Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

img source: eatright.org

Kecerdasan tidak hanya dapat Anda raih dengan proses belajar. Ibarat modal, makanan yang Anda konsumsi juga memiliki pengaruh terhadap perkembangan otak Anda. Bila Anda memiliki modal yang baik, maka kinerja otak Anda juga ikut baik. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilah makanan apa saja yang baik untuk kesehatan otak Anda.

Nah, makanan yang berperan dalam kecerdasan otak disebut sebagai brain food, yang memang baik untuk perkembangan otak. Anda perlu menambahkan jenis-jenis makanan tersebut ke dalam menu sehari-hari. Lalu apa saja jenis brain food yang bisa Anda konsumsi sehari-hari? Berikut kami rangkum khusus untuk Anda.

1. Salmon

Salmon mengandung asam lemak Omega-3 yang penting untuk otak. Omega-3 berperan dalam menyusun sel-sel otak dan sel saraf yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat. Maka dari itu, jika Anda mendapatkan asupan Omega-3 yang cukup, Anda akan memiliki pikiran yang lebih tajam. Kandungan DHA pada ikan salmon juga berperan dalam membentuk lapisan pelindung di sekitar neuron. Kualitas lapisan neuron yang baik akan membuat sel-sel otak dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Kekurangan DHA akan menyebabkan Anda kurang fokus dan suasana hati berubah-ubah.

2. Telur

Telur memiliki kandungan protein dan kolin yang tinggi. Kolin yang terkandung pada kuning telur memiliki manfaat dalam membantu perkembangan daya ingat atau memori, suasana hati dan kecerdasan. Hal ini dikarenakan kolin mengandung senyawa yang berperan dalam pembentukan asetilkolin neurotransmitter dimana zat ini memiliki fungsi mengirim sinyal atau impuls dari satu saraf ke saraf lainnya.

3. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi penting untuk otak. Antioksidan pada blueberry sangat baik untuk otak terutama dalam memperbaiki daya ingat dan membantu melindungi otak dari stres. Selain itu, kandungan antioksidan juga bermanfaat dalam memaksimalkan kesehatan dan kerja otak, serta mengurangi peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang rutin minum jus blueberry setiap hari memiliki umur panjang dan ingatan yang tajam.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang mengandung banyak energi dan baik untuk otak. Energi yang banyak ini dapat digunakan lebih lama dan membantu kemampuan berpikir. Kacang-kacangan terutama kacang merah, mengandung asam lemak Omega-3 lebih banyak dibanding jenis kacang yang lain. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Omega-3 berperan dalam memtajam pikiran dan daya ingat Anda sekaligus mencegah gangguan pada otak.

Selain kacang merah, kenari dan almond juga baik untuk otak karena mengandung protein dan lemak esensial yang berperan dalam kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin E yang ada pada kacang berfungsi untuk menjaga performa otak. Maka dari itu, kacang-kacangan sangat cocok dijadikan makanan selingan.

5. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa utama curcumin yang bersifat anti inflamasi, virus, bakteri, jamur, antioksidan dan anti kanker. Sifat anti inflamasi yang dimiliki kunyit memiliki manfaat melawan peradangan pada jaringan otak dan meningkatkan fungsi otak. Kunyit bahkan berperan dalam mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf, seperti Alzheimer.

6. Brokoli

Brokoli mengandung banyak antioksidan dan vitamin K. Vitamin K yang larut lemak penting dalam membentuk sfingolipid atau tipe lemak yang membungkus sel-sel otak. Jadi dapat dikatakan vitamin K berfungsi dalam melindungi sel-sel otak. Selain vitamin K, brokoli mengandung folat yang dapat mengurangi peradangan di otak dan berperan dalam proses detoksifikasi.

Hal yang tak kalah penting, brokoli mengandung sulforaphane yang dapat meningkatkan proliferasi dan kelangsungan hidup sel-sel otak. Sulforaphane juga memiliki manfaat mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi BDNF sekaligus neurogenesis atau produksi sel-sel otak baru. Jadi walaupun brokoli bukan pilihan umum, ternyata mengkonsumsi brokoli bersama sayuran lain akan sangat baik untuk kesehatan otak Anda.

7. Tomat

Tomat mengandung nutrisi yang larut dalam lemak dan memiliki fungsi sebagai pelindung yang kuat. Tomat juga mengandung aktioksidan yang berperan dalam menetralisir radikal bebas karotenoid, dimana proses ini sangat penting dalam menjaga otak agar dapat berfungsi optimal. Selain itu, karotenoid diketahui dapat meningkatkan kemampuan kognisi dan memori jangka panjang. Bahkan kulit tomat sekalipun memiliki manfaat, yakni mengandung likopen yang berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari inflamasi atau peradangan. Anda bisa mengkonsumsi tomat dengan mencampur bahan makanan lain seperti membuat salad atau sayuran lain saat memasak sup, atau bisa juga dengan minum jus tomat setiap hari.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale kaya akan nutrisi berupa vitamin dan folat yang berperan dalam pertumbuhan otak. Kandungan aktioksidan pada bayam juga membuat sel otak menjadi lebih sehat dan kuat karena berfungsi sebagai pelindung otak. Jika selama ini Anda kurang menyukai sayuran hijau, maka mulai sekarang biasakanlah diri Anda mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kale. Anda bisa menambahkan sayuran tersebut dalam menu sehari-hari dengan membuat sup atau tumis sayur.

9. Apel

Apel mengandung senyawa quercetin yang melindungi neuron pada otak dari ancaman oksidasi. Tidak hanya itu, quercetin diketahui mengurangi kematian sel otak yang diakibatkan peradangan neuron. Mengkonsumsi apel secara rutin juga bermanfaat dalam mencegah gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer. Apel juga mengandung aktioksidan yang dapat mencegah penurunan fungsi kognitif dan menjaga kecerdasan otak. Jadi buah ini dapat menjadi alternatif sebagai sarapan sehat untuk Anda.

10. Gandum Murni

Gandum murni memiliki peran dalam menyuplai glukosa dari tubuh ke otak secara stabil dan konstan. Gandum murni mempunyai serat yang bisa membantu dalam pengaturan pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum murni juga termasuk jenis karbohidrat kompleks yang direkomendasikan karena lebih lambat dicerna oleh tubuh dibanding jenis karbohidrat lainnya sehingga asupan energi terjaga sepanjang hari. Energi yang dihasilkan inilah yang dialirkan oleh darah ke otak dalam bentuk glukosa sehingga otak memiliki cukup energi untuk bekerja optimal. Tidak hanya itu, gandum murni mengandung vitamin B yang berperan dalam memelihara sistem saraf agar tetap sehat.

11. Oat

Selain gandum murni, oat atau oatmeal juga merupakan sumber nutrisi dan menghasilkan energi untuk otak. Sarapan oatmeal merupakan pilihan yang baik untuk mengawali kegiatan Anda. Oat kaya akan serat yang membuat kebutuhan energi otak terpenuhi sepanjang hari. Bahkan kandungan lain dalam oat seperti vitamin E, vitamin B, seng dan potasium dapat membuat otak berfungsi optimal.

12. Minyak Zaitun

Mungkin selama ini Anda mengenal minyak zaitun sebagai bahan dalam produk-produk kecantikan. Namun ternyata, minyak zaitun juga memiliki nutrisi yang penting untuk otak. Nutrisi polifenol pada minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencerdaskan otak dan mempertajam daya ingat Anda. Tidak hanya itu, sebuah penelitian menemukan bahwa minyak zaitun dapat mencegah risiko Alzheimer.

Brain food atau makanan-makanan yang baik untuk kesehatan otak Anda memang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Makanan-makanan ini akan membantu Anda untuk mempertajam daya ingat atau memori dan melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan saraf dan otak. Anda bisa mulai dengan membiasakan diri menyantap jenis makanan yang paling mudah Anda konsumsi.

Walaupun brain food bisa membantu Anda dalam meningkatkan kecerdasan otak, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan proses belajar. Jika makanan yang Anda konsumsi sudah baik, maka proses belajar pun akan menjadi lebih mudah. Jadi manfaat dari brain food adalah membuat kemampuan otak Anda bekerja secara optimal sehingga memudahkan Anda dalam mempelajari sesuatu.

Artikel Terkait


7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Inilah 11 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Sulit Tidur Meskipun Tubuh Lelah? Ini 8 Tips Sederhana Untuk Mengatasinya

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah

Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.