Cara Ampuh Merawat Mobil Supaya Tidak Sering Masuk Bengkel

Mobil sekarang ini sudah menjadi kebutuhan alat transportasi yang nyaman dan aman khususnya jika memiliki anggota keluarga berjumlah lebih dari 2 orang. Untuk anda yang mempunyai mobil, maka tidak hanya memakainya namun anda juga harus merawat mobil tersebut supaya tidak sering keluar masuk bengkel.

Hal ini juga semakin penting jika mobil anda gunakan untuk mudik atau perjalanan jauh lain. Dibandingkan harus memperbaiki mobil, sebaiknya ikuti beberapa cara ampuh merawat mobil supaya tidak sering masuk bengkel berikut ini yang harus dilakukan secara berkala serta teratur.

  1. Rawat Cat Mobil

Untuk penampilan bagian luar mobil, cat berpengaruh sangat besar sehingga lakukan kebiasaan baik ketika merawat atau memakai mobil supaya cat juga tidak cepat rusak. Meski hanya goresan kecil, namun ini sudah bisa dikatakan noda pada mobil anda.

Agar bisa terhindar dari masalah ini, maka anda bisa mencuci mobil dengan berkala dan gunakan lap serta sabun khusus supaya cat mobil tidak rusak. Selain itu, parkir juga mobil anda di garasi atau pakai kain penutup mobil.

  1. Ganti Oli dan Filter Mobil Secara Berkala

Cara merawat mobil agar tidak sering masuk mobil berikutnya adalah dengan mengganti oli sesuai dengan prosedur yang sudah diatur produsen kendaraan anda. Lakukan penggantian oli mobil sebelum tenggat waktunya habis supaya mobil anda tidak cepat rusak. Meski bisa dikatakan sederhana, namun sayangnya juga sering dianggap remeh namun bisa menyebabkan kerusakan mobil yang lebih cepat.

Biasanya, oli dan juga filter harus dilakukan pada 4000 mil atau 6.400 km jika anda memakai oli mesin konvensional dan 6000 mil atau 9.600 km jika memakai oli sintetis. Ketika anda melakukan service, maka pastikan semua oli sudah diperiksa termasuk power stering, oli rem dan transmisinya sebab oli memiliki peran penting untuk keselamatan dan kinerja mobil anda.

Ada beberapa fungsi penting dari oli mesin mobil, yakni:

  • Melumasi komponen mesin mobil ketika bergesekan.
  • Mendinginkan mesin ketika bekerja ekstra yang biasanya terjadi pada kecepatan tinggi.
  • Sebagai pembersih mobil dengan cara melarutkan kotoran karena gesekan atau kotoran dari luar mesin yang masuk.

Jika anda telat memeriksa oli mobil, maka hal ini akan menyebabkan beberapa masalah pada mobil anda, seperti:

  • Oli filter akan penuh atau tersumbat sehingga mesin akan penuh dengan kotoran.
  • Sirkulasi oli akan terhambat yang berakibat oli tidak bisa bekerja dengan optimal.
  • Potensi kerusakan permanen pada mesin yang berakhir pada biaya perbaikan mahal.
  1. Periksa Wiper

Mungkin, memeriksa wiper dianggap sebagai hal yang sepele, akan tetapi sebenarnya wiper mobil harus diperhatikan dengan baik. Jika anda melihat kerusakan atau keretakan seperti wiper kering atau getas, maka langsung ganti wiper tersebut.

Mengganti wiper tidak harus selalu dilakukan satu kali dalam setahun, namun juga bisa lebih cepat jika memang kondisi wiper sudah mulai menggores kaca depan mobil anda.

  1. Periksa Sistem udara

Sistem udara mobil juga menjadi bagian dari cara merawat mobil agar tidak sering masuk bengkel. Ini berhubungan dengan kenyamanan ruang kabin dalam mobil. Saringan udara harus diperiksa setiap kali anda mengganti oli sebanyak dua kali.

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan jika tidak ada sumbatan di aliran udara sebab seringkali mobil masuk bengkel disebabkan karena sistem udara pada mobil yang tidak dirawat secara berkala.

  1. Periksa Ban dan Pelek

Ban dan pelek juga harus anda rawat untuk mengindari bolak balik masuk bengkel. Lakukan pemeriksaan ban setidaknya 1 kali dalam seminggu dan tidak perlu pergi ke bengkel untuk memeriksanya.

Band yang kemper bisa menyebabkan efisiensi bahan bakar semakin berkurang serta mengurangi umur dari bar akibat gesekan pada permukaan jalan yang semakin keras.

  1. Periksa Aki

Aki menjadi salah satu komponen penting dari mobil anda yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke berbagai komponen listrik di mobil anda. Untuk itu, ketika ada masalah yang terjadi pada aki, maka mobil tidak bisa dipakai.

Aki yang rusak atau biasa disebut dengan soak membuat mobil anda tidak dapat di starter. Selain itu, pastikan juga komponen kelistrikan pada aki masih dalam kondisi yang baik dan tidak menyebabkan korsleting. Untuk itulah, aki menjadi komponen yang tidak boleh terlewatkan dalam perawatan mobil.

  1. Periksa Cairan Mobil

Selain oli dan juga radiator, anda juga harus memeriksa beberapa cairan mobil yang menjadi bagian penting dalam merawat mobil supaya tidak sering masuk bengkel. Beberapa cairan mobil yang harus diperiksa diantaranya adalah:

  • Air aki harus diperiksa rutin sekitar 2 minggu sekali jika anda memakai aki basah.
  • Minyak rem harus berada di atas batas minimum karena jika kurang terutama dalam jumlah banyak, maka bisa menyebabkan kegagalan sistem pengereman atau blong. Minyak rem ini umumnya diganti setiap 50.000 km.
  • Air wiper: Isi air wiper secara berkala supaya karet wiper tetap licin dan tetap bekerja dengan baik. Jika karet kering, maka wiper bisa merusak kaca mobil anda.
  • Minyak power steering: Memeriksa minyak power steering juga harus dilakukan yang biasanya diganti setiap 20.000 km.
  • Oli gardan: Oli gardan berguna untuk melumasi gardan yang bergesekan dengan komponen lain dan biasanya harus diganti setiap 10.000 km.
  1. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Kondisi mobil akan ditentukan dengan perawatan yang dilakukan dan salah satunya adalah memilih bahan bakar yang tepat. Sekarang ini ada beberapa pilihan yang bisa anda pakai seperti Pertalite dan juga Pertamax. Pilihlah bahan bakar sesuai dengan nilai oktan yang disarankan oleh pabrik.

Nilai oktan merupakan angka yang memperlihatkan besaran tekanan yang diberikan sebelum bahan bakar seperti pertalite, pertamax dan lainnya yang terbakar secara spontan.

Semakin tinggi nilai oktan, maka akan semakin lambat BBM terbakar yang berguna supaya pembakaran tidak meninggalkan residu atau sisa pada mesin yang bisa mengganggu kinerja.

  • Premium: Nilai oktan 88
  • Pertalite: Ron 90
  • Pertamax: 92
  • Pertamax Plus: 95.

Untuk menghemat bahan bakar, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Menyesuaikan kecepatan dan jaga RPM yakni putaran mesin tetap stabil.
  • Apabila mobil manual, maka pakai gigi yang tepat.
  • Jangan terlalu sering memakai rem.
  • Matikan seluruh AC dan perangkat elektronik saat mobil dimatikan.
  • Hindari berhenti dalam waktu lama ketika mesin masih menyala.
  • Tune up secara berkala.
  1. Periksa Timing Belt, Lampu, Busi dan Signal

Di dalam semua mobil selalu ada timing belt, lampu, busi dan juga beberapa signal. Apabila kegagalan fungsi atau mall function terjadi, maka akan ada tanda tanda untuk memberikan informasi tersebut.

Untuk mencegah kerusakan, maka disarankan untuk menggantinya sesuai dengan saran dari bengkel. Saat mobil masuk bengkel untuk perawatan seperti ganti oli, maka minta juga pemeriksaan timing belt, lampu, busi dan beberapa signal tersebut.

  1. Gunakan Cairan Radiator atau Radiator Coolant

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, radiator adalah salah satu komponen penting dalam mobil. Radiator berguna untuk mendinginkan suhu mesin sehingga anda harus sering memeriksa radiator tersebut.

Jangan sampai radiator kekurangan air karena bisa merusak mesin mobil anda. Selain itu, isi juga cairan radiator dengan cairan khusus atau radiator coolant.

Perawatan mobil agar tidak sering masuk bengkel sebenarnya mudah dilakukan dan juga tidak butuh biaya terlalu besar dibandingkan biaya masuk bengkel akibat mobil yang tidak dirawat. Untuk itu sebaiknya, berikan perawatan pada mobil secara berkala agar bisa lebih awet dan menghemat biaya pengeluaran anda untuk mobil.

Artikel Terkait


6 Vespa Matic Termahal di Indonesia, Harganya Ratusan Juta

Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik dan Sistemnya

Sejarah Vespa, Scooter Piaggio yang Tak Lekang Usia

13 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Tahun 2019

Cara Terbaik Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

Deretan Mobil Bekas Terbaik yang Bisa Anda Beli Dibawah 100 Juta

Catatan Penting yang Harus Diketahui Saat Beli Mobil Lewat Lelang

10 Rekomendasi Helm Stylish Untuk Perlindungan Saat Berkendara

6 Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London, Inggris

11 Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Melengkapi Performa Dengan Harga Terjangkau

9 Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.