Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Pernahkah anda merasakan asam lambung? Ya, mungkin sebagian orang pernah merasakannya. Asam lambung merupakan kondisi dimana dada terasa panas sampai ke tenggorokan. Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi di dalam organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Fungsinya yakni mendukung sistem pencernaan, mendeteksi kumat dan bakteri dari makanan dan minuman.

Selain itu, asam lambung juga membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12. Untuk mencerna makanan, manusia membutuhkan asam lambung. Jika jumlah asam lambung berlebih maka kemungkinan akan terjadinya gangguan sistem pencernaan yang disebut asam lambung.

Sebenarnya, fungsi asam lambung sangat banyak dimana asam lambung ini memiliki peran penting seperti organ tubuh lainnya. Tanpa adanya asam lambung maka sistem metabolisme dalam tubuh anda tidak dapat berjalan optimal. Fungsi dari asam lambung yakni membantu tubuh mengolah protein, memproduksi enzim khusus, dan membantu menyerap vitamin B12 yang dapat membantu sistem produksi darah merah dan menjaga sistem otak dan syaraf manusia.

Perlu anda ketahui bahwa sistem pencernaan anda akan mengikuti aliran tertentu dimana makanan akan mulai dicerna di mulut dan kemudian pindah ke tenggorokan anda, kemudian dari tenggorokan menuju perut, usus kecil dan usus besar. Setelah itu makanan akan dicerna dan dikeluarkan dari tubuh anda. akan tetapi jika makanan yang ada di alam perut berjalan berlawanan maka hal ini akan menyebabkan rasa sakit.

Seseorang yang menderita asam lambung tentu merasa tidak nyaman dan sulit melakukan aktivitas sehari-hari.  Untuk itu, anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi asam lambung. Namun jika anda sedang mengalami asam lambung tentu anda tidak selalu dapat pergi ke dokter secara langsung. Pasti anda ke dokter setelah satu atau dua hari setelah asam lambung tersebut datang.

Perlu diketahui berbagai gejala yang ditimbulkan dari asam lambung seperti berikut:

  • Mulut terasa asam
  • Tenggorokan perih
  • Terasa ada makanan mengganjal di tenggorokan
  • Terasa mual dan ingin muntah
  • Untuk menelan sakit
  • Batuk-batuk
  • Suara serak
  • Nyeri di bagian dada
  • Perut terasa kembung

Siapa saja yang mengalami asam lambung tentu mencari tahu berbagai cara dilakukan untuk mengatasi asam lambung. Namun, anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi asam lambung yang bisa anda coba dirumah, tapi sebelumnya mari kita kenali dulu penyebab terjadinya asam lambung. Ketidakseimbangan asam lambung menimbulkan rasa tidak nyaman. Asam lambung bisa disebabkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Usia

Usia menjadi salah satu penyebab asam lambung karena semakin bertambahnya usia maka semakin tinggi risiko naiknya asam lambung seseorang. Hal ini dikarenakan sistem tubuh tidak bisa lagi memproduksi kadar asam dengan seimbang

  • Konsumsi makanan dan minuman yang salah

Selain usia, mengkonsumsi makanan dan minuman yang salah bisa memicu naiknya asam lambung. Makanan yang meningkatkan risiko asam lambung seperti gorengan, daging dengan lemak tinggi sementara minuman yang meningkatkan risiko asam lambung adalah minuman bersoda, alcohol, kafein dan susu yang tinggi lemak.

  • Makan tidak teratur

Makan tidak teratur menjadi salah satu penyebab pasti naiknya asam lambung. Banyak orang menderita maag atau naiknya asam lambung karena mereka makan dengan tidak teratur. Perlu diketahui sebenarnya tidak diperbolehkan jarak waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu jauh karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

  • Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tentu aka nada efek samping yang ditimbulkan dari pemakaiannya. Efek samping ini tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan naiknya asam lambung seseorang sehingga dapat menyebabkan penyakit asam lambung.

  • Stress

Buat anda yang mudah stress sepertinya anda harus berhati2 karena perlu anda ketahui bahwa stress dapat memicu naiknya asam lambung. Stress akan merangsang area tertentu pada otak anda sehingga menyebabkan sensitifitas terahadap rasa nyeri.

  • Masalah kesehatan

Meningkatnya asam lambung ternyata bisa disebabkan karena masalah kesehatan tertentu.

Itulah beberapa penyebab dari munculnya penyakit asam lambung. Setelah mengetahui penyebabnya tentu kita akan membahas mengenai cara mengatasinya. Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah asam lambung yang tidak perlu repot-repot dan bisa anda lakukan dirumah. Seperti apa? Berikut penjelasanya.

  • Mengubah gaya hidup

Penting bagi setiap orang mengubah gaya hidup dari yang tidak sehat menjadi sehat. untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat tentu anda harus menghindari kebiasaan buruk seperti salah satunya adalah hindari kebiasaan langsung berbaring setelah makan, istirahat yang cukup, rutin berolah raga, dan lain sebagainya.

  • Mengatur pola makan

Saat anda mengalami asam lambung maka anda perlu perhatikan pola makan anda seperti menghindari makan-makanan dan minuman yang memicu terjadinya asam lambung. Makanan yang disarankan bagi penderita asam lambung adalah pisang, oatmeal, sayuran, putih telur, daging tanpa lemak dan sebagainya. Sementara itu, anda harus menghindari makanan dan minuman seperti cokelat, kafein, soda, gorengan, alcohol, susu berlemak tinggi dan sebagainya.

Selain itu, jika dirasa kondisi tidak membaik maka segera periksakan diri anda ke dokter. Dengan memeriksakan diri anda ke dokter maka anda akan mendapatkan penanganan yang tepat dengan resep-resep obat seperti berikut:

  • H-2 receptor

Obat ini umum digunakan bagi penderita asam lambung. Umumnya obat ini dapat meredakan rasa mulas dan mengobati reflux. Produk yang berbahan obat ini adalah rantidine, cimetidine, famotidine, dan nizatidine.

  • Proton pump inhibitors

Obat ini merupakan obat paling baik untuk mengatasi asam lambung. Obat ini sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum makan. Contoh produk yang berbahan obat ini adalah Omeprazone, Lansoprazola, Esomeprazole, Pantoprazole dan lain sebagainya.

  • Sfingter

Obat ini merupakan obat peregang otot dan obat antiseptic yang cocok digunakan untuk memperkuat sfinger esophagus di bagian bawah. Efek samping dari obat ini adalah dapat mudah menyebabkan mual dan lelah.

Itulah berbagai cara untuk mengatasi asam lambung yang bisa anda coba dirumah. Usaha untuk mengobati asam lambung akan membuahkan hasil maksimal jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Selain itu, jika segala upaya yang anda lakukan dirumah tidak membuahkan hasil, maka segera periksakan diri anda ke dokter. Konsultasikan penyakit anda agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Jika asam lambung anda masih terasa sakit sementara anda sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah penyakit tersebut itu artinya anda harus melakukan tindakan lebih lanjut seperti pergi ke dokter. Kemungkinan ada masalah medis lain yang tidak anda ketahui.

Mengingat betapa pentingnya sistem pencernaan seperti asam lambung dalam tubuh itu membuat kita harus pandai menjaga kesehatan agar terhidar dari berbagai serangan penyakit yang membuat anda sulit beraktifitas sehari-hari. Karena akan lebih baik jika anda mencegah daripada mengobati.

Itulah berbagai cara untuk mengatasi asam lambung mulai dari pengertian, penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah asam lambung yang bisa anda coba dirumah. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait


Inilah 5 Buah yang Aman dan Boleh Dikonsumsi Untuk Pengidap Diabetes

7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata

Inilah 11 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Jangan Dibuang! Inilah Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.