dengan syarat pembeli harus menjadi pengikut blog. Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan jumlah pengikut yang tentunya akan berpengaruh pada traffic blog Anda.

6. Menjual foto

Anda memiliki keahlian di bidang fotografi atau menyukai dunia fotografi? Anda bisa menghasilkan uang dengan cara menjual foto. Cara ini termasuk mudah dan tidak memerlukan modal yang banyak. Anda bisa menjual foto di situs-situs seperti Shutterstock, Pixabay, Istockphoto dan lain-lain, dan menggunakan PayPal untuk menyimpan uang atau pendapatan yang masuk. Tema foto yang bisa dijual juga sangat beragam. Anda bisa menjual foto dengan tema alam, makanan, olahraga dan lain-lain. Semakin unik foto Anda, semakin banyak yang tertarik untuk membeli.

7. Blogging/Membuat Situs Web

Blogging merupakan salah satu cara untuk bekerja dari rumah dan menghasilkan keuntungan yang lumayan. Agar efektif, Anda harus mempunyai pengikut dan traffic yang bagus, serta rutin menulis atau membuat konten menarik. Untuk membuat blog tidak diperlukan modal yang besar. Anda hanya perlu membeli domain dan server yang harganya variatif. Ketika Anda sudah mempunyai blog aktif, Anda bisa mendapat keuntungan dari iklan atau menjual barang dengan mengikuti program afiliasi seperti yang dipaparkan sebelumnya. Anda bisa berafiliasi dengan berbagai macam perusahaan seperti Lazada, Bukalapak, Amazon, Rakuten dan lain-lain.

Agar blog Anda sering dikunjungi, Anda juga perlu memahami Searh Engine Optimisation atau SEO. Untuk membuat artikel atau konten yang SEO friendly memerlukan keahlian khusus, tetapi bisa dipelajari selama ada kemauan. Semakin lama Anda pasti menguasai teknik menulis sesuai kaidah SEO ini dan akan berpengaruh ke blog Anda.

Nah, ternyata ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet. Cara ini bisa Anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan atau penghasilkan tambahan. Bahkan jika Anda tekun dan serius, Anda bisa menjadikan cara-cara di atas sebagai pekerjaan utama. Kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa bekerja dimana saja dan tidak memerlukan modal besar untuk melakukannya selama Anda memiliki koneksi internet. Hal terpenting adalah Anda memiliki kemauan yang kuat. Ingat, tidak ada sesuatu yang instan. Anda harus sabar dan menjaga konsistensi untuk mencapai hasil optimal.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.