Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

Bogor merupakan kota kecil yang menjadi salah satu tempat yang difavoritkan para wisatawan. Kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini memang dikenal memiliki pemandangan alam yang indah, suasana yang masih asri dan udara yang sangat sejuk. Dan inilah yang menjadi nilai plus bagi para wisatawan.

Kota bogor sangat cocok untuk berlibur keluarga, sahabat dan kerabat. Banyak wisatawan asal ibukota yang memilih menghabiskan masa akhir pekan untuk berlibur ke kota ini. Selain sebagai sarana wisata, kota bogor juga dinilai sebagai kota yang tepat untuk melepas penatnya ibukota dan sekaligus menyegarkan mata. udara yang sejuk membuat kota ini menjadi kota favorit para wisatawan.

Bicara mengenai tempat wisata di kota bogor, banyak tempat wisata yang bisa kamu temui di kota ini seperti wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner dan masih banyak lagi yang sangat sayang untuk dilewatkan jika anda pergi ke kota ini.

Saat anda berkunjung ke kota bogor tentu anda pasti akan berburu wisata kuliner khasnya. Kota bogor memang memiliki banyak tempat kuliner yang menyediakan makanan khas kota tersebut. Banyak kuliner khas yang bisa anda coba di kota ini seperti 10 kuliner khas bogor berikut ini:

  1. Tauge goreng

Touge goreng menjadi salah satu makanan khas kota bogot yang wajib anda cicipi. Bagi sebagian orang yang tidak mengenal makanan ini pasti berfikir bahwa tauge goreng ini dbuat dengan cara digoreng. Namun sebenarnya tauge ini hanya direbus dan ditumis dengan berbagai bumbu. Tauge goreng ini dibuat dengan menumis berbagai bahan seperti tauge, dan berbagai macam bumbunya yang kemudian disirami dengan bumbu saus khasnya. Bahan dasar tauge goreng adalah tauge, tahu, oncom, tauco dan masih banyak lagi. Siapa saja yang mencicipi tauge goreng pasti akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

  1. Laksa

Laksa adalah salah satu makanan khas bogor yang berbahan dasar ketupat, bihun, tahu, oncom, tauge dan siraman kuah yang gurih. Makanan khas bogor yang satu ini bisa anda temui dimana saja sepanjang jalan kota bogor. Laksa merupakan makanan khas bogor yang dibuat dari rebusan bihun dengan tauge yang disiram dengan kuah kental berwarna kuning yang lezat dan gurih. Laksa sangat nikmat disantap di bogor ketika masih hangat.

  1. Asinan Bogor

Siapa yang tidak kenal dengan asinan. Asinan merupakan salah satu makanan khas bogor yang bisa anda temukan dimana saja. asinan bogor sama seperti asinan pada umumnya. Asinan bogor dibuat dari buah-buaha segar dengan disiram kuah yang segar. Yang membedakan asinan bogor dengan asinan lainnya yakni buah yang digunakan tidak hanya satu macam saja melainkan berbagai macam buah-buahan. Untuk itu, saat berlibur di kota bogor jangan lupa cicipi kuliner khas yang satu ini.

  1. Umbi cilembu

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke bogor tanpa memakan umbi cilembu. Ya, umbi cilembu menjadi salah satu makanan khas kota bogor yang terbilang sangat tradisional. Rasa umbi cilembu sangat manis dan bertekstur lembut yang sangat lezat. Umbi cilembu bisa anda temukan di sepanjang jalan bogor. Biasanya umbi cilembu bisa dikonsumsi langsung ataupun sebagai oleh-oleh. Umbi cilembu lebih nikmat jika dimakan saat masih hangat.

  1. Soto mie

Soto mie menjadi salah satu makanan khas bogor yang wajib anda coba. Soto mie berbahan dasar mie kuning, jeroan, bihun, daging sapi dan irisan risol yang mampu menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya. Rasa soto mie sangat lezat. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Soto mie sangat cocok dimakan saat masih hangat dengan udara bogor yang memiliki suhu dingin.

  1. Asinan jagung bakar

Di bogor, anda bisa menemukan asinan yang cukup unik. Umumnya asinan berbahan dasar buah-buahan segar dengan kuah khasnya. Namun, asinan yang satu ini memiliki bahan dasar jagung bakar. asinan jagung bakar terlihat sangat sederhana namun pecinta asinan ini terbilang cukup banyak. Asinan jagung bakar memiliki rasa asin, gurih dan lezat yang membuat anda terus ingin mencicipinya. Asinan jagung bakar bisa anda temukan di berbagai tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tentunya harga asinan bogor tidak akan merogoh kocek yang besar ya.

  1. Cungkring

Cungkring menjadi salah satu makanan khas bogor yang memiliki  nama unik seperti sebutan bagi orang yang memiliki tubuh terlalu kurus. Makanan cungkring khas bogor ini berbahan dasar dari kikil sapi yang dipotong-potong, kemudian dimasak dan disirami bumbu kacang manis dan diberi kecap. Makanan cungkring ini sangat cocok dimakan dengan nasi hangat dan minuman dingin.

  1. Pepes sagu

Pernahkah anda mencoba pepes? Tentu sebagian orang pernah mencicipinya. Namun bagaimana dengan pepes sagu? Tentu tidak semua orang pernah mencobanya bukan? Ya, pepes sagu merupakan salah satu makanan khas bogor. Pepes sagu memilikir asa yang enak dan lembut saat dikunyah. Aromanya sungguh menggugah selera. Pepes sagu bisa anda temukan di jalan suryakencana.

  1. Es pala

Selain makanan, ada kuliner khas bogor yang wajib anda coba yaitu es pala. Es pala berbahan dasar buah pala yang kemudian diberi biji selasih, es batu dan larutan gula. Es pala sangat cocok disantap pada siang hari, terlebih saat setelah anda berwisata maka akan terasa segar saat mengkonsumsi es pala. Selain segar, es pala juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti sebagai antioksidan, penangkal racun, mengatasi gangguan pencernaan, bau mulut dan sebagainya.

  1. Doclang

Doclang merupakan makanan khas bogor yang wajib anda coba. Doclang berbahan dasar ketupat, kentang goreng, tahu kuning goreng, dan telur. Kemudian doclang disajikan dengan disirami bumbu kacang yang kental. Doclang menghasilkan citarasa lembut, gurih, dan sedikit manis. Tentunya sangat cocok disantap saat sarapan di pagi hari. Uniknya, doclang dibungkus dengan daun patat. Daun patat memberikan efek harum pada ketupat. Pada umumnya pedagang di bogor juga menggunakan daun patat sebagai alas makanan. Harga doclang juga terbilang cukup murah dan bisa anda coba saat berlibur di kota bogor.

Itulah 10 kuliner khas kota bogor yang wajib anda coba saat berkunjung ke kota bogor. Kota bogor memang menjadi kota favorit para wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan. Kota ini sangat diminati para wisatawan asal kota, khususnya ibukota Jakarta.

Jika anda penasaran dengan rasa makanan khas bogor yang telah disebutkan di atas. Maka saat anda berlibur ke bogor nanti jangan lupa cicipi seluruh kuliner khas bogor. Tidak lengkap rasanya berlibur ke kota bogor jika anda tidak mencoba berbagai kuliner khasnya. Terlebih makanan khas di kota bogor ini terbilang cukup murah. Meski dengan harga yang murah anda tidak perlu khawatir mengenai rasanya karena rasa makanan khas kota ini lezat-lezat lho!.

Artikel Terkait


Modal Terpenting yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Es Krim

Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

Wisata ke Thailand? Inilah 15 Makanan Nikmat Khas Thailand

14 Jenis Sate Unik dan Nikmat Luar Biasa Asli Indonesia

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.