Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Photo src : gelugram app

Seperti yang kita tahu, kesehatan adalah harta yang paling berharga. Biaya pengobatan di rumah sakit tidak tanggung tanggung menguras isi dompet. Lebih parahnya, tidak semua penyakit bisa sembuh total. Mengingat hal itu, penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan.

Memang, menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya menjaga pola makan, dan rutin berolahraga. Tapi, tidak hanya soal apa yang kita lakukan, emosi dan keadaan mental dalam diri kitalah yang paling memegang kendali kesehatan kita. Kesehatan emosi dan mental kita dipercaya memegang tanggung jawab atas 90% kesehatan kita.

Penting sekali bagi kita untuk menjaga emosi dan mental tetap stabil. Oleh karena itu, kami menyediakan 9 hal dalam diri yang paling berpotensi merusak kesehatan kita.

  1. Stress

Di puncak paling atas, stress memegang rekor penyebab penyakit tertinggi. Alasannya mudah, pikiran yang stress adalah pikiran yang sulit fokus dan sulit melihat sesuatu secara jernih. Otomatis, keseharian yang dilakukan terasa berat dan menyulitkan. Stress menurunkan imunitas tubuh, menyebabkan seseorang jadi lebih mudah terjangkit penyakit. Tidak hanya itu, stress kerap kali dihubungkan dengan kegiatan yang tidak sehat seperti alkohol, rokok bahkan penggunaan narkoba. Hal hal tersebut tentunya malah akan merusak diri Anda.

Sebenarnya, olahraga adalah salah satu cara menurunkan stress, jadi olahraga penting untuk kesehatan. Tapi, sebisa mungkin, jangan biarkan stress menguasai diri Anda. Menggunakan obat obatan hanya memberikan efek sementara yang tidak ada gunanya sama sekali. Dari pada lari dari stress, cobalah cari solusi dan jalan keluarnya dari berbagai sudut.

 

  1. Iri hati

Orang yang iri hati cenderung tidak pernah puas dan bersyukur. Padahal emosi yang bahagia adalah obat untuk diri kita. Dengan terus terusan iri hati, kita memberikan racun untuk pikiran kita. Kecenderungan yang jahat bisa terus muncul, dan selain berbahaya untuk mental, ini juga berbahaya untuk kesehatan. Kita akan menghalalkan cara, termasuk mengorbankan kesehatan demi memuaskan rasa iri kita. Rasa iri hati juga membuat kita sulit tidur, malas beraktivitas dan tentunya semakin membuat hidup kita semakin tidak berarti. Jadi sebisa mungkin hindarilah rasa iri.

Cara terbaik untuk menhindari rasa iri adalah puas dan bersyukur dengan apa yang Anda miliki. Kita iri karena kita tidak mampu. Jadi, jika kita sudah merasa puas, kita tidak mudah iri dengan orang lain.

  1. Amarah

Amarah bukan hal yang patut Anda sepelekan. Banyak penyakit yang terpicu dan dipicu oleh amarah. Selain menciptakan suasana yang panas, amarah sangat mempengaruhi tensi darah. Orang yang cepat marah cenderung punya kesehatan yang buruk dan umur yang pendek. Tidak heran karena amarah sendiri mengeluarkan gelombang yang tidak baik untuk lingkungan dan tubuh kita.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari amarah dan belajarlah untuk bersabar. Selain dapat dengan jernih menyelesaikan masalah, kesabaran bisa menjaga Anda tetap bahagia dan sehat.

  1. Dendam

Perasaan dendam sangatlah berbahaya. Bukan tanpa sebab, dendam yang dibiarkan membesar dalam hati bisa menyebabkan hari hari kita bertambah buruk. Kita seakan akan diburu oleh rasa balas dendam. Kalau fokus kita hanya untuk hal itu, kita jadi sulit mengindahkan kesehatan kita. Kesehatan kita perlahan terbengkalai dan kita jadi mudah sakit. Intinya, tidak ada yang bisa diselesaikand dengan mendendam.

Maka, jauhilah dendam dan cobalah untuk cintai damai dengan siapa saja. Selain menjadikan lingkungan lebih nyaman, kedamaian menyegarkan hari hari Anda.

  1. Egois

Orang yang egois tidak pernah memedulikan orang lain. Yang dia pedulikam hanyalah dirinya sendiri. Tapi, walau hanya memedulikan diri sendiri, sebenarnya dia sedang merusak diri sendiri. Orang yang egois cenderung tidak mau tahu dan senang bagian yang enaknya saja. Tidak heran mereka kesulitan mengendalikan hasrat mereka. Makanan, gaya hidup orang yang egois tentunya buruk dan tidak baik untuk kesehatan. Orang yang egois tidak pernah bahagia. Padahal kebahagiaan kunci kita untuk tetap sehat. Maka, mulai sekarang, cobalah untuk mulai mengalah dan tidak ingin menang sendiri

  1. Khawatir berlebihan

Khawatir memang wajar. Tapi khawatir berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh. Akibatnya bisa stress dan seperti yang sudah kita bahas, stress sangat tidak baik untuk tubuh. Orang yang terlalu khawatir tidak bisa hidup tenang dan bahagia. Pikirannya juga hanya pada masalah. Kalau sudah seperti ini, kesegaran dan kebugaran tubuh pasti berkurang dan lama kelamaan mendatangkan penyakit. Jadi, cobalah sampaikan kekhawatiran lewat doa dan fokus ke solusi daripada masalahnya.

  1. Negative thinking

Negative thinking tidak pernah membuat hidup Anda bahagia. Anda akan selalu diburu rasa curiga dan kejahatan. Dengan pikiran yang negatif terus, hidup kita lama kelamaan bisa jadi pesimis. Semangat hidup kita hilang, dan akibatnya kita malas menjalani aktivitas sehari hari. Setelah itu, Anda dijamin meiliki tubuh lesu dan akan menjadi sarang penyakit. Jadi, mulai sekarang, cobalah kurangi pikiran negatif, itu sangat penting untuk Anda.

  1. Malas dan tidak peduli

Kemalasan sudah merajarela di dunia. Dalam skala tertentu, kemalasan dapat dimaklumi dan bermanfaat untuk kita. Terlalu giat juga malah merusak diri sendiri. Tapi, kita harus bisa mengalakan kemalasan. Orang yang kerjaannya hanya santai, makan dan tidur tidak akan punya badan yang sehat. Apalagi orang yang tidak pedulian, mereka tidak perduli dengan apapun termasuk kesehatan mereka. Kalau sudah tidak peduli, bagaimana bisa merawat dengan baik?

Tapi, dengan membaca artike ini, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli kesehatan Anda dan berusaha semakin baik dari hari ke hari.

  1. Jorok dan kotor

Kebersihan sangat penting bagi kita. Tempat yang kumuh, kotor dan jorok adalah sarang kuman, vektor penyakit dan bakteri berbahaya. Tempat yang kotor memiliki potensi yang sangat besar untuk menimbulkan penyakit. Jangan pernah sepelekan kebersihan, rajinlah membersihkan rumah Anda. Cintai kebersihan. Tidak hanya kebersihan rumah, Anda juga perlu menjaga kebersihan tubuh. Kebersihan tubuh juga sama pentingnya untuk kesehatan.Lingkungan dan tubuh yang bersih menjamin hidup yang lebih sehat.

 

Seperti yang sudah kita bahas, sebenarnya vitamin terbaik untuk tubuh adalah emosi dan pikiran yang positif. Makanan paling bergizi untuk kesehatan adalah perasaan bahagia. Ya, emosi memegang peranan yang sangat penting untuk kesehatan kita. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Olahraga yang baik, makan teratur dan tidur yang cukup tidaklah berguna jika kita masih sering melakukan ke 9 bahaya emosi diatas. Memang sekilas emosi seharusnya tidak terlalu berpengaruh untuk tubuh. Tapi percayalah, hal hal yang tidak kelihatan memegang peranan yang lebih penting.

Jadi, mulai sekarang, cobalah rubah sikap Anda, rubah sudut pandang Anda dan coba jadi pribadi yang lebih positif. Tidak hanya berguna untuk lingkungan sekitar, Anda sendiri pasti akan merasakan manfaat luar biasa dari hal ini, termasuk untuk kesehatan Anda.

Artikel Terkait


7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Jantung yang Lebih Sehat

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Inilah 5 Buah yang Aman dan Boleh Dikonsumsi Untuk Pengidap Diabetes

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.