Berburu Nikmatnya 11 Kuliner Pasar Glodok yang Legendaris

Jika berbicara tentang Pasar Glodok, maka hal pertama yang biasanya terlintas adalah barang elektronik karena ini memang daerah yang terkenal sebagai pusat barang elektronik. Namun jika anda menelusurinya lebih jauh, Glodok dan daerah sekitarnya adalah wolayah Pecinan yang sangat melegenda di Jakarta dan bisa terlihat dari bangunan klenteng yang bisa anda temukan dengan mudah disini lengkap dengan berbagai kuliner yang sangat khas bergaya Chinese. Ingin tahu apa saja kuliner nikmat yang bisa anda temukan di Pasar Glodok dan sudah melegenda tersebut?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Bakso Akiaw 99

Bakso Akiaw 99Kuliner legendaris pertama yang harus anda cicipi adalah Bakso Akiaw 99 yang disajikan sama seperti bakso lainnya yakni dengan mie, bihun atau kweriau yang bisa anda pilih sesuai selera.

Namun yang membedakan Bakso Akiaw 99 ini dengan bakso lainnya adalah terdapat potongan daging sapi berbumbu di dalam mangkuk. Tekstur daging sapinya juga sangat empuk dan memberikan sensasi manis yang menyegarkan. Ditambah lagi, kuah kaldunya yang sangat gurih namun tetap pas dan tidak eneg yang dijamin membuat anda ketagihan dan ingin kembali mencicipinya.

Lokasi: Jl. Manggan Besar Raya, Mangga Besar, Jakarta.

  1. Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur Ayam Mangga Besar 1Makanan legendaris Glodok berikutnya yang harus anda cicipi adalah Bubur Ayam Mangga Besar 1 yang bisa anda temui saat siang atau tengah malam. Sebaiknya ketika ingin mencicipi bubur yang satu ini, pesan bubur polos kemudian nikmati bersama dengan lauk ayam rebus yang umumnya dipesan secara terpisah.

Anda bisa memesan ayam kampung rebus sebanyak ½ ekor atau juga bisa satu ekor sesuai selera anda. Rasa dari bubur ini sudah dijamin tidak akan mengecewakan karena daging ayam yang sangat empuk dan tidak terdapat tulang sehingga nyaman saat disantap. Bubur ayam ini akan semakin nikmat ketika disantap bersama dengan kecap asin. Namun, anda juga harus bersabar karena untuk mencicipi bubur ayam ini, anda harus antri cukup panjang dan memakan waktu.

Lokasi: Jl. Mangga Besar I No. 46A, Mangga Besar, Jakarta.

  1. Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78Untuk anda penggemar kwetiaw, jangan sampai tidak mencicipi Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78 yang melegenda di daerah Glodok. Disini, anda bisa menyantap kwetiaw siram telur yang tiada bandingnya dan tampilannya juga berbeda dengan kwetiaw pada umumnya.

Jika diperhatikan, tekstur kuah kwetiaw ini sangat kental karena kuahnya adalah saus telur namun rasanya cukup ringan dan tidak bikin anda merasa eneg. Selain itu, dalam satu porsi kwetiaw sapi dengan harga Rp.55.000 ini, porsinya juga sangat banyak sehingga bisa puas ketika menikmatinya.

Selain kwetiaw siram, anda juga bisa menikmati kwetiaw goreng sapi yang juga tidak kalah nikmat dengan isi daging sapi, urat dan juga babat berlimpah.

Lokasi: Jl. Mangga Besar Raya No.78D, Mangga Besar, Jakarta.

  1. Top Yammie

Top YammieBerlanjut dengan hidangan legendaris di Glodok adalah Top Yammie khususnya Babi Hong. Sajian babi ini dimasak dengan cara direbus dan digoreng kemudian diberi bumbu dengan rasa asin dan manis. Selain itu, anda juga wajib mencicipi hidangan lainnya yakni Yammie dan ada banyak jenis Yammie yang bisa anda coba seperti Yammie spesial, Yammie regular dan juga Yammie polos yang semuanya sangat nikmat.

Lokasi: Jl. Labu No. 3-6, Mangga Besar, jakarta.

  1. Tio Ciu 78

Tio Ciu 78Tio Ciu juga menjadi hidangan nikmat melegenda lain yang hanya bisa anda temui di Pasar Glodok. Meski tempatnya kecil, namun lokasi kuliner ini tidak pernah sepi pengunjung. Hidangan khas China yang bisa anda cicipi disini juga sangat beragam  seperti salah satunya ayam goreng kering dengan harga Rp.85.000 per pori. Ayam goreng kering ini diselimuti dengan tepung kemudian digoreng kering dengan tekstur yang sangat garing dan rasa asin yang pas di lidah.

Lokasi: Jl. Mangga Besar Raya No. 78C, Mangga Besar, Jakarta.

  1. Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak KieTidak hanya makanan istimewa yang bisa anda cicipi di daerah Glodok, namun minuman legendaris seperti Kopi Es Tak Kie ini juga memiliki cita rasa unik luar biasa yang terus diburu para pecinta kuliner. Meski penampilannya terlihat biasa dan mungkin kalah dengan berbagai minuman kopi di cafe modern, namun sensasi dan keharuman dari satu gelas kopi ini tidak terkalahkan. Sambil menikmati kesegaran es kopi, disini juga disediakan menu makanan seperti nasi campur, bakso, pangsit serta bakcang yang juga tidak kalah nikmat.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Selatan No. 4-6, jakarta.

  1. Wong Fu kie

Wong Fu kieWong Fu Kie terkenal dengan sajian Hakka yang sangat autentik. Restoran yang letaknya tersembunyi dan bergaya vintage ini sudah diwariskan dari generasi ke generasi sejak tahun 1953 dan masih tetap mempertahankan rasa yang tidak pernah berubah.

Salah satu makanan yang paling diburu disini adalah Lindung Ca Fumak dengan rasa belut yang crispy dan disajikan dengan kuah serta fumak. Selain itu, makanan lain yang wajib anda pesan adalah i fu mie dengan porsi banyak dan dijamin sangat mengenyangkan dengan cita rasa juara.

Lokasi: Jl. Perniagaan Timur 3 No.22, Jakarta.

  1. Kari Lam

Kari LamTidak semua makanan yang disajikan di Glodok itu non halal seperti salah satunya Kari Lam yang sudah berdiri selama 20 tahun ini. Seperti namanya, Kari Lam menyajikan menu andalan kari khas Medan yang berbeda dengan kari biasanya.

Kuah kari ini cukup ringan namun sangat nikmat karena kaya akan rempah dan memiliki aroma yang juga sangat sedap. Anda bisa memesan daging sapi atau ayam untuk isian kari yang sudah sangat tersohor diantara pecinta kuliner.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Selatan 2 No.7, Jakarta.

  1. Angke

AngkeAngke adalah restoran di Glodok yang sudah ada selama 50 tahun dan tetap diburu para penggemarnya hingga saat ini. Masakan Chinnes dari Angke ini sangat pas di lidah semua orang dan ada lebih sari seratus menu yang bisa anda pilih.

Meski menu lama tidak diganti, namun Angke juga terus berinovasi membuat menu baru yang pas dengan generasi milenial seperti salah satunya steamed pork meatball yang terdiri dari 8 uah bakso yang disantap bersama berbagai jenis saus.

Lokasi: Jl. KH. Zaenal Arifin, Gajah Mada, Jakarta.

  1. Rujak Shanghai Encim

Rujak Shanghai EncimMungkin jika dilihat dari namanya, maka anda akan berpikir jika makanan ini terdiri dari berbagai jenis buah yang biasa ada dalam rujak. Namun sebenarnya, makanan yang sudah ada sejak tahun 1950 ini adalah sepiring rujak shanghai yang terdiri dari potongan timun dan lobak, kangkung rebus serta potongan juhi atau cumi besar dan juga ubur ubur yang sudah direbus.

Semua bahan ini nantinyaakan disajikan bersama dengan bumbu kecap asin, air bawang putih yang dihaluskan dan disiram kembali dengan saus warna merah dengan rasa asam dan manis kemudian diberi taburan bubuk kacang.

  1. Ketoepat Cap Gomeh Gloria

Ketoepat Cap Gomeh GloriaSatu lagi makanan legendari yang bisa anda temui di Glodok adalah Ketoepat Cap Gomeh Gloria yang terbuat dari bumbu utama berupa cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan juga kunyit.

Untuk varian yang bisa anda pilih adalah ayam kampung, tahu, telur, ati ampela dan juga tempe serta kentang. Rasa udang di dalam kuah sangat terasa yang berpadu dengan rasa gurih serta segar. Selain itu, ada juga rasa manis dari semur telur yang dimasukkan bersama kuah sayur labu dan juga sambal lengkap dengan petai untuk melengkapi rasa makanan legendaris ini.

Artikel Terkait


17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

13 Jajanan Kaki Lima Khas Bandung Ini Murah Meriah Dan Wajib Dicoba

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Wisata ke Thailand? Inilah 15 Makanan Nikmat Khas Thailand

Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.