Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

img source: medicalnewstoday.com

Kehamilan mungkin adalah sesuatu yang paling diidam-idamkan wanita yang baru menikah. Hamil kemudian memiliki seorang anak adalah sebuah anugerah yang luar biasa. Namun, tidak semua wanita merasakan beruntungnya langsung hamil setelah menikah. Ada yang harus menjalani masa penantian yang panjang dan berusaha lebih keras dengan program dokter.

Kehamilan sangat tergantung dari kondisi kesuburan seseorang. Bagi Anda yang dalam waktu dekat memiliki rencana untuk hamil, sebaiknya memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Meningkatkan kesuburan dapat dilakukan dengan cara alami dan memperbaiki gaya hidup. Jika selama ini Anda menjalani gaya hidup yang kurang sehat, maka mulailah untuk memperbaikinya agar tujuan Anda untuk hamil cepat terwujud.

Berikut kami rangkum hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan. Persiapkanlah diri Anda sedini mungkin untuk persiapan kehamilan Anda.

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal merupakan modal awal Anda untuk mempersiapkan kehamilan. Terlalu gemuk atau terlalu kurus akan menyulitkan Anda untuk hamil karena akan mempengaruhi siklus menstruasi dan kesuburan. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita dengan body mass index (BMI) di atas normal atau memiliki berat badan berlebih memerlukan waktu dua kali lebih lama untuk hamil dibanding wanita dengan berat badan normal. Sedangkan wanita dengan BMI di bawah 19 atau kekurangan berat badan akan memerlukan waktu empat kali lebih lama untuk hamil dibanding wanita dengan berat badan ideal.

2. Rutin Olahraga dan Menjalani Pola Hidup Sehat

Rutin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk meningkatkan kesuburan Anda. Olahraga akan membantu Anda untuk mendapatkan berat badan ideal yang nantinya akan mempengaruhi siklus menstruasi dan kesuburan Anda. Rutin berolahraga setiap minggu juga akan mengurangi risiko kemandulan.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti lari pagi atau yoga. Lebih baik lagi jika Anda mempersiapkan diri dengan mengikuti latihan yoga khusus untuk program kehamilan untuk meningkatkan kesuburan Anda. Kegiatan olahraga akan menjadi lebih asyik ketika Anda melakukannya bersama-sama dengan pasangan Anda. Selain itu, Anda dan pasangan harus sama-sama memperhatikan pola makan.

3. Cukup Istirahat dan Hindari Stres

Istirahat yang cukup merupakan suatu keharusan bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan. Hindari kegiatan yang membuat Anda terlalu lelah dan pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari. Istirahat yang cukup akan membuat badan menjadi lebih segar.

Hal penting lainnya adalah jaga pikiran Anda untuk tetap tenang dan sebisa mungkin hindari stres. Stres dapat mengganggu peluang Anda untuk hamil. Anda bisa melakukan meditasi setiap pagi untuk mengurangi rasa cemas dan menjaga pikiran agar tetap tenang. Lakukan hal yang Anda suka seperti menyetel musik favorit untuk mengiringi aktivitas agar Anda merasa lebih rileks dan membantu Anda melepaskan ketegangan.

4. Konsumsi Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari juga mempengaruhi kesuburan Anda. Maka dari itu merencanakan pola makan yang sehat akan baik untuk Anda yang sedang menjalani program kehamilan. Berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Karbohidrat Kompleks

Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan gandum. Biji-bijian dan kacang-kacangan akan mengatur tingkat insulin dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Kurangi karbohidrat olahan yang akan menaikkan kadar gula yang justru akan menghambat program kehamilan.

Telur

Siapa sangka mengkonsumsi telur dapat meningkatkan kesuburan wanita? Telur yang kaya akan protein dan kolin akan membantu Anda dalam penyerapan asam folat. Seperti diketahui, asam folat juga dibutuhkan selama persiapan hamil dan selama kehamilan untuk menghindari bayi lahir cacat. Dengan mengkonsumsi sebutir telur sehari, kemampuan tubuh Anda dalam penyerapan asam folat akan meningkat dua kali lipat dan meningkatkan kesehatan reproduksi Anda.

Sayuran Hijau dan Buah-Buahan

Sayuran mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, terutama sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Anda bisa mengkonsumsi bayam dan kangkung karena kandungan zat besinya sangat penting untuk menjaga siklus menstruasi Anda agar tetap teratur. Selain itu, sayuran hijau kaya akan antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan menghilangkan radikal bebas.

Buah-buahan yang mengandung asam folat juga akan memberi manfaat untuk kesuburan Anda. Ganti camilan Anda dengan buah-buahan seperti pisang, apel, alpukat, jambu biji dan jeruk agar lebih sehat. Alternatif lain, Anda bisa membuat kombinasi jus apel dengan wortel dan tomat yang juga kaya akan asam folat untuk konsumsi sehari-hari.

Daging Ayam

Daging ayam juga mengandung protein dan zat besi yang penting bagi tubuh. Agar lebih sehat, hindari daging yang digoreng dan tinggi lemak. Anda bisa mengolah daging ayam dengan cara dipanggang.

Susu

Susu mengandung kalsium yang penting tidak hanya untuk ibu hamil, tetapi juga untuk wanita yang sedang dalam masa persiapan kehamilan. Selain baik untuk tulang, kalsium juga dapat meningkatkan kesuburan. Mengkonsumsi susu yang tinggi lemak dan produk olahan seperti yoghurt dan keju akan memberi manfaat untuk Anda selama program kehamilan.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Kebiasaan mengkonsumsi kafein seperti kopi akan mempengaruhi peluang Anda untuk hamil. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan dan terbiasa mengkonsumsi kafein setiap hari, maka mulai sekarang kurangilah kebiasaan tersebut. Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein dapat melemahkan otot saluran telur yang membawa sel telur dari ovarium. Maka dari itu, batasi konsumsi kafein maksimal 200mg sehari atau jangan melebihi dua cangkir kopi per hari dan pilihlah kopi yang rendah kafein. Hal ini juga berlaku untuk pria karena kafein juga mempengaruhi kondisi sperma.

6. Jauhi Alkohol dan Rokok

Alkohol dan rokok adalah hal penting lainnya yang harus Anda hindari. Alkohol dapat menurunkan kesuburan seorang wanita bahkan hingga 60%, sedangkan rokok mengakibatkan rahim menjadi kurang bereaksi terhadap pembuahan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk wanita, tetapi juga pria. Alkohol dan rokok juga berpengaruh terhadap kesehatan sperma. Berhentilah mengkonsumsi alkohol dan merokok jika Anda sedang merencanakan kehamilan.  

7. Banyak Minum Air Putih

Air putih dapat memproduksi hormon estrogen pada wanita yang meningkatkan kesuburan Anda. Air putih juga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, terutama suplai darah ke otak dan Anda akan terhindar dari dehidrasi. Anda juga akan memiliki lebih banyak energi dan membantu kerja sistem reproduksi Anda.

Kesuburan dan kesehatan organ reproduksi adalah hal sangat penting bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan. Hal tersebut sangat bergantung dari gaya hidup dan kebiasaan Anda sehari-hari. Nah, dari hal-hal di atas manakah yang sudah Anda lakukan untuk merencanakan kehamilan? Jika selama ini Anda melakukan kebiasaan yang seharusnya dijauhi selama program kehamilan, maka hindari kebiasaan tersebut. Lakukan secara bertahap dan mulailah menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Artikel Terkait


Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Ini Dia 10 Tips Pola Hidup Sehat Bagi Orang yang Sibuk

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.