Android atau iOS, Lebih Baik Mana?

img source: buildfire.com

Saat ini ada dua raksasa OS yang mendominasi dunia software, yakni Android dan iOS. Android produksi Google terpasang di berbagai brand ponsel pintar, sedangkan iOS produksi Apple digunakan oleh iPhone. Seringkali masyarakat bingung memilih antara ponsel Android atau iOS. Fenomena yang juga sering terjadi adalah pengguna Android berpindah ke iOS atau sebaliknya. Baik Android maupun iOS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta membuat konsumen bingung sistem operasi manakah yang cocok untuk mereka.

Berikut ini kami paparkan perbandingan antara Android dan iOS sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih ponsel. Untuk itu mari simak pemaparan tentang Android dan iOS sebagai berikut.

Performa

Bicara soal performa, iOS tidak membutuhkan RAM yang besar dan dapat menyimpan banyak aplikasi hanya dengan kapasitas 2GB. Kerapatan piksel iPhone lebih dari cukup walaupun dengan resolusi yang lebih rendah. Hasilnya kinerja CPU menjadi lebih sedikit sehingga dapat menghemat penggunaan daya baterai. Android memang memiliki spesifikasi perangkat keras yang lebih unggul di atas kertas, tetapi iOS menawarkan kinerja yang lebih baik. Boleh dibilang, pengguna tidak perlu berpikir tentang RAM dan spesifikasi lagi karena kinerja iPhone sudah bisa dipastikan bagus.

Lain halnya dengan ponsel Android yang masing-masing memiliki standar hardware berbeda-beda. Dengan beragamnya jenis ponsel Android membuat spesifikasi juga berbeda-beda sehingga menghasilkan kinerja yang tidak sama. Suatu ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi belum tentu memiliki kinerja yang lebih baik dari ponsel dengan spesifikasi lebih rendah. Untuk poin ini, iOS bisa dikatakan lebih unggul dibanding Android.

Fitur dan Kustomisasi

Fitur menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang dalam memiliki ponsel. Pengguna Android yang pindah ke iOS atau sebaliknya seringkali menjadikan fitur Sebagai alasan, apakah ponsel tersebut memiliki fitur menarik yang mendukung kegiatan pengguna atau tidak. Baik pengguna Android maupun iOS beranggapan bahwa sistem operasi tersebut lebih baik dari yang lain. Pengguna iOS berpindah ke Android karena mengharapkan fitur yang lebih baik, sedangkan pengguna Android berpindah ke iOS karena menginginkan fitur yang mumpuni.

Bila dibandingkan, Android memiliki fitur widget yang menjadi andalan mereka. Android memperbolehkan penggunanya untuk menggunakan launcher pihak ketiga yang ada di Play Store. Pengguna dapat melakukan personalisasi pada menu home secara bebas dan memasang aplikasi apa saja pada layar utama sehingga memungkinkan untuk memiliki tampilan yang berbeda. Dengan kata lain semuanya bisa Anda kustomisasi dengan bebas apapun widget yang Anda tampilkan di layar utama dan menentukan aplikasi default yang ingin digunakan.

Di sisi lain, iOS sendiri tidak dapat mengubah tampilan home atau layar utama ataupun mengubah font atau jenis huruf. iOS cenderung membatasi pengguna untuk melakukan kustomisasi. Widget hanya bisa dipasang di tempat yang telah ditentukan dan pengguna tidak dapat memilih aplikasi non-Apple seperti Google Maps atau Chrome sebagai aplikasi default. Jadi dalam hal fitur dan kustomisasi, di atas kertas Android mengungguli iOS.

Multitasking

Pengguna Android memiliki fleksibilitas untuk melakukan hal multitasking seperti menggunakan fitur split screen secara mudah dan dapat dipraktekkan di banyak aplikasi. Sedangkan pengguna iOS tidak bisa menempatkan dua aplikasi pada satu layar. Pengguna hanya bisa pindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Kesimpulannya, dalam hal multitasking Android lebih unggul.

Gaming

Jika Anda senang bermain game, mungkin Android adalah pilihan yang lebih tepat. Android sangat mendukung di sektor gaming dengan aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk bermain game. Di antaranya Anda bisa memanfaatkan Steam Link untuk bermain game Steam dan NVIDIA Shield TV atau konsol berbasis Android dengan layar built-in. Anda bahkan bisa memilih ponsel pintar khusus gaming atau smartphone gaming seperti Asus ROG Phone, Xiaomi Black Shark dan Razer Phone. Di sisi lain, iOS tidak seperti Android yang membuat Anda bisa memainkan banyak game. Spesifikasi iPhone sebenarnya juga baik untuk memainkan berbagai game dari App Store tetapi jumlahnya tidak sebanyak di Play Store. Jadi iOS bukan sistem operasi yang optimal dalam mendukung aktivitas gaming.

Memori

Bila Anda menggunakan Android, Anda akan memiliki banyak pilihan kapasistas memori hingga 32 GB. Anda bisa menambahkan memori eksternal sesuai dengan kebutuhan dan memudahkan Anda dalam mengatur penyimpanan file. Nah, jika Anda memilih untuk menggunakan iOS, Anda tidak bisa mengekspansi kapasitas memori pada iPhone. Namun, Anda bisa memilih kapasitas memori yang Anda butuhkan saat membeli ponsel, apakah membutuhkan ponsel iPhone dengan kapasitas memori 8 GB, 16 GB atau 32 GB. Jadi Anda harus mempertimbangkan kapasitas memori ponsel terlebih dahulu sebelum membeli.

Kamera

Kamera juga merupakan salah satu bagian penting dari ponsel yang sering kali menjadi pertimbangan dalam membeli ponsel. Apalagi di era yang serba digital seperti sekarang, kamera diperlukan untuk eksistensi di media sosial. Jika Anda bandingkan hasil jepretan kamera Android dan iPhone, Anda akan bisa melihat bahwa hasil jepretan Iphone lebih tajam. Ponsel berbasis iOS ini memang memiliki fitur kamera beresolusi tinggi dengan ukuran sensor yang besar. Dengan sensor yang besar memungkinkan lensa kamera untuk menangkap cahaya yang berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. IPhone juga dilengkapi dengan Digital Signal Processor yang dapat mengatur koreksi warna, tone mapping dan white balance yang juga umum ditemukan pada kamera DSLR.

Kualitas Aplikasi

Android memiliki development atau pengembangan aplikasi yang bebas, akibatnya kualitas aplikasi menjadi cenderung tidak terkontrol. Aplikasi yang kurang bagus bisa terdaftar di Play Store dan bila kurang beruntung Anda bisa mengunduh aplikasi yang jelek. Di sisi lain iOS membatasi ruang gerak developer yang menyebabkan hanya aplikasi dengan kualitas yang baiklah yang ada di App Store. Jadi Anda tidak usah khawatir akan mengunduh aplikasi yang tidak sesuai harapan.

Harga

Harga pasti menjadi pertimbangan utama dalam membeli ponsel. Bila dibandingkan, harga ponsel Android lebih bervariasi dan dapat menjangkau semua kalangan. Dengan banyaknya pilihan ponsel Android, Anda bisa membeli yang harga paling murah hingga harga yang paling mahal sekalipun tergantung dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Sedangkan ponsel dengan platform iOS tidak memiliki banyak pilihan. IPhone dan iPad memiliki seri yang berurutan dan dirilis setiap tahun dengan dua model terbaru. Harganya pun tinggi sehingga iPhone berkesan lebih eksklusif karena orang-orang dengan penghasilan tertentu saja yang mampu membelinya. Terkadang seseorang menunggu seri baru iPhone dirilis untuk mendapatkan harga iPhone seri lama yang lebih murah.

Nah, itu dia perbandingan antara ponsel berbasis Android dengan ponsel berbasis iOS. Pada beberapa hal Android lebih unggul dari iOS begitu juga sebaliknya. Pada akhirnya kembali lagi ke kebutuhan konsumen. Jika Anda menginginkan sebuah eksklusifitas dan fitur yang mumpuni, mungkin iOS lebih tepat untuk Anda. Namun jika Anda membutuhkan fleksibilitas dan fitur yang beragam, Android mungkin lebih cocok untuk Anda.

Artikel Terkait


Fitur Tersembunyi di Android yang Harus Anda Tahu

Super Canggih, Inilah Deretan Smartphone Terbaik 2019

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Cara Setting Private DNS di Android 9 Pie Solusi VPN Premium Gratis Selamanya


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.